Belajar Mengolah Dan Menganalisis Data Kualitatif

bagaimana cara mengolah data kualitatif

Squad, siapa di antara kalian yang ingin menjadi peneliti? Kira-kira, sesudah kalian mendapat data, apa yang harus kalian lakukan ya sebagai peneliti? Datanya diproses menyerupai apa, ya? Nah, kalau penelitian yang sedang kau kerjakan merupakan penelitian kualitatif, datanya tentu saja data kualitatif, kan? Tentu saja data tersebut harus kau olah dengan metode yang sesuai untuk penelitian kualitatif. Mau tau caranya? Kuy simak!

Dalam penelitian kualitatif, yang perlu dilakukan olehmu sebagai peneliti yaitu menciptakan catatan lapangan, melaksanakan pemilihan data yang sekiranya penting untuk mendukung argumen dalam laporan penelitian, dan melihat hubungan antardata yang sudah dikumpulkan. Ada 4 model analisis dalam penelitian kualitatif yang harus kau pahami. Keempat model analisis tersebut yaitu pengumpulan data, reduksi dan kategorisasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Yuk dibahas satu persatu! 

Belajar Mengolah dan Menganalisis Data Kualitatif

Yuk, mengolah data! (Sumber: Shutter Stock)

Pengumpulan Data

Sebagai peneliti, hal yang harus kau lakukan pada tahap ini yaitu mengumpulkan seluruh catatan lapangan berdasarkan pertanyaan yang telah dilakukan. Masih ingat kan, bagaimana cara mengumpulkan data kualitatif? Jangan lupa, kau dapat mengumpulkan data kualitatif dengan cara observasi, wawancara mendalam, kajian dokumen, dan focus group discussion, ya. 

Baca Juga: Teknik Mengumpulkan Data pada Penelitian Kualitatif

Reduksi dan Kategorisasi Data

Sesuai dengan namanya, dengan melaksanakan reduksi data berarti kau menentukan data mana saja yang relevan dipakai untuk memperkuat laporan penelitianmu. Menurut Miles, reduksi data merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan, dan transformasi data bergairah yang muncul dari data-data lapangan. Kamu perlu melaksanakan reduksi data alasannya pada umumnya, data kualitatif sangat banyak, terutama dari hasil wawancara dan observasi. Setelah melaksanakan reduksi data, kau harus melanjutkannya ke kategorisasi data. Data tersebut dapat kau kategorikan sesuai dengan kebutuhanmu, contohnya data berdasarkan tanggal, karakteristik informan, atau lokasi penelitian. Sebagai peneliti kualitatif, kau juga harus dapat melaksanakan interpretasi data dengan baik, ya! 

Display Data

contoh display data dalam pengolahan data

Kamu juga harus dapat melaksanakan teknik display data, nih. Masih berdasarkan Miles, display data merupakan analisis merancang deretan dan kolom sebuah metriks untuk data kualitatif dan menentukan jenis serta bentuk data yang dimasukkan ke dalam kotak-kotak metriks tersebut. Kamu dapat menampilkan data tersebut ke dalam bentuk naratif, bagan, flow chart, dan lain-lain. Ada yang sudah pernah melaksanakan teknik display data? Kamu menampilkannya dalam bentuk apa, nih? 

Penarikan kesimpulan

Setelah kau melaksanakan tahap pengolahan data di atas, hal selanjutnya yang harus kau lakukan yaitu menarik kesimpulan. Kesimpulan yang kau tuliskan harus meliputi informasi-informasi penting dalam penelitianmu secara garis besar. Kesimpulan tersebut juga harus ditulis dalam bahasa yang gampang dimengerti pembaca dan tidak berbelit-belit. 

Wah, ternyata mengolah data kualitatifnya tidak susah ya, Squad! Makara bagaimana, masih semangat ingin jadi peneliti, kan? Supaya kau dapat mencapai impian menjadi peneliti, kau harus berguru dengan rajin. Yuk, berguru dengan guru privat terbaikmu di ruangles! Ada aneka macam guru privat terbaik yang dapat kau pilih sesuai kriteriamu. Kuy, berguru dengan ruangles kini agar kau dapat jadi juara!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Mengolah Dan Menganalisis Data Kualitatif"

Posting Komentar