Strategi Mempertahankan Keunggulan Dalam Dunia Usaha

Pengertian Strategi/Upaya ialah suatu rencana agresi yang menyelaraskan sumber-sumber dan janji organisasi untuk mencapai kinerja unggul. Mempertahankan keunggulan bersaing/kompetitif ialah suatu manfaat yang saat suatu perusahaan mempunyai dan menghasilkan suatu produk dan atau jasa yang dilihat dari pasar targetnya senantiasa terbaik dibandingkan dngan para kompetitif terdekat.
   
Untuk mempertahankan keunggulan bersaing, seorang wirausahaan harus bisa mengenali banyak sekali unsur dasar untuk mempertahankan keunggulan bersaing, yakni sebagai berikut :
1. Harga atau nilai
Seorang pengusaha yang bisa menghasilkan produk atau jasa rendah biaya sehingga taktik dalam tetapkan harga (tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan produk/ jasa pesaing). Jika bisa sanggup ditambahkan bahwa produk atau jasa mempunyai nilai (bernilai) lebih dibandingkan dengan nilai produk atau jasa pesaing.
Dengan demikian, produk/jasa kita mempunyai keunggulan dari segi harga dan nilai. Pelanggan yang sensitive terhadap harga, biasanya selisih harga harga Rp.975,-saja dengan produk atau jasa pesaing akan menjadi pertimbangan dalam membeli produk yang lebih rendah harganya.

2. Menyenangkan konsumen
Keunggulan kedua yang harus diupayakan biar produk/jasa sanggup bersaing dengan para competitor ialah diupayakan biar produk atau jasa sanggup menyenangkan konsumen. Menyenagkan dari banyak sekali aspek, menyerupai kualitas produk/jasa yang bermutu dan memberi kepuasan. Misalnya : pelayanan memuaskan, komunikasi yang memuaskan, dan tanpa complain atau setidak-tidaknya bila dikomplain segera ditanggapi atatu tidak ditunda-tunda.

3. Pengalaman konsumen
Pengalaman baik atau jelek yang kita sampaikan dan yang dialami oleh seorang konsumen, umumnya akan menjadi catatan penting(seringkali menempel seumur hidup). Untuk itu beriukanlah pengalaman yang paling menyenangkan atau memuaskan bagi para pemangku kepentingan. Lebih-lebih bagi para konsumen pelanggan. Pengalaman yang lebih dikenang sepanjang masa, bahkann sering dikeluarkan kepada handai tolan konsumen. Demikian juga sebaliknya, pengalaman jelek akan cepat menyebar dari lisan ke lisan baik kepada sahabat maupun tetangga terdekat. Agara produk atau jasa kita unggul, maka disamping dari sudut harga, nilai, menyenangkan konsumen, berikanlah pengalaman sebaik mungkin kepada konsumen.(do your Best)

4. Atribut produk yang sanggup dicatat
Keunggulan berikut yang harus dicapai oleh seorang pengusaha ialah seluruh atribut produk/jasa yang menempel didalamnya harus dicatat. Manfaat dari catatan atribut produk/jasa ialah biar produk/jasa sanggup ditingkatkan dari atribut yang sudah ada sebelumnya, minimal seluruh atribut produk/jasa sanggup dikenalkan tidak hanya kepada konsumen namun juga kepada pegawai atau pelayan kita. Dengan demikian, baik konsumen maupun pegawai atau pelayan kita bisa mengenali seluruh atribut produk/jasa kita sehingga tidak ada yang dirahasiakan (jangan ada duta atau kebohongan diantar kita biar konsumen tidak merasa ditipu baik secara sengaja atau tidak.

5. Keistimewaan layanan yang unik.
Jika keempat unsur tersebut telah mencapai posisi unggul, hal yang tidak kalah penting ialah bagaimana keistimewaan layanan yang unik sanggup ditampilkan. Contoh  yang baik, anda sanggup simak bagaimana keistimewaan layanan yang diberikan oleh Singapore airlines. Kemudian layanan yang sanggup kita catat antara lain ialah meskipun pesawat tidak atau belum penuh sit atau penumpangnya, tetapi jikalau jadwal penerbangan sudah mengatakan angka sama menyerupai angka yang tertera pada tiket semua jadwal take-off,maka Singapore airlines tidak pernah menunda jadwal penerbangan.

Identifikasi Peluang-Peluang Berkaitan Dengan Kewirausahaan.

Jenis-jenis identifikasi dan penilaian yang harus dilakukan oleh seorang wirusahawan ialah sebagai berkut:
1.  Analisis Eksternal Perusahaan
Pemahaman sifat dasar lingkungan eksternal perusahaan dengan cara memepelajari tren-tren umum dan dinamika kompetensi. Apakah diluar perusahaan terdapat potensi-potensi peluang bisnis yang sanggup diidentifikasi dengan baik. Dalam analisis SWOT umumnya dikenali O dan T untuk Opportunities (berbagai peluang) dan Threats (berbagai kendala) yang ada. Peluang dan hambatan perusahaan kita dan para competitor juga harus dikenali.
2.   Analisis Internal
Pengenalan kemampuan bersaing perusahaan, baik kelemahan-kelemahan maupun kekuatan-kekuatan perusahaan. Disamping itu, juga perlu diketahui kelemahan-kelemahan maupun kekuatan-kekuatan perusahaan pesaing terdekat, apakah perusahaan bisa menyusun taktik atas kelemahan-kelemahan maupun kekuatan-kekuatan perusahaan tersebut. Dengan mengenali lebih baik seluruh kekuatan dan kelemahan perusahaan dibutuhkan perusahaan bisa menangkap peluang secara strategis.
VRTM-022 Kisaki Aya, Suzuki Ai, Komine Miko, Motoyama Mari  https://oload.download/f/x4pLONph44I

Model Keunggulan Bersaing

Untuk mencapai keunggulan bersaing, tahapan yang perlu dilakukan ialah :
1.Penilaian lingkungan (Internal dan Eksternal) dilakukan dengan analisis SWOT (Strength,Weakness, Opportunities,Threat). Analisis SWOT terhadap perjuangan kita maupun perusahaan kompetitor kita.
2.  Penilaian organisasi, apakah secara organisatoris perusahaan bisa keunggulan bersaing.
3. Strategi berbasis biaya, mengupayakan biar setiap produk dan atau jasa sanggup diproduksi dengan biaya seefisien mungkin, sehingga dalam penetapan harga produk/jasa sanggup bersaing dengan produk para pesaing terdekat.
4. Strategi berbasis diferensiasi, mengupayakan biar perusahaan bisa menghasilkan banyak sekali diferensiasi. Misalnya, banyak sekali produk maupun jasa bisa dihasilkan, bisa diferensiasi harga, diferensiasi pelayanan dan lain-lain.
5. Hasil-hasil atas itu semua yang dibutuhkan ialah (a)laba perusahaan sanggup tercapai sesuai yang direncankan,(b)pangsa pasar meningkat. (c) kepuasan pelanggan sanggup ditingkatkan, dan (d) kelangsungan hidup perusahaan sanggup berlanjut. Berikutnya: ANALISIS LINGKUNGAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Mempertahankan Keunggulan Dalam Dunia Usaha"

Posting Komentar