Tahukah Kau Asal Terjadinya Energi?

terjadinya energi

RG Squad, kau tahu nggak sih apa itu energi? Pasti kau sering mendengarnya ‘kan pada kata-kata menyerupai minuman berenergi atau energi tenaga surya? Nah, ternyata definisi mudahnya yaitu kemampuan melaksanakan sebuah usaha. Secara garis besar, bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu 1) energi potensial; 2) energi kinetik. Energi potensial ialah energi yang dimiliki akhir posisi letak atau strukturnya terdapat di dalam benda diam. Sementara itu, energi kinetik yaitu energi yang dimiliki alasannya gerakannya. Coba sekarang, kau cari tahu benda manakah di atas bumi yang tidak mempunyai energi?

terjadinya energi

Aki kendaraan beroda empat merupakan energi potensial (Sumber: indotrading.com)

Well, tentu saja tidak ada. Semua materi mempunyai energi. Kok bisa? Jawabannya alasannya semua materi mempunyai massa (berat). Hal itulah yang mengakibatkan benda di atas bumi ini mempunyai energi. Selain benda, gelombang juga punya energi, lho yang didefinisikan sebagai berikut:

terjadinya energi

Hukum Kekekalan Energi

Semua perubahan pada benda niscaya mengaitkan yang namanya energi, termasuk kita juga sebagai manusia. Perubahan sedari lahir hingga dewasa, kita terus memakai energi ‘kan? Ilmu yang mempelajari perubahan energi ini disebut dengan termodinamika. Di dalamnya dipelajari hubungan kuantitatif antara kalor dan energi lainnya. Peranannya penting dalam kehidupan dan bisa mengambarkan secara ilmiah perihal perubahan-perubahan. Bahkan hingga dikala ini, salah satu ilmu termodinamika yang masih diakui ialah aturan termodinamika pertama.

Energi bersifat kekal, begitu suara dari aturan termodinamika pertama. Energi juga tidak sanggup diciptakan dan dimusnahkan. Buktinya, seseorang bisa menyalakan lampu senter (energi cahaya), tetapi cahaya itu tidak muncul dengan sendirinya. Melainkan, berasal dari sel kering atau baterai yang menyimpan energi kimia dan berkembang menjadi energi cahaya. Maka, hal yang sanggup dilakukan insan hanyalah mengubah bentuk energi saja. Secara termodinamika, pernyataan tersebut sanggup ditulis menyerupai ini:

terjadinya energi

Sementara, kerja sanggup dituliskan sebagai kerja volume dengan rumus:

terjadinya energi

Tanda minus diberikan biar sesuai dengan aturan bahwa kerja akan diberi notasi positif jikalau dikenai pada sistem, dan diberi notasi negatif jikalau sistem melaksanakan kerja.

Perbedaan Sistem dan Lingkungan

Ilmu yang mempelajari perubahan panas dalam reaksi kimia disebut termokimia. Terdapat beberapa istilah yang sering ditemui dalam termokimia, yaitu:

A. Sistem

Sistem merupakan belahan yang sedang diamati perubahan energinya. Misalnya dikala kau sedang mengamati proses pelarutan garam di dalam air, maka garam dan air ialah sistem. Sistem dibagi menjadi tiga, yaitu sistem terbuka, tertutup, dan terisolasi.

terjadinya energi

Sistem terbuka, sistem tertutup, dan sistem terisolasi. (Sumber: davidjohnewart.com)

1) Sistem terbuka merupakan benda maupun energi yang sanggup keluar masuk sistem. Misalnya, melarutkan garam dapur di beaker glass yang terbuka.

2) Sistem tertutup akhir benda tidak sanggup keluar masuk sistem, tetapi energi masih sanggup keluar masuk. Misal mengamati perubahan panas pada reaksi pelarutan di beaker glass yang tertutup. Walau materi tidak sanggup keluar masuk, tetapi energi masih bisa keluar masuk yang ditandai dengan panas yang melekat pada dinding gelas.

3) Sistem terisolasi, yaitu sistem yang tidak memungkinkan terjadinya pertukaran benda dan energi. Contohnya ialah air dalam termos panas yang masih baik. Air panas yang disimpan dalam termos dibutuhkan tidak mengalami perubahan panas dan volume air tidak berkurang. Dengan demikian, baik benda maupun energi panas tidak mengalami perubahan.

Agar kau lebih memahami perbedaannya, lihat tabel di bawah ini ya:

B. Lingkungan

Lingkungan merupakan belahan luar sistem. Contoh dalam proses pelarutan garam dapur tersebut, maka belahan yang selain garam dapur dan air merupakan lingkungan, contohnya udara di sekitarnya.

Screen Shot 2018-04-24 at 12.45.39

Soal latihan

Nah Squad, kini coba kau bayangkan ya. Jika terdapat sebuah termos yang bekerja dengan sistem isolasi, dan kau menyimpan 3 L air pada suhu 80 °C, maka ketika dibuka pada waktu yang berbeda, berapakah suhu dan volumenya?

Tulis tanggapan kau di kolom komentar ya! Jangan lupa untuk terus asah kemampuanmu di pelajaran kimia bareng ruangles. Temukan guru terbaik versimu sendiri untuk menemani #BelajarJadiHebat! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

New Call-to-action

 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kau Asal Terjadinya Energi?"

Posting Komentar