7 Acara Yang Dapat Dilakukan Pada Hari Perdamaian Dunia

Halo, Squad! Apakah kalian tahu 21 September diperingati sebagai hari apa? Yup, Hari Perdamaian Internasional. Hari Perdamaian Internasional ditetapkan oleh PBB jatuh setiap pada tanggal 21 September. PBB menyatakan hari tersebut sebagai hari yang dikhususkan untuk memperkuat impian perdamaian, baik di dalam dan di antara semua bangsa dan masyarakat. Nah, nggak ada salahnya dong untuk ikut merayakan Hari Perdamaian Dunia dengan menumbuhkan toleransi pada siswa. Yuk, simak 7 kegiatan yang bisa dilakukan untuk memeringati Hari Perdamaian Dunia bareng teman-teman.

 1. Traditional Costumes Team Challenge

Aktivitas pada hari perdamaianSiswa berguru mengenai perbedaan. Sumber: ragam.cahunnes.com

Cetak banyak sekali gambar pakaian adab di Indonesia. Lalu di papan tulis atau pada selembar kertas besar buat kotak-kotak besar menyerupai papan catur dengan nama kawasan di setiap kotaknya. Lalu bagi siswa ke dalam tim-tim, sesuaikan jumlah tim dengan jumlah penerima yang ikut bermain, dan tantang mereka untuk mencocokkan sebanyak mungkin pakaian adab ke nama daerahnya. Setiap tim yang menempatkan pakaian adab sesuai dengan wilayahnya akan mendapatkan 1 poin, sedangkan bila salah minus 1 poin. Set the timer then have fun playing! 

Jangan lupa juga untuk menjelaskan informasi menarik pakaian adab atau daerahnya. Atau kalau ada yang berasal dari kawasan yang disebutkan, kalian bisa meminta mereka menjelaskan mengenai kebudayaan mereka. Dengan begini, kalian ba saling berguru mengenai kebudayaan kawasan lain sambil mengenal latar belakang teman-temanmu.

2. Membuat mural bertemakan perdamaian

Aktivitas pada hari perdamaian

Tanamkan nilai positif pada siswa dengan cara yang menyenangkan (Sumber: childrensworkshops.net)

Memahami apa itu perdamaian dan implementasinya pada kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lho. Bisa dengan menciptakan mural beramai-ramai atau juga dengan menciptakan gambar untuk kemudian dipajang di dinding kelas. Selain kau dan teman-teman sanggup berguru mengenai perdamaian, kalia  juga akan menciptakan lingkungan jadi lebih berwarna!

3. Mengadakan bakti sosial

Aktivitas pada hari perdamaianMenumbuhkan kepedulian pada sesama dengan berdonasi. Sumber: mommyunderground.com

Mengerti arti  dari keberagaman dan toleransi dengan mengumpulkan bantuan berupa mainan atau buku untuk disumbangkan atau mengadakan bakti sosial. Mengumpulkan bantuan atau ikut dalam kegiatan bakti sosial sanggup mengajarkan banyak hal positif, menyerupai empati, bersyukur, serta mau menyebarkan kepada sesama tanpa melihat latar belakang.

4. Wisata ke rumah ibadah

 Aktivitas pada hari perdamaian

Ajarkan siswa mengenai perbedaan dan toleransi antar umat beragama. Sumber: berlin.de

Perdamaian juga menekankan pada toleransi antar umat beragama, Squad bisa mengajak teman-temanmu untuk berjalan-berjalan melihat rumah-rumah ibadah dari tiap-tiap agama, menyerupai Masjid, Gereja, Vihara, Pura, dan Klenteng di kota kalian. Lebih menarik lagi kalau rumah-rumah ibadah tersebut merupakan bangunan bersejarah, bisa sekalian berguru wacana sejarah. 

5. Lomba membaca puisi bertema perdamaian

Aktivitas pada hari perdamaianMenumbuhkan kecintaan pada sastra. Sumber: spongepedia.org

Merayakan Hari Perdamaian dengan mengadakan lomba membaca puisi bertema “Perdamaian” juga sanggup meningkatkan kecintaan pada sastra. Ajak teman-temanmu untuk mengadakan lomba puisi, lomba pantun, lomba menulis cerpen, dan lain sebagainya, niscaya bakalan seru banget Kalau merujuk pada perkataan Pramoedya Ananta Toer, “Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa menyayangi sastra, kalian hanya binatang yang pandai.” 

6. Memperkenalkan UN SDG

Aktivitas pada hari perdamaian17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Sumber: teachsdgs.org

Salah satu landasan Hari Perdamaian Dunia adalah United Nations Sustainable Development Goals. So, kau bisa merayakan hari ini dengan mempelajari ketujuhbelas poin UN SDG bareng-bareng dengan sobat sekelasmu. Jangan lupa juga memakai bahan bimbing yang dibentuk oleh UNICEF dan berikan juga apresiasi berupa sertifikat untuk yang bisa memahami UN SDG tersebut.

 7. Mengheningkan cipta bersama

Aktivitas hari perdamaianSiswa berguru menghargai kehidupan yang damai. Sumber: jonbarron.org

Kalau acara yang sudah disebut di atas dirasa terlalu memakan waktu atau energi, kau tetap bisa merayakan Hari Perdamaian dengan mengheningkan cipta bersama siswa. Renungkanlah korban-korban akhir peperangan, betapa beruntungnya kau dengan kesempatan berguru yang kau miliki, dan bagaimana kau sanggup berkontribusi untuk menciptakan dunia menjadi tempat yang lebih baik dan lebih tenang dengan cara-cara yang kecil namun tetap berarti.

Gimana? Sudah tahu kira-kira acara apa yang mau dilakukan? Semoga kau bisa jadi lebih memahami arti perdamaian dan toleransi ya, Squad. Eits, tapi jangan cuma dipahami, semoga bisa mengamalkannya juga. Damai dimulai dari diri sendiri. Makara tetaplah selalu melaksanakan kebaikan pada sesama! 

Yuk, berguru dengan materi bimbing dari Ruangguru On-The-Go! Ada banyak video animasi, latihan soal, dan rangkuman infografis yang bisa diakses tanpa kuota internet! Dijamin kegiatan berguru jadi makin seru dan tidak membosankan.

New Call-to-action

 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Acara Yang Dapat Dilakukan Pada Hari Perdamaian Dunia"

Posting Komentar