Besaran, Satuan, Dimensi Dalam Pengukuran Fisika

Fisika_Header (6)-1

Ketika Pak Habibie membuat sebuah pesawat, dia harus melaksanakan pengukuran dengan akurasi dan tingkat presisi yang tinggi. Jika ada kesalahan pengukuran sedikit saja dalam pembuatannya, maka sanggup berakibat fatal pada fungsi pesawat. Bahkan sanggup mengakibatkan kecelakaan, wah ngeri ya, Squad? Maka dari itu, Pak Habibie harus memahami mengenai besaran, satuan, dan dimensi dengan baik. Eits, tentu saja ini juga berlaku untuk ilmuwan lain termasuk kau calon ilmuwan di masa depan. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas bersama di bawah ini ya!

1. Besaran dan Satuan

Besaran dalam fisika diartikan sebagai sesuatu yang sanggup diukur, serta mempunyai nilai besaran (besar) dan satuan. Sementara, satuan dipakai sebagai pembanding dalam pengukuran. Satuan Internasional (SI) yaitu satuan hasil konferensi para ilmuwan di Paris, yang membahas perihal berat dan ukuran. Nah Squad, menurut satuannya, besaran terdiri dari besaran pokok dan besaran turunan.

a. Besaran Pokok

Merupakan besaran yang menjadi dasar untuk memutuskan besaran yang lain. Satuan besaran pokok disebut satuan pokok dan telah ditetapkan terlebih dahulu menurut janji para ilmuwan. Besaran pokok sifatnya bebas, artinya tidak bergantung pada besaran pokok yang lain. Berikut, disajikan besaran pokok yang telah disepakati oleh para ilmuwan.

Besaran pokok

b. Besaran Turunan

Merupakan turunan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan menggabungkan beberapa satuan besaran pokok. Paham ‘kan sampai di sini? Berikut merupakan beberapa teladan besaran turunan beserta satuannya, perhatikan ya.

besaran turunan

2. Dimensi

Cara besaran tersebut tersusun atas besaran-besaran pokoknya dinamakan dimensi. Pada sistem Satuan Internasional (SI), ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok suplemen tidak berdimensi. Cara penulisannya dinyatakan dengan lambang abjad tertentu dan diberi tanda kurung persegi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut!

besaran dimensi

Kamu sanggup mencari dimensi suatu besaran lain dengan cara mengerjakan menyerupai pada perhitungan biasa, lho. Untuk penulisan perkalian pada dimensi, biasa ditulis dengan tanda pangkat positif dan untuk pembagian ditulis dengan tanda pangkat negatif.

Sekarang, coba kita tentukan dimensi besaran-besaran berikut ya:

  • Luas (L) = panjang × lebar = [L] × [L] = [L]²
  • Volume (V) = panjang × lebar × tinggi = [L] × [L] × [L] = [L]³

Agar kau tahu, dimensi mempunyai dua kegunaan:

Analisis Dimensional

Suatu cara untuk memilih satuan dari suatu besaran turunan, dengan cara memerhatikan dimensi besaran tersebut.

Screen Shot 2018-05-08 at 16.10.36Screen Shot 2018-05-08 at 16.15.35

Menunjukkan Kesetaraan Beberapa Besaran

Selain dipakai untuk mencari satuan, dimensi juga sanggup dipakai untuk memperlihatkan kesetaraan beberapa besaran yang terlihat berbeda.

Screen Shot 2018-05-08 at 16.34.14

Latihan Soal

Nah, sesudah menyimak artikel di atas, kini yuk coba kau latih diri dengan beberapa soal berikut:

- Sebutkan 3 sistem SI dari besaran pokok yang sering kau jumpai!

- Apakah perbedaan besaran pokok dan besaran turunan? Jelaskan!

- Besarnya massa jenis suatu benda yang mempunyai massa m dan luas alasnya A, dinyatakan dengan persamaan:

Screen Shot 2018-05-09 at 15.37.20

 

 

Jika g suatu konstanta, maka tentukan dimensi dan satuannya!

 

Yuk Squad, jawab pertanyaan tersebut di kolom komentar ya! Kalau kau masih merasa resah dalam pengerjaannya, sanggup tanya di ruanglesonline ya. Akan ada tutor yang membantumu untuk memahami rumus serta memperlihatkan penjelasannya. Buatlah #BelajarJadiPraktis dari sekarang!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Besaran, Satuan, Dimensi Dalam Pengukuran Fisika"

Posting Komentar