5 Cara Memaksimalkan Fungsi Linkedin Untuk Kemajuan Karier Anda

LinkedIn merupakan sebuah perusahaan startup yang berfokus pada sasaran bisnis dan karyawan dan sanggup diakses melalui desktop maupun gadget. Didirikan pada 2002 di Amerika, LinkedIn berfungsi untuk memperluas jejaring profesional, termasuk menjadi wadah bagi para pekerja mengunggah hal mengenai pekerjaan mereka dan pencari kerja mengunggah CV mereka.

Jika dimanfaatkan secara baik dan benar, LinkedIn sanggup memperlihatkan banyak manfaat untuk perkembangan karier Anda. Sebanyak 60% rekruter mempercayakan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak mengenai calon karyawannya. LinkedIn juga mempercepat proses rekrutmen karyawan untuk mendapat pekerjaan, bahkan  89% pengguna menyampaikan bahwa LinkedIn mempercepat mereka dalam menemukan pekerjaan.

Bila Anda belum kunjung mendapat panggilan kerja, bisa jadi alasannya Anda belum memaksimalkan penggunaan LinkedIn sebagai penguat profesionalisme Anda. Coba lakukanlah lima langkah berikut untuk membantu Anda mendapat peningkatan dalam karier.

1. Tambah skill dan mintalah rekan Anda memberi endorse serta testimoni

fungsi LinkedInTampilan fitur skill & expertise pada LinkedIn (Sumber: garyhyman.com)

Pada laman profil LinkedIn, tersedia kolom "skill & expertise" yang sanggup Anda pilih sesuai dengan minat dan talenta Anda. melalui fitur ini orang-orang sanggup memberi endorse dari "skill & expertise" yang sudah Anda pilih, misal Anda mempunyai kemampuan dalam mengembangkan website, maka pilihlah Web Development. Fungsi dari endorsement yang diberikan oleh teman-teman Anda yaitu sebagai bukti yang mengakui kemampuan Anda tersebut, terlebih lagi kalau ditambah testimoni mengenai bagaimana Anda bekerja.

2. Gunakanlah bahasa Inggris

fungsi LinkedIn

Gunakanlah bahasa Inggris pada profil LinkedIn Anda (Sumber: xero.com)

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperindah profil LinkedIn Anda sudah niscaya dengan menyempurnakan profil, ibarat menuliskan job description pada setiap pengalaman kerja Anda. Poin yang harus Anda ingat yaitu tulislah klarifikasi tersebut dalam bahasa Inggris biar sanggup dipahami oleh semua orang secara global, apalagi kalau Anda berminat untuk melamar kerja di sebuah perusahaan multinasional. Jangan setengah-setengah dalam memakai bahasa Inggris untuk profil LinkedIn Anda.

3. Ekspresikan jiwa leadership Anda melalui unggahan

fungsi LinkedIn

Unggahlah hal yang Anda senangi beserta ajaran Anda (Sumber: medium.com)

LinkedIn juga menyediakan wadah bagi Anda untuk mengunggah foto dan video. Maka buatlah postingan yang baik dengan memanfaatkan akomodasi tersebut. Anda juga sanggup menciptakan artikel yang sesuai dengan nilai yang ingin Anda tunjukkan melalui profil LinkedIn. Bila Anda kesulitan mengunggah sesuatu, share saja post dari akun lain yang nilainya sesuai dengan Anda dan sanggup memberi image baik untuk Anda sebagai seorang profesional. Namun shared post tersebut tidak akan begitu berdampak tanpa komentar langsung Anda, itulah yang akan menciptakan postingan Anda menjadi spesial.

4. Bangun profesionalisme dengan mengikuti akun lain yang mempunyai konten baik & bagus

fungsi LinkedInIkuti akun-akun yang bermanfaat dalam meningkatkan nilai profil LinkedIn Anda (Sumber: envano.com)

Di LinkedIn, terdapat tombol “following” yang begitu powerful sehingga sanggup mengubah hidup Anda kedepannya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengikuti banyak sekali perusahaan, public figure, dan pengumuman. Ini yaitu cara gampang biar Anda sanggup memperluas pengetahuan Anda dan terus update di bidang yang Anda tekuni, bahkan Anda sanggup menyebarkan dongeng kepada orang lain mengenai info gres yang Anda dapatkan melalui akun-akun yang Anda ikuti tersebut.

5. Pelajari profil LinkedIn orang yang akan Anda temui

fungsi LinkedIn

Profil LinkedIn memperlihatkan warta yang tidak ada di sosial media lainnya

(Sumber: moneyaftergraduation.com)

Meeting dengan orang yang belum pernah Anda kenal bukanlah hal mudah, Anda harus menebak-nebak topik apa yang sanggup menciptakan percakapan mengalir dan menjadi segar. Melalui LinkedIn, Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam membuka percakapan tersebut. Bila Anda akan menghadiri sebuah meeting bersama orang gres yang belum Anda kenal, cari tahu nama lengkap orang tersebut dan pelajari profilnya di LinkedIn terlebih dahulu. Anda sanggup mencari warta mengenai pengalaman kerjanya, organisasi atau komunitas yang pernah diikuti, bahkan mungkin unggahan yang mereka buat. Tentu percakapan akan menjadi lebih menyenangkan, apalagi kalau Anda mempunyai banyak kesamaan dan ketertarikan dengan orang tersebut.

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana caranya untuk memaksimalkan penggunaan LinkedIn untuk dunia profesional Anda. Terapkan kini juga dan lihatlah keajaiban apa yang akan terjadi dalam karier Anda. Selain melalui LinkedIn, Anda juga sanggup meningkatkan karier Anda dengan mengikuti banyak sekali kelas di apps ruangkerja. Unduh dengan cara klik gambar di bawah ini.

 

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Memaksimalkan Fungsi Linkedin Untuk Kemajuan Karier Anda"

Posting Komentar