Menyusun Laporan Penelitian, Yuk!

laporan penelitian header

Squad, setelah kau melaksanakan penelitian, apa sih yang kau lakukan setelah itu? Yap, betul banget! Kamu harus menciptakan laporan penelitian. Sudah pernah menciptakan laporan penelitian sebelumnya? Sekarang, coba menyusun laporan penelitian, yuk! 

Sebenarnya, laporan penelitian itu apa, sih? Laporan penelitian sebetulnya merupakan satu kesatuan teladan pikir ilmiah yang disusun secara sistematis dalam sebuah tulisan. Laporan penelitian berisi segala informasi maupun catatan yang diperoleh sesorang peneliti, baik sebelum mengadakan penelitian, dikala penelitian, maupun sehabis penelitian. Makara sebetulnya laporan penelitian itu tidak sesederhana yang dipikirkan, ya. Tapi, bukan berarti kau nggak dapat membuatnya. Kita coba bahas bareng-bareng, yuk! 

Menyusun Laporan Penelitian, Yuk!

Yuk, mulai menyusun laporan penelitianmu! (Sumber: Shutter Stock)

Bagian Rancangan Penelitian

Sesuai dengan namanya, rancangan penelitian tentu disusun sebelum kau mulai mengadakan penelitian. Apa saja sih, yang harus kau tulis di dalam rancangan penelitian? Pada bab ini, kau harus menulis problem penelitian, tinjauan pustaka dan metodologi yang digunakan. Dijelaskan dengan sejelas mungkin, ya! 

Pembahasan dan Analisis Hasil Penelitian

Pada pembahasan dan analisis hasil penelitian, kau harus mengubah data mentah yang sudah kau olah menjadi kalimat. Dengan kata lain, kau harus menarasikan data yang sudah kau peroleh. Tetapi kau masih boleh menyertakan tabel data atau grafik yang mendukung pernyataanmu, kok. 

Kesimpulan

Squad, penelitian yang baik tidak hanya menawarkan kesimpulan, tapi juga menawarkan evaluasi. Jadi, sebenarnya, kesimpulan itu apa, ya? Kesimpulan merupakan pernyataan singkat, jelas, dan sistematis dari keseluruhan hasil analisis. Nah, untuk menarik kesimpulan, kau dapat membuatnya dengan memakai logika deduktif dan logika induktif. Apa sih, logika deduktif dan logika induktif itu? 

Jadi, logika deduktif ialah proses berpikir yang dimulai dari hal umum ke hal-hal yang bersifat lebih khusus. Logika deduktif juga disebut dengan teladan pikir umum-khusus. Wah, jika logika induktif itu berarti kebalikannya dong? Yap! Logika induktif merupakan teladan pikir yang dimulai dari hal yang lebih spesifik, gres lalu ke hal yang lebih umum, gres lalu kesimpulan dapat ditarik. 

Wah, kini kau sudah siap belum untuk menciptakan laporan penelitian sendiri? Kalau kau belum siap, jangan khawatir! Kamu cuma perlu berlatih lebih keras lagi, Squad. Yuk, berguru menciptakan laporan penelitian sambil nonton video berguru di ruangbelajar. Download kini untuk dapat buat #BelajarJadiMudah ya, Squad!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyusun Laporan Penelitian, Yuk!"

Posting Komentar