√ Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Windows Pada Windows 10 Memakai Powershell


Jika anda memakai Windows 10, maka anda akan mendapati sejumlah aplikasi bawaan yang sudah diinstal sebelumnya menyerupai Maps, People, Xbox, Photos, dan Groove music. Untuk aplikasi yang sudah terpasang tersebut, Windows 10 tidak menyediakan cara untuk menghapusnya.

Baiklah, kali ini kita akan membahas hal tersebut. Aplikasi bawaan Windows tersebut bergotong-royong sanggup dengan gampang dihapus memakai PowerShell command sederhana. Jadi, jikalau anda ingin menghapusnya, saya akan pertanda bagaimana anda sanggup menghapus aplikasi Windows 10 tersebut baik secara individual atau secara keseluruhan.

Sebelum anda melakukannya, sebaiknya anda pertimbangkan untuk menciptakan Manual Restore Point biar anda sanggup memutar kembali jikalau terjadi hal buruk. Dan satu hal yang perlua anda ketahui bahwa, meskipun anda sanggup menghapus hampir semua aplikasi yang telah terinstal, beberapa aplikasi wajib menyerupai Cortana, Edge browser, Contact support, Feedback, dan lainnya tidak sanggup dihapus.

Uninstall Aplikasi Individual Pada Windows 10

Menggunakan PowerShell, anda sanggup dengan gampang menghapus aplikasi individual pada Windows 10. Untuk memulai, ikuti langkah dibawah ini.

  • Buka PowerShell di Start hidangan anda dan klik kanan di atasnya dan pilih opsi Run as Administrator.
  • Atau anda sanggup membuka Windows PowerShell  sebagai eksekutif dengan menekan tombol Win + X lalu tekan A pada keyboard.
  • Setelah jendela PowerShell terbuka silahkan anda ketik start powershell
  • Tekan Enter.

Setelah anda berada di Powershell, gunakan perintah di bawah ini untuk mendapat daftar semua aplikasi yang diinstal dari pengguna ketika ini di sistem Windows 10 anda.

Get-AppxPackage | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Jika anda ingin mendapat daftar semua aplikasi dari semua pengguna, gunakan perintah di bawah ini.

Get-AppxPackage -AllUsers | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Dalam masalah menyerupai pada gambar dibawah, saya memakai perintah pengguna ketika ini sehingga saya tidak mengacaukan akun pengguna lain. Seperti yang anda lihat, Powershell dengan baik menampilkan daftar semua aplikasi anda dengan nama aplikasi dan juga nama keseluruhan aplikasinya.


Sekarang, temukan aplikasi yang ingin anda copot pemasangannya dari daftar yang ditampilkan dan catat nama aplikasi dari PackageFullName.

Sebagai contoh, saya ingin mencopot pemasangan aplikasi Xbox, jadi nama aplikasinya yaitu Xboxapp. Karena kita sanggup memakai wildcard (*) sebelum dan sehabis nama aplikasi di Powershell, anda tidak memerlukan nama lengkap aplikasi Xbox selama bab dari nama aplikasi benar.


Setelah anda mempunyai nama aplikasi, tempelkan perintah di bawah dan tekan tombol Enter untuk menghapus aplikasi.

Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage


Tentu saja, ubah perintah di atas sesuai dengan aplikasi apa yang ingin anda hapus. Yang harus anda lakukan yaitu mengganti nama aplikasi antara wildcard (*) atau cukup masukkan nama paket lengkap.


Hapus Instalasi Semua Aplikasi yang Telah Terpasang di Windows 10

Selain aplikasi individual, jikalau anda ingin menyingkirkan semua aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya, anda juga sanggup melakukannya. Buka saja PowerShell sebagai administrator, tempelkan perintah di bawah ini dan tekan tombol Enter.

Get-AppxPackage -AllUsers | Remove-AppxPackage

Tindakan di atas tersebut akan menginisialisasi pencopotan semua aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya untuk semua pengguna tanpa terkecuali. Jendela PowerShell mungkin menampilkan banyak kesalahan dengan teks merah terperinci di seluruh layar. Jangan panik, alasannya yaitu itu yaitu menampilkan kesalahan yang terkait dengan aplikasi yang tidak sanggup dihapus.


Setelah dihapus, Start hidangan anda akan terlihat lebih higienis dari sebelumnya.

Meskipun anda telah mencopot semua aplikasi untuk semua pengguna namun setiap kali anda menciptakan pengguna baru, aplikasi default akan diinstal ulang secara otomatis untuk pengguna gres tersebut. Dan untuk menghentikan sikap default Windows ini, anda sanggup memakai perintah di bawah ini pada PowerShell untuk menghentikannya.

Get-AppXProvisionedPackage -online | Remove-AppxProvisionedPackage –online


Sekarang anda tahu bahwa untuk mencopot aplikasi bawaan Windows itu sangatlah gampang di Windows 10. Berikan komentar di bawah ini membagikan pedoman dan pengalaman anda ihwal memakai metode di atas.

Sekian postingan kali ini, semoga anda terbantu dan duduk kasus anda teratasi. GBU

Sumber http://tipsorialindo.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Windows Pada Windows 10 Memakai Powershell"

Posting Komentar