Kamu Perlu Tahu, 5 Manfaat Statistik Untuk Perkembangan Indonesia

Squad, tahukah kau semenjak tahun 1960 di setiap tanggal 26 September diperingati sebagai peringatan Hari Statistik Nasional (HSN)? Wah, apa itu statistik? Mungkin sebagian dari kau masih merasa absurd dengan kata ini, bukan? Secara umum, statistik berarti ilmu yang berkenaan dengan data. Kalau di mata pelajaran sekolah, maka materinya termasuk dalam bidang studi matematika. Hmm, tampaknya rumit ya? Eits, tapi ternyata banyak sekali fungsi statistik khususnya dalam pembangunan negara kita, lho. Apa saja memangnya? Simak lebih lanjut untuk selengkapnya!

1. Mengetahui jumlah penduduk

manfaat statistik

Populasi di Ibukota Jakarta (Sumber: Oxford Economics)

Statistik menyajikan kumpulan data yang selanjutnya dianalisis dan dipresentasikan sebagai hasil sensus penduduk. Kamu cukup familiar ‘kan dengan hal tersebut? Biasanya petugas sensus akan mendatangi setiap rumah satu per satu di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Tujuannya untuk menghitung jumlah warga penduduk. Biasanya hal ini kerap dilakukan ketika menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan pengumpulan pajak. Pelaksana sensus atau cacah jiwa ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kamu pernah bertemu eksklusif dengan pelaksana sensus yang tiba ke rumah?

2. Penghitungan cepat (Quick Count) dalam Pemilu

manfaat statistik 

Penghitungan hasil quick count (Sumber: Litbang Kompas)

Pada 27 Juni lalu, Ridwan Kamil ramai diberikan ucapan selamat melalui sosial media alasannya ialah memenangi hasil quick count dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. Padahal, dia gres benar-benar dilantik menjadi gubernur pada 5 September kemarin, lho. Dengan pinjaman statistik, masyarakat memang sanggup lebih cepat mengetahui hasil Pemilu. Walau  bukan hasil sebenarnya, namun akan cenderung sesuai dengan hasil akhir. Sebab, quick count memproyeksikan dengan memakai sample.

3. Meninjau kenaikan atau turunnya harga barang

Setiap awal bulan, BPS selalu merilis hasil inflasi (kenaikan harga) untuk disampaikan pada publik. Mantan Kepala BPS, Suryamin memberikan bahwa ini ialah pengumuman inflasi tercepat di dunia. Indonesia boleh berbangga diri dalam kiprahnya memimpin statistik di kancah internasional. Sehingga, masyarakat sanggup dengan gampang mengetahui apakah ada kenaikan atau justru penurunan harga barang dan jasa di bulan sebelumnya. Gunanya, untuk terus memantau dan menghindari krisis ekonomi.

4. Mendukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)

manfaat statistik

(AI sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali hal. Sumber: becominghuman.ai)

Robot-robot berilmu yang dikembangkan dengan peranti lunak juga disusun menurut sekumpulan data, supaya sanggup menjadi replika dan mengganti beberapa kiprah yang biasa dilakukan oleh manusia. Hebat ya? Statistik tentu saja memegang kiprah kunci dalam pengembangannya. Bayangkan, bermula dari data kemudian sanggup bermetamorfosis sebagai alat transportasi, tangan kanan kesehatan, atau bahkan membantu di sektor pertanian. Kamu pernah melihat apa saja robot berilmu di sekitarmu? 

5. Menanggulangi kemiskinan

manfaat statistik

Potret kemiskinan di Indonesia. (Sumber: finance.detik.com)

Tahun ini, Indonesia tercatat mengalami titik terendah dalam hal persentase kemiskinan semenjak tahun 1999 yaitu sebesar 9,82% atau 25,85 juta orang. Angka ini menurun dari tahun kemudian yaitu 10,12%.  Berkat pinjaman statistik, pemerintah sanggup mengetahui kesuksesan dari kegiatan sosial yang sudah dilakukan atau bahkan menyiapkan taktik gres untuk terus menurunkan angka kemiskinan.

Wah, banyak sekali keuntungannya ya, Squad? So, kau jangan suka malas ya kalau sedang pelajaran matematika. Karena ada bermacam-macam manfaat yang negara ini peroleh di masa depan dari ilmu kamu! Nah untuk membantu belajar, ayo pahami jutaan konsep pelajaran matematika di ruangbelajar. Kini, mendalami bahan di sekolah berasa main games!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamu Perlu Tahu, 5 Manfaat Statistik Untuk Perkembangan Indonesia"

Posting Komentar