antioksidan adalah

                                                                     Antioksidan
Apa itu antioksidan
 Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain, antioksidan mampu memperlambat proses oksidasi pada zat yang mudah teroksidasi, juga bisa diartikan antioksidan adalah senyawa yang mampu menghambat radikal bebas.

Antioksidan dibedakan menjadi tiga bagian.
  Antioksidan di dalam tubuh manusia dibedakan menjadi tiga lapisan, yaitu antioksidan primer, antioksidan sekunder, antioksidan tersier,berdasarkan tugasnya Antioksidan primer bekerja sebagai pencegah pembentukan radikal bebas baru, Antioksidan sekunder dibutuhkan untuk menangkap radikal bebas dan mencegah reaksi berantai, dan Antioksidan tersier bertugas memperbaiki sel dan jaringan yang rusak akibat radikal bebas.

Makanan yang mengandung Antioksidan.
  Makanan juga memiliki arti penting bagi tubuh, salah satunya untuk menghasilkan antioksidan dan menangkal radikal bebas.
beberapa zat dan vitamin yang mengandung antioksidan adalah beta karoten, retinol, vitamin C, vitamin A dan vitamin E.
Vitamin A merupakan senyawa organik yang meliputi retinol, retinal, asam retinol dan karotenoid, sebagai antioksidan beta karoten dan retinol bertugas melindungi tubuh dengan cara menetralkan radikal bebas.
Vitamin C berperan sebagai antioksidan sekunder yang mencegah radikal bebas dan mencegah reaksi berantai.
Vitamin E berfungsi sebagai donor ion hidrogen yang mampu mengubah radikal bebas menjadi radikal tokoferol yang kurang reaktif.

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang antioksidan dan makanan yang mengandung antioksidan.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "antioksidan adalah"

Posting Komentar