Karakteristik Burung Walet Dan Kebiasaan Di Habitatnya

Burung walet dengan nama latin Aerodemus fuciphagas Aerodemus maxcimus termasuk salah satu jenis burung yang kini sangat terkenal di ternak pada banyak negara.

Untuk burung walet juga termasuk jenis burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka terbang tanpa henti. Dan selanjutnya meluncur terus di udara pada ketika siang hari.

Karakteristik Burung Walet ialah mempunyai warna yang gelap atau kehitaman bagaimana pun akan kembali pada sarang pada malam hari dan berada pada sarangnya.

Burung walet dengan nama latin Aerodemus fuciphagas Aerodemus maxcimus termasuk salah satu Karakteristik Burung Walet dan Kebiasaan Di Habitatnya
Karakteristik Burung Walet

Kemampuan dari burung walet dengan cara terbangnya cepat dengan penggalan dua sayapnya dan badannya yang ringan dan ukuran ukuran tubuhnya sedang.

Sayapnya berbentuk sabit yang sempit dan runcing dan bisa membawa burung walet terbang jauh tanpa henti melayang – layang diudara mencari makanan. Bagian sayap burung walet ini termasuk sejenis organ yang memang kuat.

Karakteristik burung walet penggalan kaki memang sangat kecil, jadi burung jenis ini tidak pernah hinggap di pohon atau diatas pohon atau pun di atas kabel listrik. Kemudian burung walet mempunyai semacam paruh yang sangat kecil.

Kebiasaan Burung Walet

Burung walet dengan nama latin Aerodemus fuciphagas Aerodemus maxcimus termasuk salah satu Karakteristik Burung Walet dan Kebiasaan Di Habitatnya
Kebiasaan Burung Walet

Selain karakteristik burung walet, ibarat halnya dengan jenis burung yang lainnya, burung ini juga kebiasaan yang dilakukan. Yaitu burung walet juga mempunyai kebiasaan tinggal secara alami di dalam gua atau rumah yang dibangun.

Asal saja tempatnya cukup lembab dengan cahaya remang-remang hingga dengan gelap. Rumah burung walet komersil kini ini dibangun di lokasi sesuai dimana ada banyak sumber masakan dan kondusif dari bahaya musuh atau dari penggangu. Paling Murah untuk membangun rumah burung walet pun memerlukan ratusan juta rupiah.

Lebih mahir burung walet tersebut akan memakai langit-langit dalam mulutnya untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan juga tempat berkembang biak.

Sarang burung walet inilah yang akan diambil dan dijadikan produk masakan untuk kesehatan yang bergizi.

Harga dari sarang burung walet yang siap dibersihkan ini mempunyai nilai ratusan ribu tiap kilogramnya dipasaran. Sarang burung walet dari Indonesia dan malaysia termasuk jenis kualitas premium terbaik di dunia.

Sifat Burung Walet

Di habitat aslinya, burung walet dijumpai bersarang di gua-gua yang terpencil. Biasanya, gua itu di tebing-tebing yang curam bersahabat maritim lepas. Pada sekitar gua pada umumnya dikitari oleh hutan lebat.

Walet lebih suka kalau tempat itu mempunyai perairan (sungai atau danau), padang rumput, dan pepohonan yang tinggi dan juga rimbun. Di tempat ibarat ini, banyak dihinggapi serangga-serangga kecil yang termasuk masakan dari burung walet.

Di negara kita, burung walet terdapat hampir di semua provinsi. Walet tidak suka dengan daerah-daerah yang tandus. Meski terbangnya tinggi, burung walet tidak suka dengan tempat dengan ketinggian lebih dari 1.500 m di atas permukaan laut.

Untuk lokasi sarang walet begitu butuh tempat yang lembab. Kelembaban ruang yang dibutuhkan sekitar 85-95%. Suhu ruangan yang cocok untuk walet antara 25 hingga dengan 29 0C.

Walet sangat menginginkan lokasi yang tenang, aman, serta belum terkotori oleh polusi udara. Burung Walet termasuk burung yang hidup secara berkelompok.

Meskipun anggota suatu kelompok sanggup pindah ke kelompok lain, tetapi tidak ada walet yang hidup memisahkan diri dari lainnya.

Jumlah anggota suatu kelompok walet berbeda-beda, semuanya tergantung dengan besar kecilnya tempat tinggal. Semakin besar tempat tinggal walet, maka semakin besar pula anggota kelompok dari burung walet.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Burung Walet Dan Kebiasaan Di Habitatnya"

Posting Komentar