5 Sekolah Penerbangan Di Indonesia

Halo, Squad! Siapa yang waktu kecil dulu bercita-cita jadi pilot? Sudah hingga di mana perjuangan kau dalam mengejar keinginan kau tersebut? Proses untuk menjadi pilot yang jago butuh proses yang usang lho.

Sekolah Penerbangan di Indonesia

Seorang pilot komersial profesional setidaknya harus mempunyai catatan sekitar 150 jam latihan. Perjuangan kau sanggup dimulai dengan melanjutkan pendidikan ke sekolah pilot sehabis kau lulus Sekolah Menengan Atas dengan syarat usia kau sudah menginjak 17 tahun, mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik dan fisik yang sehat, terutama kesehatan mata dan gigi. Nah di bawah ini ada 5 nama sekolah penerbangan sebagai masukan untuk pilihan kamu. Perlu diingat nih bahwa masih terdapat sekolah penerbangan lainnya, selain yang ada dalam daftar di bawah ini ya:

1. Bali International Flight Academy

Sekolah Penerbangan di IndonesiaWisudawan BIFA (Sumber: garudamagazine.com)

BIFA merupakan sebuah sekolah penerbangan dengan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Internasional Civil Aviation Organization yang terletak di Buleleng, Bali. Persyaratan peserta didik BIFA antara lain, berusia 18-33 tahun, pendidikan minimum Sekolah Menengan Atas jurusan IPA, mempunyai tinggi minimum 165 cm, sehat jasmani. Selain itu, proses seleksi membutuhkan minimum nilai TOEIC sebesar 700. BIFA menyediakan tiga agenda studi ialah Pilot Private License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR).

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Sekolah Penerbangan di IndonesiaSTPI Curug (Sumber: mapio.net)

STPI merupakan sekolah kedinasan dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang terletak di Tangerang, Banten. STPI mempunyai empat jurusan yakni, jurusan penerbang, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan administrasi penerbangan. Jalur penerimaan calon taruna STPI dibagi menjadi dua: SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna) dan SWADANA. Seleksi penerimaan Taruna, baik dari jalur SIPENCATAR dan SWADANA terdiri atas beberapa tahapan:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Psikotes
  3. Tes kesehatan
  4. Tes Kesempatan dan Wawancara 
3. Politeknik Penerbangan Surabaya 

Sekolah Penerbangan di IndonesiaPembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Poltekbang Surabaya (Sumber: poltekbangsby.ac.id)

Politeknik Penerbangan Surabaya merupakan sekolah kedinasan dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Beberapa agenda studi yang tersedia antara lain, D3 Teknik Pesawat Udara, D3 Teknik Bangunan dan Landasan, D3 Manajemen Transportasi Udara. Peserta didik diharuskan mempunyai tinggi minimum 160 untuk laki-laki dan 155 cm bagi wanita. Selain itu, calon Taruna/i tidak diperbolehkan bertato dan ditindik. Tahapan seleksi Politeknik Penerbangan Surabaya tidak jauh berbeda dengan STPI Curug. Perlu diingat bahwa calon Taruna/i hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada suatu kementerian atau lembaga.

4. Aero Flyer Institute

Sekolah Penerbangan di IndonesiaCalon pilot lulusan Aero Flyer Institute (Sumber: aeroflyer.co.id) 

Sekolah penerbangan Aero Flyer Institute terletak di tiga lokasi berbeda, Bandara Budiarto–Tangerang, Bandara Cakrabhuwana Cirebon–Jawa Barat dan Bandara Fatmawati Soekarno–Bengkulu. Program studi yang tersedia antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Flight Instructor Course. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar ke Aero Flyer Institute antara lain, surat izin orang tua, CV, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, fotocopy akta kelahiran, KTP, dan kartu keluarga.

5. Alfa Flying School

Sekolah Penerbangan di IndonesiaWisudawan Alfa Flying School (Sumber: infopenerbangan.com)

Alfa Flying School bangkit semenjak 2007 dan telah terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sekolah penerbangan ini terletak di tiga tempat: Jakarta Halim, Cilacap Tunggul Wulung, dan Cirebon Cakrabhuwana. Proses seleksi yang berlaku mulai dari kesehatan gigi, medical examination, Test of English for Internasional Communication (TOEIC), tes psikologi, matematika dasar, dan wawancara. Program yang ditawarkan majemuk ibarat Private Pilot License, Commercial Pilot License + Instrument Rating, Multi Engine Rating, Redbird Simulator¸ dan lain-lain.

Itu beliau lima sekolah penerbangan yang sanggup kau jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikanmu. Perlu diingat bahwa matematika dasar diujikan dalam tes masuk sekolah penerbangan ya, Squad. Nah kalau kau merasa kesulitan dalam berguru matematika, coba deh gabung di ruangles! Belajar dibimbing oleh guru privat pilihan terbaik, di mana saja dan kapan saja! Gabung kini yuk!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Sekolah Penerbangan Di Indonesia"

Posting Komentar