Tips Dan Cara Merawat Burung Alap-Alap Yang Benar

Burung alap-alap termasuk salah satu burung yang manis untuk dipelihara. Hal ini disebabkan lantaran kenampakan burung ini yang terlihat gagah dan tangguh dan jantan.

Burung alap-alap ini ciri cirinya juga ibarat dengan rajawali dan juga dengan burung elang. Bentuk tubuhnya, kepingan sayap dan paruhnya juga terlihat sangat mirip, akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil kalau dibandingkan dengan burung rajawali atau elang.

Burung alap-alap di kepingan sayap tampak lebih sempit dan juga lebih runcing. Untuk paruhnya juga sedikit lebih pendek dan melengkung. Sedangkan di kepingan kepalanya sedikit membulat.

Kemudian pada kepingan iris matanya gelap dan gaya terbangnya lebih cepat serta terhitung akrobatis.

Ciri ciri Burung Alap Alap

Ternyata burung ala-alap ini mempunyai daya penglihatan yang lebih tajam yaitu 2,6 kali lipat kalau dibandingkan dengan kita manusia.

Burung ini juga juga bermanfaat dan membantu petani sawah, lantaran alap alap yakni salah satu jenis burung predator tikus sawah. Maka dari itu, berbagai petani yang memelihara burung pemakan tikus ini.

alap termasuk salah satu burung yang manis untuk dipelihara Tips dan Cara Merawat Burung Alap-Alap Yang Benar
Ciri ciri Burung Alap Alap

Makanan utama burung alap alap yaitu berupa serangga. Kemudian tempat hidupnya berada di sekitar hutan dataran rendah serta kebun campuran. Ukuran tubuhnya tidak mengecewakan kecil yaitu sekitar 25 cm dengan warna kerat dan hitam kemudian sayap yang panjang.

Burung alap-alap ini di kepingan kepala dan badan atasnya berwarna abu-abu gelap dengan sedikit corak kebiruan, sedangkan badan kepingan bawahnya cokelat berangan.

Burung ini lebih kerap tampak beristirahat di pohon kalau dibandingkan istirahat di kerikil cadas. Sarangnya umumnya berada di pohon besar atau sarang bekas burung yang lain.

Burung alap-alap ini telurnya berwarna krem dengan bintik hijau dan coklat. Biasanya telurnya berjumlah 4 butir saja. Untuk jenis alap-alap macan sanggup anda jumpai di tempat Asia tropis, Indonesia. Diantaranya di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua.

Cara Merawat Burung Alap Alap

Burung alap alap merupakan binatang predator yang sangat buas dan pastinya mempunyai cakaran kuku di kaki yang cukup tajam dan sanggup merobek mangsanya.

Namun apabila kita merawatnya semenjak kecil, binatang ini sanggup menadi jinak dan penurut ibarat pada burung hantu yang juga mempunyai kuku runcing serta tajam di kepingan kakinya.

 

alap termasuk salah satu burung yang manis untuk dipelihara Tips dan Cara Merawat Burung Alap-Alap Yang Benar
Cara Merawat Burung Alap Alap

Karena alap alap termasuk predator atau pemakan daging, cara mmerawat burung alap alap pastinya sangat menantang dan memerlukan pengalaman yang sudah matang untuk merawat binatang yang satu ini.

Sebab populasi burung elang ini juga telah langka dan sudah terancam kepunahan.

Cara merawat burung alap alap, sebaiknya anda menyebarkan tangkringan atau tempat alap alap itu tinggal. Burung alap alap tidak perlu dibuatkan kandang, cukup dibuatkan perch.

Apabila ingin menciptakan tangkringanya terutama untuk burung alap-alap cukup dengan menggunakan pipa pvc yang berbentuk ibarat karakter T serta dengan kaleng cat bekas yang di isi semen padat.

Kemudian tancapkan pipa yang telah berbentuk hurup T ke kaleng kemudian sanggup masukan semen. Tangkringan sanggup anda pakai untuk semua jenis burung hantu serta Barn Owl.

Untuk derma makan burung alap alap ini juga sanggup terbilang mudah. Cara merawat burung alap alap dalam hal masakan anda sanggup berikan daging segar seperti, daging ayam segar, daging tikus atau mencit, daging sapi segar dan lain sebagainya. Anda sanggup memberinya makan 3x sehari, dari pagi, siang, dan sore.

Apabila anda hendak memandikan burung alap alap maka cukup dengan di lap saja dengan menggunakan air hangat.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dan Cara Merawat Burung Alap-Alap Yang Benar"

Posting Komentar