Ips Kelas 7 | 5 Pengaruh Interaksi Antarruang

IPS_7

Artikel IPS kelas VII ini akan membahas beberapa imbas interaksi antarruang.

--

Kamu jangan pernah menggerutu ya Squad bila terjebak macet di jalanan perkotaan. Hal ini masuk akal terjadi sebab di perkotaan menjadi pusat aktivitas, sehingga konsentrasi kegiatan penduduk tertuju pada wilayah perkotaan. Ini merupakan salah satu teladan jawaban imbas interaksi antarruang.

Apaan sih yang dimaksud dengan interaksi antarruang itu?

Namanya interaksi antarruang niscaya ada hubungannya dengan ruang atau wilayah nih Squad. Yups, interaksi antarruang itu timbal balik antara satu wilayah dengan wilayah lain yang bisa terjadi dalam banyak sekali bentuk. Misalnya, pergerakan orang, distribusi barang, dan lain-lain. Adanya pergerakan inilah yang menjadikan terjadinya perubahan baik di wilayah asal dan wilayah tujuan.

dampak interaksi antarruang - mudik

Ya, misalnya ibarat isu di atas tadi Squad. Pendatang dari daerah, mengadu nasib di Jakarta. Tentunya ini yang menciptakan perubahan baik bagi Jakarta dan kawasan yang ditinggalkan. Akibatnya, penduduk di Jakarta semakin padat dan kalian sudah niscaya tahu kan karenanya ibarat apa bila Jakarta semakin padat?

Sekarang, kita cari tahu yuk, kira-kira apa aja sih imbas dari interaksi antarruang itu?

 

1. Berkembangnya Pusat-pusat Pertumbuhan

Seperti pada umumnya di kota-kota besar, bakalan terjadi pemusatan aktivitas nih Squad. Ini terjadi sebab banyaknya pergerakan orang, barang, dan jasa di wilayah kota tersebut. Hal ini yang menjadikan perkotaan menjadi pusat pertumbuhan.

 

2. Perubahan Penggunaan Lahan

Coba tengok di wilayah sekitar rumahmu deh. Apakah ada pembangunan di sebuah lahan kosong? Misalnya begini, bila ada tanah kosong, kebun, atau pun persawahan yang sudah berganti fungsinya menjadi supermarket, pabrik, atau bahkan perumahan, nah itu salah satu imbas interaksi antarruang. Kita bisa menyebutnya sebagai alih fungsi lahan. Alih fungsi lahan sanggup diartikan sebagai bergantinya fungsi sebuah lahan untuk menampung acara kegiatan manusia.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Lembaga Sosial

 

3. Perubahan Orientasi Mata Pencaharian

Orientasi mata pencaharian beda dengan orientasi di sekolah ya Squad. Orientasi dalam hal ini bekerjasama dengan pekerjaan. Coba kau perhatikan deh, di kota-kota besar itu niscaya dihuni dengan orang-orang yang mempunyai pekerjaan yang bermacam-macam kan? Bandingkan dengan yang ada di desa deh. Rata-rata mereka yang tinggal di kawasan pedesaan, mata pencahariannya umumnya sebagai petani, nelayan, atau peternak deh.

dampak interaksi antarruang - pabrik industri

 

4. Berkembangnya Sarana dan Prasarana

Dampak interaksi antarruang nggak selalu bekerjasama dengan hal negatif ya Squad, ada juga positifnya ibarat berkembangnya sarana dan prasarana. Pembangunan sarana dan prasarana bakalan semakin meningkat seiring dengan peningkatan pergerakan antarruang itu sendiri. Transportasi, kemudahan umum, pusat perdagangan, dan sebagainya akan semakin berkembang dan bertambah dengan sendirinya mengikuti arus perubahan tersebut.

 

5. Perubahan Komposisi Penduduk

Coba tebak suku apa yang menjadi penduduk orisinil di Jakarta? Yups, Betawi. Tapi, keberadaan suku Betawi kini sudah menyebar, bahkan pindah ke kawasan pinggiran Jakarta. Ini sebab banyaknya orang dengan latar belakang suku, budaya, etnis, dan sebagainya yang berbondong-bondong tiba ke Jakarta. Akibatnya ya itu tadi, awalnya kebudayaan di Jakarta relatif seragam, kini berkembang menjadi bermacam-macam kebudayaan.

 

6. Perubahan Sosial Budaya

Di zaman globalisasi ketika ini rasanya nggak mungkin deh kalau kau nggak mengikuti perkembangan terbaru yang ada di internet. Mulai dari Bowo Alpenliebel sampai artis-artis Korea kan? Perubahan sosial budaya ketika ini nggak terpaku sebab pergerakan penduduk saja, tapi juga sebab informasi dari luar negeri yang bisa diakses kapan saja. Contoh gampangnya kita menemukan banyak sekali gaya-gaya busana artis-artis Korea yang ditiru sampaumur ketika ini kan? Hayooo kau termasuk yang mengidolakan artis Korea nggak?

Sekarang, untuk melatih kemampuan kau wacana pemahaman imbas interaksi antarruang, coba jawab soal latihan berikut ini ya.

 

dampak interaksi antarruang - teladan soal

 

Yuk tulis jawaban kau di kolom komentar ya Squad dan berikan juga alasannya. Kalau kau masih galau dengan klarifikasi di artikel ini, kau bisa tanya-tanya dan berguru bareng dengan guru privat pilihan kau lho. Cari yuk di ruangles. Ada ribuan guru privat yang siap membantu kau dalam berguru dan kau tentunya bisa pilih sendiri guru favorit kamu.

 New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ips Kelas 7 | 5 Pengaruh Interaksi Antarruang"

Posting Komentar