Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut Ini Penyebabnya

Bulu kenari yang semula berwarna cerah sanggup saja menjadi kusam. Ada dua faktor yang menyebabkannya. Ketahui dan lakukan tindakan perawatan untuk mengembalikan kemilau bulu kenari.

Bulu kenari mempunyai warna-warna yang indah dan menarik, tergantung jenisnya. Ada kenari kuning, merah, hijau, biru, putih, dan yang mempunyai warna-warna cerah lainnya. Hal itulah yang menjadi daya tarik kenari sehingga sering dipelihara para pencinta burung.

Sayangnya, kenari yang tadinya mempunyai bulu indah, lama-lama sanggup menjadi kusam. Hal tersebut sanggup disebabkan oleh dua hal berikut ini.

1. Kurangnya Produksi Minyak

Bulu kenari yang semula berwarna cerah sanggup saja menjadi kusam Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut  Ini Penyebabnya
Source – flickr

Bulu yang kusam sanggup disebabkan oleh kurangnya produksi minyak pengilap bulu. Burung kenari mempunyai benjolan kecil di potongan atas pangkal ekor. Jika ditekan, benjolan tersebut akan mengeluarkan cairan. Kenari akan mengoleskan cairan tersebut ke bulu-bulunya dengan dukungan paruh. Faktor usia menimbulkan berkurangnya produksi minyak pada kenari.

2. Kesalahan Saat Penjemuran

Bulu kenari yang semula berwarna cerah sanggup saja menjadi kusam Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut  Ini Penyebabnya
Source – flickr

Jika Anda sering menjemur kenari terlalu lama, sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Sering kali beberapa orang menjemur kenari, kemudian melaksanakan pekerjaan lain. Tidak jarang, mereka lupa memindahkannya ke daerah teduh, padahal sudah dijemur lebih dari 1 jam.

Selain itu, waktu jemur yang terlalu siang juga sanggup menghilangkan lapisan lilin di setiap bulu. Padahal, lapisan tersebut mempunyai kegunaan dalam melembapkan bulu kenari. Jemurlah kenari sekitar tidak lebih dari pukul 10.00 WIB. Lama menjemur maksimal satu jam.

Saat kenari berair kuyup, sebaiknya tidak eksklusif menjemurnya di bawah sinar matahari. Diamkan dahulu hingga tidak lagi air menetes dari bulu kenari. Jika Anda menjemur eksklusif kenari yang berair kuyup, warna bulu akan gampang kusam. Selain itu, bulu juga akan keriting. Keindahan warna kenari dengan bulu yang sehat tidak akan didapatkan.

Nah, kalau bulu kenari telanjur kusam, jangan khawatir. Lakukan cara-cara berikut ini untuk merawatnya.

1.Beri Minyak Ikan

Cara menunjukkan minyak ikan ialah mencampurkannya pada makanan. Minyak ikan sanggup Anda berikan sekali sehari. Cara ini juga sanggup Anda lakukan untuk mencegah bulu kenari kusam di kemudian hari. Jadi, sekali waktu Anda sanggup menunjukkan minyak ikan tanpa menunggu bulu kusam.

2. Beri Makan Sayuran Hijau

Bulu kenari yang semula berwarna cerah sanggup saja menjadi kusam Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut  Ini Penyebabnya
Source – pixabay

Sayuran hijau mengandung vitamin dan betakarotin yang sangat baik untuk menjaga kecerahan warna bulu. Selain itu, dengan mengonsumsi sayuran akan menciptakan bulu kenari mulus.

Contohnya sawi hijau. Selain untuk mengembalikan keindahan bulu, sawi hijau juga mempunyai antioksidan yang menjaga kekebalan badan kenari. Sawi hijau sanggup diberikan eksklusif pada kenari tanpa dicampurkan pada biji-bijian. Pasang pengait dari kawat pada sangkar kenari, kemudian petiklah satu lembar sawi secara utuh dan gantungkan di dalam kandangnya.

3. Mandikan dengan Tepat

Selain makanan, hal yang sanggup Anda lakukan untuk merawat bulu kenari yang kusam ialah memandikan kenari dengan beberapa materi campuran.

Anda sanggup menambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air yang akan dipakai untuk memandikan kenari. Cuka apel sanggup membersihkan kotoran yang melekat pada bulu. Selain itu, cuka apel akan mencegah kutu melekat pada bulu.

Air gabungan jeruk nipis juga sanggup membersihkan kotoran dan lemak yang menempel. Bulu kenari akan tampak bersinar dan sehat kalau higienis tanpa kotoran. Cukup tambahkan 5 tetes jeruk nipis pada 1 liter air mandi.

Cara-cara di atas sanggup Anda praktikkan untuk merawat bulu kenari. Selain kusam, duduk kasus lain seputar bulu biasanya ialah kerontokan. Akan tetapi, duduk kasus ini juga sanggup diatasi dengan contoh hidup dan kuliner sehat.

Ternyata, tidak hanya pemiliknya saja yang harus menjalankan contoh hidup sehat. Kenari pun juga harus dijaga dan dipantau gizi dan kesehatannya. Selain itu, pemberian kuliner yang bergizi akan menciptakan kenari Anda sanggup berkicau dengan merdu. Selamat memelihara kenari!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut Ini Penyebabnya"

Posting Komentar