Mengapa Beternak Kenari Itu Prospektif? Inilah Sebab-Sebabnya

Kenari mempunyai prospek yang anggun untuk diternakkan. Selain mempunyai karakteristik yang menguntungkan bagi penangkarnya, pangsa pasarnya juga luas.

Beternak Kenari mempunyai prospek baik dari segi finansial. Pasalnya, kenari mempunyai pangsa pasar yang cukup bagus. Hal tersebut terlihat dari konsistensi dan banyaknya orang yang ingin mempunyai kenari sebagai burung peliharaan di rumah.

Selain lantaran kicauannya yang merdu dan warnanya yang indah, berikut ini yakni beberapa alasan orang menentukan kenari sebagai burung peliharaan.

1. Bersifat Petarung

Kenari mempunyai prospek yang anggun untuk diternakkan Mengapa Beternak Kenari Itu Prospektif? Inilah Sebab-Sebabnya
Source – flickr

Pada dasarnya, kenari merupakan burung petarung. Di alam bebas, kenari terbiasa bernafsu untuk menjawab kicauan burung lainnya. Oleh lantaran itu, kenari sangat gampang dirangsang untuk berkicau ketika lomba.

2. Praktis Beradaptasi

Karena sudah dikenal semenjak usang sebagai burung peliharaan, biasanya Anda akan mendapat kenari yang sebelumnya juga dipelihara oleh peternak lain. Untungnya, kenari cepat menyesuaikan diri di daerah yang gres sehingga tidak heran banyak pencinta burung yang menyukainya.

Kenari juga cepat mengenali pemiliknya. Jika bertemu pemiliknya, kenari akan berkicau dengan bunyi melengking. Karakteristik tersebut menawarkan betapa mudahnya kenari menyesuaikan diri dengan pemilik barunya. Itulah sebabnya kenari impor gampang dipelihara di beberapa negara.

3. Tidak Praktis Stres

Kenari mempunyai prospek yang anggun untuk diternakkan Mengapa Beternak Kenari Itu Prospektif? Inilah Sebab-Sebabnya
Source – flickr

Meskipun sangkarnya dipindah berkali-kali, kenari tidak lantas stres. Hal tersebut berbeda dengan jenis burung lainnya. Beberapa burung terpaksa dijual sepaket dengan sangkarnya lantaran mengalami stres dengan daerah baru. Nah, hal ini jarang terjadi pada kenari. Anda sanggup menjualnya per ekor tanpa kandang atau dengan sangkar.

4. Praktis Dibedakan Jenis Kelaminnya

Kenari mempunyai ciri-ciri jenis kelamin yang jelas. Hal ini tentu sangat memudahkan para peternak kenari dalam membedakannya. Para pembeli kenari juga gampang melaksanakan pengecekan. Kenari jantan ditandai dengan bentuk telur lonjong, badan tinggi ramping, dubur menonjol ke atas, serta lebih sering mengoceh pada umur 1 bulan. Kenari betina mempunyai telur bulat, bentuk badan lebih berisi, serta kurang banyak kicauan pada umur 1 bulan.

Dengan modal terbatas, Anda sanggup melaksanakan modifikasi jenis kenari. Caranya dengan melaksanakan kawin silang di antara beberapa jenis kenari. Kawin silang ini merupakan perjodohan kenari impor dengan lokal biar menghasilkan anak yang unggul. Biasanya yang jantan yakni kenari impor, sedangkan yang betina yakni kenari lokal.

Kenari mempunyai prospek yang anggun untuk diternakkan Mengapa Beternak Kenari Itu Prospektif? Inilah Sebab-Sebabnya
Source – pixabay

Hasil persilangannya akan dikawinkan dengan kenari impor lagi, hingga jadinya kenari lokal dan lokal yang dikawinkan. Hasilnya yakni kenari yang berkualitas bagus, tetapi harganya sanggup  dijangkau oleh banyak pencinta kenari.

Lalu, mana yang lebih menguntungkan, beternak kenari impor atau lokal? Sebenarnya, semua kenari awalnya yakni impor. Akan tetapi, beberapa kenari telah dikawinsilangkan sehingga menjadi kenari lokal. Akhirnya, kenari mempunyai banyak jenis dan warna. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri.

Sebetulnya, beternak kenari impor dan lokal mempunyai persentase laba sama. Misalnya Anda membeli kenari lokal jantan dan betina untuk dikembangbiakkan. Anda akan menjual anakannya dengan harga lokal. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, begitu pula dengan laba yang didapat.

Jika Anda beternak kenari impor yang dibeli dengan harga tinggi,  anakannya juga sanggup dijual dengan harga tinggi. Secara kasat mata, manfaatnya terlihat lebih besar. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan modalnya, persentase laba akan sama dengan beternak kenari lokal.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan pangsa pasar dan perawatan selama beternak kenari. Dengan harga lebih ekonomis, kenari lokal biasanya membutuhkan perawatan yang biasa saja, mempunyai peminat lebih banyak sehingga  risiko dagang yang diambil pun relatif aman. Sementara itu, kenari impor membutuhkan perawatan ekstra dan lebih sulit memasarkannya, tetapi manfaatnya juga sanggup berlipat ganda. Jadi, silakan Anda pertimbangkan mana yang terbaik!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Beternak Kenari Itu Prospektif? Inilah Sebab-Sebabnya"

Posting Komentar