12 Cara Membangun Perilaku “Berpikir Positif”

Pernahkah kau menghadapi situasi dimana harus memutuskan atau menentukan pilihan, tapi diri kau dipenuhi keragu – raguan lantaran aneka macam pertimbangan perihal “bisakah aku?” “jangan – jangan”………….”, “Kalau……lalu bagaimana ?” Sementara sahabatmu dengan penuh percaya diri memberimu semangat dengan jawaban “ah……….itu sih gampang”,…….Siapa takut?”

Kamu dan sahabatmu punya perbedaan yang sangat kuat dalam menentukan keberhasilan, yaitu cara melihat sesuatu sanggup dari sisi positif, sanggup juga dari sisi negative, atau yang kita kenal “Negative and Positive Thinking”.

Berpikir Positip ternyata memperlihatkan peluang seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh balasannya “berpikir Positip” merupakan bahan penting yang diberikan dalam pelatihan CEO (Chief Executive Officer) di dunia manager. Bahkan keberhasilan Miss Universe Th. 2005 ternyata sangat ditentukan oleh prinsip hidupnya yang selalu berpikir positip. Ini terbukti dari pengakuannya pada ketika juri bertanya : “Apa yang anda anggap paling penting dalam hidup kau ? dengan penuh keyakinan ia menjawab : Saya selalu berguru dan mencoba untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif akan memperlihatkan imbas cukup kuat pada Kedamaian Dunia. Dan ternyata jawaban itulah yang membuatnya terpilih menjadi Miss Universe Th. 2005.

Sangat berarti untuk membangun sikap dan sikap positif. Ada 12 Tips cara untuk membangun sikap menjadi lebih Positif, antara lain :
1. kau sanggup menentukan bersikap Optimis.

Orang yang pesimis itu focus kepada yang negative (seperti memandang segelas air sebagai setengah kosong/air yang sudah tak ada). Sedangkan yang optimis focus memandang yang positif (seperti memandang segelas air sebagai setengah penuh) Siapakan yang lebih baik cara pandangnya? Siapakah yang lebih mungkin bahagia, lebih yakin dan lebih pasti?

2. Kamu sanggup menentukan mendapatkan segalanya apa adanya

Ini tidaklah berarti bahwa kau menjadi tak semangat dan menyerah. Artinya kau tidak bergumul, merengek, dan memebenturkan kepalamu ke tembok ketika segalanya tidak beres. Sebenarnya sikap yang menyebabkan kau korban yang tiada berdaya (yang memakanmu itulah yang menambah beban atas semangatmu). “Terimalah segalanya apa adanya, bukan ibarat yang kau angankan ketika ini. Masa kemudian sudah lewat, masa depan masih misteri dan ketika inilah karunia, itulah sebabnya ketika ini disebut “present = hadiah”. Oleh balasannya ketika ini pergunakanlah sebaik – sebaiknya.

3. Kamu sanggup menentukan cepat pulih

Mengembangkan sikap – sikap positif tidaklah berarti bahwa kau tidak akan pernah mengalami kepedihan, penderitaan, atau kekecewaan. Selain itu, menyebarkan sikap – sikap positip tidaklah berarti kau seharusnya mengabaikan masalah. Masalahpun selalu memiliki sisi sebaliknya. Kalau kau gagal dalam ujian, belajarlah lebih ulet lagi atau cari pembimbing. Kalau kau kehilangan teman, perbaikilah persahabatan tersebut, atau mencari sobat baru. Kalau kau tidak suka penampilanmu, kembangkanlah kepribadian kau yang fantastis.

4. Kamu sanggup menentukan cerita

Mulailah dengan menolak hal – hal yang suram, sungginglah senyum. Kalau kau melontarkan kata – kata yang positif, prmikiran – fatwa yang positif, dan perasaan – perasaan yang positif, maka orang – orang (serta hal – hal) yang positif akan tertarik kepadamu.

