✔ Elektronik

Ok gan kini kita akan membahas perihal elektronik.Sebagian orang menyampaikan berguru elektronik itu susah,padahal tidak gan.Kalau berdasarkan aku tidak ada yang susah jikalau kita mau.Benar kan gan....??? Ok kini aku akan memulai nya dengan apa yang dimaksud dengan elektronik.
Apa yang dimaksud dengan Elektronik...????
Elektronik yaitu alat yang dibentuk berdasarkan prinsip atau benda yag memakai alat tersebut.Di dalam kehidupan sekarang,kita harus bakir dengan elektronik lantaran kehidupan kita yang kini ini bergantung pada barang elektronik.Karena dari itu kita harus perlu berguru elektronik.
Mengapa perlu berguru elektronik...????
sebagaimana yang telah di jelaskan di atas dalam kehidupan sekarang,kita harus bakir dengan elektronik lantaran kehidupan kita yang kini bergantung pada elektronik.

Karena dengan berguru elektronik kita sanggup memperbaiki barang elektronik kita yang rusak.misalnya: Setrika,magic kom,tv dll sebagainya.Disini kita berguru elektronik kita sanggup laba besar.Kerena hanya dengan satu kabel kita sudah sanggup menambah jajan kita sehari-hari.

untuk itu aku kasih ni gan cara cepat supaya kita sanggup berguru belajar elektronik.
Bagaimana cara gampang berguru elektronik...????
OK gan  untuk mempercepat materinya  eksklusif saja ya gan.!
  1. Semangat ingin bisa
  2. Mengerti perihal kelistrikan, kalau listrik tidak sanggup  bagaimana? ya paling tidak anda paham apa itu tegangan,arus, positif, negatif, ground, satuan listrik (watt, ampere, volt, dan sebagainya). Kalau g ngerti juga? ya setidaknya anda sudah sanggup colokin listrik atau pernah kesetrum.... :) just kidding
  3. Perlengkapan untuk praktek menyerupai timah, solder, tang, kawat, komponen dan sebagainya.
  4. Tidak buta warna, lho kenapa? alasannya yaitu nantinya diharapkan sekali untuk membedakan warna komponen satu dengan yang lainya baik instruksi warna atau fisik menyerupai resistor.
  5. Berani kesetrum....tak jarang nantinya anda akan kaget alasannya yaitu salah pegang setrum
  6. Bisa bongkar pasang.. jangan sanggup bongkar tapi tidak sanggup pasang ya... serius!
Setelah segala kesiapan di atas anda sanggupi berguru rangkaian elektro selanjutnya pengenalan komponen perihal macam komponen aktif dan komponen pasif.
        1. Komponen elektronik / elektro aktif
Komponen Elektronika Aktif (Active Electronic Components)
Komponen Elektronika Aktif yaitu jenis komponen elektro yang memerlukan arus eksternal untuk sanggup beroperasi. Dengan kata lain, komponen elektro aktif hanya sanggup berfungsi apabila mendapat sumber arus listrik dari luar (eksternal).Komponen-komponen elektro yang digolongkan sebagai komponen Aktif yaitu Dioda, Transistor dan IC (Intragrated Circuit) yang terbuat dari materi semikonduktor menyerupai silikon, germanium, selenium dan metal oxides.
– Dioda









Dioda yaitu Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda terdiri dari dua Elektroda yaitu Anoda dan Katoda. Yang termasuk dalam keluarga Dioda diantaranya menyerupai LED (Light Emitting Diode), DIAC, Dioda Zener, Dioda Penyearah, Dioda Foto, Dioda Schottky, Dioda Tunnel dan Dioda Laser.
– Transistor
Transistor yaitu Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi sebagai Penguat, Penyearah, Pengendali, Mixer dan Osilator. Komponen yang termasuk dalam keluarga Transistor diantaranya menyerupai Transistor Bipolar (NPN & PNP), Transistor Foto, TRIAC, MOSFET, JFET dan UJT.– IC (Integrated Circuit/Sirkuit Terpadu)
Integrated Circuit atau sering disingkat dengan IC yaitu Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari adonan ratusan bahkan jutaan Transistor, Resistor dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil. Berdasarkan fungsinya, IC sanggup dikelompokan lagi menjadi IC Pewaktu (Timer), IC Comparator (Pembanding), IC Logic gates (Gerbang Logika), IC Switching (Pengendali) dan IC Amplifier (Penguat).          2. Komponen Elektronik / Elektronika Pasif- Resistor
Resistor, komponen yang paling sering dan banyak dipakai yang berfungsi menghambat laju tegangan, dibedakan nilainya dengan penomoran instruksi atau instruksi warna sebagai nilainya. Satuan international resistor disebut Ohm
- Capasitor/ Electrolit Condensator
Kapasitor, selain resistor kapasitor juga sering digunakan, kapasitor ada jenis non polar dan bipolar (positif - negatif) atau disebut juga elco (electrolit condsator) bentuknya menyerupai tabung. Satuan international kapasitor disebut Farad
- Solenoid Coil/ Lilitan

Lilitan, coil atau lilitan yaitu komponen yang sangat sederhana dan gambang dibentuk atau dirusak. Namun, lilitan sangat vital fungsinya. Sebab lilitan inilah banyak sekali perangkat elektronik konsumen dan industri sanggup beroperasi. Satuan international lilitan disebut Henry.
Cuma itu yang sanggup aku sampaikan jikalau ada salah aku minta maaf ya gan..
semoga bermanfat ya gan...dan terus kunjungi blok ni ya gan : rahim club
kalau ada keraguan komen aja gan kalu tidak kirim email saja: rahimnasution1999@gmail.com
Terima kasih yang sudah baca....
salam....😊😊😊



Sumber http://boszmuda.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "✔ Elektronik"

Posting Komentar