Mau Jadi Guru Idola? Ini 5 Peluang Karier Guru Selain Mengajar Di Kelas

Bapak/Ibu Guru pernah merasa jenuh atau lelah dalam mengajar? Atau merasa kariernya tidak berkembang? Rasa bosan tentunya sangat masuk akal untuk dirasakan setiap orang dari banyak sekali profesi. Nah sebagai guru, Bapak/Ibu sebetulnya mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan karier serta mengatasi rasa bosan, lho. Seorang guru tidak lagi terbatas hanya mengajar di kelas saja, mereka bisa menjadi guru privat, bekerja di dinas pendidikan, hingga menjadi guru online. Tidak hanya itu, guru juga bisa terus mengembangkan dirinya untuk menghadapi perubahan zaman, mulai dari teknologi juga kebijakan pemerintah, melalui banyak platform digital. So, apa saja ya peluang karier yang bisa guru coba di masa mendatang? Yuk, kita simak!

1. Menjadi guru online

doisong-hoc-onlineKembangkan karier menjadi guru online (Sumber: songnews.net)

Kemajuan teknologi memungkinkan proses berguru mengajar tidak harus dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Bapak/Ibu Guru juga mempunyai peluang untuk mengajar secara online. Hanya dengan koneksi internet, siswa sanggup memperoleh semua isu yang diperlukan hingga mereka bisa memahami konsep dengan baik. Kegiatan berguru yang dilakukan secara individu menciptakan siswa sanggup menyesuaikannya dengan kemampuan diri masing-masing. Bapak/Ibu juga bisa mendapat bermacam-macam manfaat dengan menjadi pengajar online, menyerupai waktu yang lebih fleksibel dan peluang untuk membagikan ilmu pengetahuan ke jutaan siswa dalam satu waktu.

2. Menjadi penulis blog pendidikan

qtq80-pfbgp1-768x435Menulis blog pendidikan (Sumber: quidjob.com)

Internet telah memperlihatkan banyak dampak aktual di banyak sekali bidang, termasuk pendidikan. Melalui internet, siswa sanggup dengan gampang mencari bermacam-macam materi pelajaran dalam banyak sekali format yang sanggup diakses gratis. Salah satunya ialah melalui blog pendidikan. Banyak blogger yang mengelola blog pendidikan yang sangat bermanfaat dan cukup informatif.

Menulis blog sanggup memperlihatkan beberapa manfaat untuk Bapak/Ibu Guru, menyerupai menjadi penulis yang lebih baik, menghubungkan dengan lebih banyak guru yang sangat peduli dengan pengembangan dirinya, dan memperlihatkan pandangan yang lebih kritis terhadap teknik mengajar. Melalui blog, Bapak/Ibu sanggup membagikan materi pelajaran, tips belajar, hingga info terkini terkait dunia pendidikan.

3. Menerbitkan buku

0_jCMeqyKliSaz_4slMenerbitkan buku (Sumber: medium.com)

Tidak hanya menulis blog, Bapak/Ibu juga bisa menerbitkan hasil tulisannya ke dalam sebuah buku. Dengan menulis buku, Bapak/Ibu Guru juga bisa membangun gambaran diri sebagai seorang yang berwawasan, mempunyai intelektualitas tinggi, dan seorang guru yang berkualitas. Bahkan melalui goresan pena yang diterbitkan, kita bisa mempunyai banyak hubungan yang terkadang tidak kita duga. Tidak hanya murid Bapak/Ibu sendiri, ketika banyak orang bahagia dan menikmati goresan pena yang diterbitkan, maka dogma diri secara tidak langsung juga akan meningkat. Berhasil menerbitkan sebuah buku juga bisa menjadi sumber laba finansial untuk Bapak/Ibu, mulai dari gaji yang tidak sedikit dan royalti dari hasil penjualan buku.

4. Tonjolkan diri dengan menciptakan Podcast

cf1b136677b642dcaf0dd2c7738b176c_2c0bd4b9dcfc4a83858a866074c540df_headerMembuat Podcast ihwal pendidikan (Sumber: digg.com)

Podcast merupakan rekaman orisinil audio yang sanggup didengarkan oleh siswa di manapun dan kapanpun ketika mereka menginginkannya. Melalui Podcats Bapak/Ibu bisa memilih kategori pelajaran apa yang ingin diberikan. Cara ini sanggup memudahkan Bapak/Ibu untuk membuatkan ilmu alasannya ialah melalui Podcast materi yang disampaikan sanggup didengar oleh lebih banyak orang dibandingkan dengan hanya mengajar di kelas yang terbatas. Saat ini, Podcast juga sudah semakin dikenal alasannya ialah pembuatannya yang jauh lebih gampang dan tidak membutuhkan investasi yang besar. Podcast ialah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar. Contohnya saja pembelajaran sains dengan memakai Podcast sebagai medianya sudah banyak dipakai di luar negeri.

5. Menjadi guru privat

pic_coacher_about_spMenjadi guru privat (Sumber: su-gaku.net)

Les privat menjadi salah satu bentuk bimbingan berguru berdikari yang cukup diminati oleh siswa maupun orang tua, alasannya ialah dengan berguru privat anak sanggup lebih fokus belajar. Ada beberapa laba yang bisa didapatkan dengan menjadi guru privat, menyerupai menambah pengalaman mengajar, dan sanggup mengenal aksara siswa yang berbeda-beda sehingga sanggup mencoba banyak sekali macam teknik bimbing sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, Bapak/Ibu juga bisa menambah penghasilan alasannya ialah bayaran untuk guru privat biasanya cukup mahal untuk per jamnya.

Siapa bilang guru hanya bisa mengajar di kelas? Guru juga bisa kok mengembangkan dirinya dengan mencoba hal gres yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Tidak hanya itu, Bapak/Ibu Guru juga bisa lho memperlihatkan dampak yang lebih besar terhadap dunia pendidikan tanpa harus mengajar di kelas. Mau tahu caranya? Yuk, ikut Audisi Guru Terbaik (Indonesia Teacher Prize)! Bapak/Ibu berkesempatan untuk mendapat total hadiah lebih dari 500 juta rupiah serta kontrak pribadi menjadi Master Teacher Ruangguru.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan ini sanggup diakses di audisi.ruangguru.com atau hubungi 0821-2542-7252 (WhatsApp Chat/Lala). Ayo, tolong-menolong kita cerdaskan anak bangsa dengan kualitas pendidikan yang merata!

Indonesia Teacher Prize

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Jadi Guru Idola? Ini 5 Peluang Karier Guru Selain Mengajar Di Kelas"

Posting Komentar