Bahasa Inggris Kelas 10 | Rumus Dan Pola Kalimat Simple Future Tense

Simple Future Tense

Artikel Bahasa Inggris kelas X ini akan membahas mengenai rumus dan pola kalimat Simple Future Tense. 
--

Simple Future Tense

Siap menatap masa depan? (Sumber: Shutter Stock)

Squad! Kalau kau sedang mempunyai waktu luang, biasanya hal apa yang kau lakukan? Ada yang suka menulis rencana-rencana untuk masa depan nggak, nih? Psst... kau tau nggak sih, kalau kau ingin menulis sesuatu yang kau rencanakan di masa depan dalam bahasa Inggris, kau harus pakai yang namanya Simple Future Tense. Simple Future Tense ini sanggup dipakai untuk menyatakan bahwa aktivitas tersebut akan terjadi di masa depan, baik aktivitas yang bersifat impulsif maupun terencana. Oh iya, Simple Future Tense ini merupakan bentuk Future Tense yang paling umum digunakan, lho. Selain itu, jenis tense ini juga sering disebut dengan Present Future Tense. Bagaimana ya rumus dan pola kalimatnya? Yuk, kita berguru bersama-sama! 

simple future tense

Simple Future Tense

Untuk menciptakan kalimat dengan Simple Future Tense, kau sanggup memakai modals Will dan Shall. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu akan, sehingga sering juga digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan dilakukan di masa depan. Kamu perlu ingat nih, dalam British English, “shall” dipakai kalau subjeknya yaitu “I/We”. Sedangkan dalam American English, semua subjek sanggup memakai kata “will”. Makara kalian tinggal pilih aja nih mau pakai yang mana, sebenarnya keduanya sama saja, kok.

Baca Juga: Rumus dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Kira-kira, fungsinya will dan shall dalam kalimat ini apa, ya? Will dan shall ini dipakai untuk konteks kalimat yang belum niscaya terjadi. Misalnya untuk planning gitu, lho. Meskipun demikian, penggunaan will dan shall harus diikuti oleh detail wacana apa yang akan terjadi. Contoh kalimatnya menyerupai apa, sih? Contoh kalimatnya antara lain I will go to the beach in this summer holiday.

Fungsi will dan shall yang lain yaitu untuk menjelaskan sebuah keputusan yang terjadi secara mendadak atau spontan. Makara will dan shall ini multifungsi ya Squad, sanggup untuk planning maupun hal-hal impulsif yang akan kau lakukan. Oh iya, pola kalimatnya yaitu "Wait. I will grab my lunch first".  Lalu, ada lagi nggak nih fungsinya will dan shall? Ada, dong! Kamu sanggup memakai kedua modals tersebut untuk meminta derma seseorang. Contohnya antara lain "Will you help me to pack these books?" Hayo, kalian mau nolongin nggak, nih?

Oh iya, fungsi will dan shall yang terakhir yaitu untuk berjanji. Hayo, siapa di antara kalian yang suka berjanji? Kalau sudah berjanji, harus ditepati, ya! Oh iya, pola kalimatnya antara lain "I promise I will come back next year."

Simple Future Tense

Simple Future Tense

Squad, pada dasarnya, penggunaan be+going to sama saja dengan penggunaan will dan shall sebab artinya juga sama, Squad. Fungsinya juga sama-sama untuk menyatakan planning yang akan terjadi di masa depan. Contoh kalimatnya antara lain "I am going to finish this laboratory report tomorrow"

Oh iya, selain berfungsi untuk menyatakan suatu rencana, be+going to juga dipakai untuk menjelaskan sesuatu yang akan terjadi di masa depan, dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Contohnya yaitu ramalan cuaca. Ramalan cuaca ini tingkat keakuratannya cukup tinggi kan, Squad? Contoh kalimatnya antara lain “According to the weather report, it is going to be snowy tomorrow”. Oleh sebab itu, sanggup disimpulkan bahwa kalau suatu kalimat memakai be+going to, kemungkinan sih kejadiannya akan benar-benar terjadi, nih. Hal ini berbeda dengan kalimat yang memakai will atau shall yang kejadiannya masih berupa kemungkinan-kemungkinan. Oh iya, dalam penggunaan sehari-hari, kau sanggup memakai gonna yang merupakan bentuk sederhana dari be+going to, ya.

Oh iya, kira-kira, penanda waktu untuk kalimat dengan Simple Future Tense itu menyerupai apa, ya? Kuy, simak gambar di bawah ini! 

Simple Future Tense

Wah, ternyata nggak susah ya menciptakan kalimat dengan memakai Simple Present Tense! Sekarang mulai dicoba yuk untuk menciptakan kalimat masing-masing. Jangan lupa ditulis di kolom komentar, ya. Oh iya, kalau kau masih ingin tau dan mau berguru lebih lanjut, yuk coba berguru bersama guru privat terbaikmu di ruangles. Kamu sanggup pesan guru privat sesuai kriteria yang kau mau. Psstt.... gurunya nggak hanya guru mata pelajaran wajib sekolah aja, lho. Ada juga guru-guru mata pelajaran dan keahlian lain, menyerupai guru kungfu atau guru fotografi. Kuy, berguru bareng di ruangles kini dan siap-siap jadi juara! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahasa Inggris Kelas 10 | Rumus Dan Pola Kalimat Simple Future Tense"

Posting Komentar