Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan

Kontes kicau kenari merupakan lomba yang sangat ditunggu oleh para pencinta kenari. Untuk mendapat kenari dengan kicau anggun dan merdu—atau biasa disebut gacor—saat lomba, dibutuhkan persiapan yang matang. Berikut ini ialah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kenari dilombakan.

1. Pilih Kenari Petarung

Kontes kicau kenari merupakan lomba yang sangat ditunggu oleh para pencinta kenari Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan
Source – pixabay

Pada dasarnya, kenari ialah burung petarung. Di alam bebas, kenari bergairah kalau mendengar kicauan dari burung lain. Dia akan eksklusif membalasnya. Nah, untuk mendapat kenari yang benar-benar bermental petarung, pilihlah kenari jantan. Kenari jantan mempunyai bunyi lebih nyaring dan stabil daripada betina. Perhatikan juga bentuk paruh, kepala, sayap, leher, dan postur tubuh kenari. Pilihlah yang kokoh dan mempunyai cengkeraman kuat.

Sebaiknya, Anda juga menentukan kenari berdasarkan jenis kicauan. Pilihlah kenari yang kicauannya berirama, panjang, dan variatif. Jika perlu, berkunjunglah ke lomba kicau burung dan bertanya kepada pencinta kenari terlebih dahulu.

2. Latihan Mental

Latihan mental perlu dilakukan biar kenari percaya diri dan gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Untuk kenari yang gres pertama kali dilombakan, sanggup disandingkan dengan kenari yang sudah matang biar sanggup menirukan abjad dan gayanya.

Kenari juga sebaiknya dibiasakan jalan-jalan ke arena lomba, meskipun tidak mengikuti lomba tersebut. Hal ini bertujuan biar kenari terbiasa dengan suasana lomba serta keramaian di sana. Selain itu, Anda sanggup menggantung kenari di daerah yang berbeda-beda. Tujuannya biar kenari gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

3. Perawatan Sebelum Lomba

Kontes kicau kenari merupakan lomba yang sangat ditunggu oleh para pencinta kenari Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan
Source – flickr

Lakukan perawatan terbaik sebelum kenari dilombakan. Misalnya mengeluarkan kenari pada pukul 07.00 WIB, kemudian memandikan atau menyemprotnya. Bersihkan sangkar, daerah makan, dan minumnya. Selanjutnya, siapkan makanan, minuman, dan vitamin untuk kenari.

Lakukan penjemuran selama satu jam, jangan menjemurnya di atas pukul 10.00 WIB. Setelah itu, pindahkan ke teras dan lakukan latihan berkicau. Anda sanggup memakai pemberian MP3 untuk melatihnya. Tutup kembali kandang kenari pada sore hari sebelum maghrib.

4. Makanan yang Tepat Sebelum Lomba

Salah satu perawatan harian yang dilakukan sebelum kenari dilombakan ialah memperlihatkan kuliner yang tepat. Anda sanggup memberinya apel diselingi kroto, 3 hari sebelum kegiatan lomba. Sebaiknya berikan juga telur puyuh, 1 jam sebelum lomba.

Lakukan beberapa perubahan contoh makan sebelum kenari dilombakan, contohnya pemberian kroto. Menjelang lomba, berikan kroto dua kali seminggu dengan porsi maksimal 10. Telur puyuh hanya diberikan sekali seminggu untuk mencegah kegemukan. Badan yang gemuk menciptakan kenari kurang lincah. Selain itu, berikan mentimun 2 hari berturut-turut sebelum lomba. Mentimun akan bermanfaat untuk membersihkan lendir di tenggorokan kenari. Dengan demikian, kenari sanggup berkicau tanpa hambatan. Agar stamina kenari makin kuat, Anda sanggup mencampurkan tiga tetes madu pada minuman kenari.

5. Hal yang Dilakukan Beberapa Saat Sebelum Lomba

Kontes kicau kenari merupakan lomba yang sangat ditunggu oleh para pencinta kenari Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan
Source – flickr

Ketika kegiatan lomba tiba, lakukan beberapa persiapan. Mandikan kenari dengan tingkat kebasahan yang cukup. Jemur di bawah sinar matahari dengan durasi yang pas, sekitar pukul 09.00 WIB selama 30 menit.

Mandikan kenari dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Frekuensi mandi yang dinaikkan dan penjemuran yang lebih singkat tersebut untuk mengontrol birahi kenari.

Seminggu sebelum kenari dilombakan, pisahkan dari jenisnya sendiri untuk menjaga mentalnya.  Beberapa ketika sebelum lomba, kondisikan biar kenari tidak berkicau sepanjang hari. Hal tersebut akan membuatnya kelelahan. Pada malam hari, matikan lampu daerah kenari disimpan. Tujuannya biar kenari mendapat waktu istirahat yang berkualitas.  

Apakah kenari Anda sudah siap dilombakan? Persiapan yang matang akan memperlihatkan kesan yang memuaskan. Ketelatenan Anda sebagai pemilik kenari sangat menentukan kualitasnya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan"

Posting Komentar