Peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi - Mutu pendidikan di Negara Indonesia memang masih sangat rendah dan tertinggal. Adapun salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan yang berada di Indonesia ini yakni mutu guru. Adapun salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas para guru ini lewat agenda sertifikasi guru. Adapun proteksi akta guru ini yakni bertujuan biar guru sanggup meningkatkan kinerjanya serta dampak yang dibutuhkan dari meningkatnya kinerja guru ini yakni tercapainya peningkatan mutu hasil pendidikan serta tercapainya tujuan pendidikan yang nasional.
Adapun kinerja guru secara konseptual ini merupakan citra dari hasil kerja seorang guru di dalam mengelola dan juga melakukan tanggungjawab yang dimiliki. Memang ada pendapat yang berkembang bahwa bantu-membantu sertifikasi merupakan salah satu alat peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi demi meningkatkan dan juga kesejahteraan guru. Memang motivasi kerja yang tinggi ini justru telah ditunjukkan oleh para guru yang belum pernah mengikuti sertifikasi sebelumnya dengan keinginan segera sanggup disertifikasi. Dan berkaitan dengan adanya gosip yang telah berkembang di masyarakat, maka para peneliti ini ingin mengambarkan apakah benar agenda sertifikasi ini tidak memiliki imbas pada kinerja guru.
artikel Tentang Sertifikasi- Juknis Tunjangan Profesi Guru Madrasah 2016
- Kode Bidang Sertifikasi Guru
- Cek Daftar Penerima Tunjangan Profesi Guru Triwulan Pertama
Adapun beberapa permasalahan di dalam penelitian ini yakni perihal bagaimana kinerja guru sejarah yang berada di SMA, Bagaimana imbas agenda sertifikasi guru pada kinerja guru. Dan tujuan dari penelitian ini yakni untuk menjelaskan perihal kinerja guru Sekolah Menengan Atas Negeri. Selanjutnya menjelaskan perihal imbas agenda sertifikasi pada kinerja guru SMA. Populasi di dalam penelitian ini yakni semua guru sejarah, baik yang sudah sertifikasi atau guru yang belum menempuh sertifikasi.
Penelitian ini juga termasuk jenis dari penelitian eksplanasi dengan adanya pendekatan kuantitatif. Program sertifikasi sebagai variabel bebas dan juga kinerja guru sebagai variabel yang terikat. Adapun kinerja guru ini juga terdiri dari sub variabel yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial serta kompetensi profesional. Dan untuk teknik pengumpulan datanya ini menggunakan kuesioner. Kuesioner ini disebarkan pada responden yakni para siswa.
Adapun untuk hasil penelitian ini mengatakan bahwa kinerja guru Sekolah Menengan Atas Negeri, baik guru yang sudah sertifikasi atau guru yang belum sertifikasi memiliki kinerja yang baik. Dan berdasar pada hasil analisis ini diketahui bahwa agenda sertifikasi guru ini sangatlah kuat pada kinerja guru SMA.
Dan berdasar pada hasil penelitian ini, maka guru yang sudah sertifikasi ini alangkah lebih baik untuk tetap meningkatkan kinerjanya biar guru ini selalu kreatif dan juga inovati sehingga para guru ini akan tampil sebagai guru yang berkompeten pada bidangnya. Dan bagi guru yang belum menempuh sertifikasi ini alangkah lebih baik harus juga selalu terpacu untuk meningkatkan kinerjanya ibarat dengan membekali diri dengan banyak sekali agenda pendidikan biar ada peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi.
Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.comMari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Peningkatan Kualitas Guru Melalui Sertifikasi"
Posting Komentar