5. Kamu sanggup menentukan bersikap antusias.

Sambutlah setiap harinya dengan semangat. Laksanakanlah kiprah – tugasmu dengan penuh semangat. Semakin kau bersemangat, maka semakin orang – orang disekelilingmu punmerasa dan bersikap demikian, “Semangatlah…..!”

6. Kamu sanggup menentukan lebih peka.

Kalau kau lebih peka terhadap dilema – dilema potensial, maka kau sanggup lebih siap menghadapinya dan bahkan mengelak. Kamu juga sanggup peka terhadap pengalaman – pengalaman positif. Misal, jika kau dengar pengumuman perihal uji coba tim atau klub baru, maka catatlah waktu dan tempatnya dan berencanalah mengikutinya, kau akan memperoleh sesuatu hal yang baru.

7. kau sanggup menentukan humor.

Kalau kau melaksanakan sesuatu yang konyol (semua orangpun pernah) jangan melewatkan peluang untuk menertawakan diri sendiri. Itulah salah Satu sukacita besar kehidupan. Kalau kau banyak tertawa, kau akan sehat. Tawa itu mengeluarkan kimiawi tertentu dalam tubuhmu yang merangsangmu dan sanggup memebantumu bertumbuh dengan sehat. Humor dan tertawa itu sehat.

8. Kamu sanggup menentukan sportif

Sportif artinya mendapatkan kekalahan dengan positif sambil tersenyum, menjabat tangan sang pemenang, tidak menyalajkan orang lain taua keadaan atas kekalahan itu. Sikap ini sanggup memenangkan sobat seandainyapun kau tidak memenangkan pertandingan atau kompetisinya. “Sportif” berarti pula tidak perlu mengejek yang kalah ketika kau menang.

9. Kamu sanggup menentukan rendah hati

Kalau kau benar benar berkepentingan terhadap sesame, mereka akan melihat kualitas baikmu seandainyapun kau tidak mengiklankannya. Mereka tidak akan merasa bahwa kau berusaha memanipulasi mereka, berbuatlah untuk sesama lantaran Tuhanmu

10. Kamu sanggup menentukan bersyukur

Renungkanlah : Mungkin banyak sekali yang sanggup kau syukuri. Rasa syukur membuatmu tersenyum. Itu membuatmu senang dengan kehidupanmu. Dan orang lain pun senang di dekatmu. Bersyukur sanggup memperlihatkan ketenangan bagi dirimu.

11. kau sanggup menentukan beriman

Bagi sementara orang, ini berarti percaya kepada Allah Yang Maha Kuasa atau kuas yang lebih tinggi lainnya. Beriman artinya percaya bahwa segalanya akan beres bagimu dan bahwa kau sanggup membereskan segalanya sendiri. Kalau kau perkirakan akan gagal, mungkin mencapai sasaranmu.

12. Kamu sanggup menentukan berpengharapan

Pengharapan mungkin merupakan sikap positifmu yang terpenting dasar bagi segala sikap poritif lainnya. Apakah yang kau harapkan? Apa sajakah impianmu?Apa sajakah ambisimu? Maksudmu dalam kehidupan ini? Kalau kau mau mempertimbangkan pertanyaan – pertanyaan tersebut kau sudah menjadi individu yang berpengharapan. “Pengharapan yaitu sesuatu yang bersayap – Yang sampai pada Jiwa – Dan bersenandung tanpa kata – Dan tidak pernah berhenti – sama sekali.

“Semoga harapanmu tercapai dan mulialah dari hari ini”
Tulisan ini di sunting dan diedit oleh Moh. Ghozy, Konselor Lembaga Konsultasi “Mitra Remaja” dari Buku “What Do You Stand For”, diterjemahkan dengan judul “Character Building Untuk Remaja”, Barbara A. Lewis, 2004
Sumber http://mawasangka-bagea.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Cara Membangun Perilaku “Berpikir Positif”"

Posting Komentar