Apa Saja Structure Of Information Report Text?

Apa Saja Structure of Information Report Text?

Squad, kalian sudah pernah mengetahui wacana information report text belum sih? Dalam bahasa Indonesia, information report text bisa diartikan sebagai teks laporan informasi. Teks laporan informasi yakni bentuk teks yang berisi klarifikasi detil ilmiah wacana suatu objek. Mau tau lebih lanjut mengenai jenis teks ini beserta strukturnya? Kuy!

Squad, klarifikasi dalam information report text juga mencakup penjabaran fisik objek maupun penjabaran nonfisik. Penjabaran tersebut didapat dari fakta-fakta ilmiah yang sanggup menunjukkan pemahaman pembaca mengenai objek pembahasannya. Oh iya, laporan informasi bukan sebuah teks berita, melainkan teks faktual ilmiah. Jangan hingga salah, ya!

Apa Saja Structure of Information Report Text?

Bentuk teks laporan informasi antara lain artikel-artikel ilmiah yang ada pada ensiklopedia. Tujuan komunikatif dari teks ini yakni untuk menginformasikan fungsi khusus suatu objek, atau dalam bahasa Inggris, to inform about certain functions of a participant.

Ternyata, teks laporan informasi itu hanya terdiri dari dua bagian. Kedua bab tersebut yakni general classification dan descriptions. Apa sih maksudnya kedua bab ini? Mari disimak! 

General Classification

General classification atau pembagian terstruktur mengenai umum merupakan pernyataan umum yang mengambarkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. Bagian ini menyatakan pembagian terstruktur mengenai aspek umum untuk hal-hal ibarat hewan, daerah umum, tanaman, dan lain-lain. Kayak apa tuh ya, contohnya? Contohnya ibarat ini, Squad: Coconut tree is a tree of the palm family. It is one of tree which lives in tropical countries. It is a tall palm tree. Cocos nucifera is binomial name of its. Jangan tertukar dengan bab deskripsi, ya! 

Descriptions

Descriptions (keterangan) merupakan bab dari teks laporan informasi yang menunjukkan citra fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan maupun tingkah lakunya. Pada intinya, bab ini menjabarkan pembagian terstruktur mengenai yang disajikan secara ilmiah. Bagian ini sanggup diidentifikasi dengan adanya penggunaan nama ilmiah objek yang dilaporkan, atau dengan klarifikasi fitur-fitur dan fungsi khusus yang dimiliki oleh objek yang bersangkutan. Misalnya ibarat kalimat yang satu ini, Squad! 

It can grow up to 30 m high. They have a single cylindrical trunk. At the top of the trunk there are pinnate leaves. They are about 3 to 4 m long and the pinnate 60 to 90 cm long. The fruit is oval and the diameter is about 30 cm long. It has thick husk and a hard shell. Inside the shell there is white meat and sweet liquid.

Mudah kan, Squad? Kalau kau masih belum ngerti dan mau lebih paham lagi, yuk berguru pakai ruangbelajar! Kamu sanggup nonton video berguru beranimasi, latihan soal, dan baca rangkuman hanya melalui 1 aplikasi aja, lho! Kuy, d0wnl0ad sekarang! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Structure Of Information Report Text?"

Posting Komentar