Matematika Kelas 7 | Cara Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga

Matematika_7

Eh, jadi nggak nih kita cari buku Matematika bareng?”

“Jadi dong. Ketemuan di taman segitiga deket pos satpam komplek ya. Jam 4 sore gimana?”

“Oke deh. Kalau saya belum dateng tungguin ya”

“Siap”

Squad, kedua sahabat kita tadi risikonya bertemu di sebuah taman berbentuk segitiga di akrab komplek perumahan mereka.

Sebentar. Taman segitiga? Memangnya ada? Kebanyakan yang ada itu taman berbentuk segiempat, atau bahkan taman menyerupai ini yang kau sering datangi.

taman mini - keliling dan luas segitiga

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (sumber: expedia.com )

Yah, kalau taman menyerupai gambar di atas itu tadi Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Taman segitiga di komplek perumahan nggak sebesar itu. Biasanya, taman segitiga itu luasnya menyerupai ini.

taman segitiga cimahi

 Contoh taman segitiga. Taman Segitiga di kawasan Cimahi, Bandung. (sumber: jabarprov.go.id)

Nah, wujud taman segitiga itu ya menyerupai itu tadi Squad. Di artikel kali ini kita akan membahas perihal cara menghitung keliling dan luas segitiga. Ini juga sanggup diterapkan untuk menghitung keliling dan luas taman yang bentuknya segitiga lho, Squad.

 

1. Menghitung Keliling Segitiga

Apakah menghitung keliling segitiga harus dilakukan dengan berlari mengelilingi lapangan segitiga tersebut? Bukannya hasil yang didapat, kau malah mencicipi kelelahan, kecuali kalau kau memang niatnya untuk jogging mengelilingi taman, wah itu sehat namanya.

(sumber: giphy.com)

Perlu kalian ketahui nih Squad, keliling suatu bangkit datar merupakan gabungan dari jumlah panjang sisi yang membatasinya. Kalau segitiga itu kan ada tiga sisi, jadi kalau mau menghitung kelilingnya sanggup dihitung dengan cara menjumlahkan panjang dari setiap sisi dari segitiga tersebut.

keliling dan luas segitiga

(sumber: rumus-matematika.com)

Coba Squad perhatikan segitiga di atas. Ada 3 sisi yakni AB, BC, dan CA. Nah, untuk menghitung keliling segitiga memakai rumus

 

2. Menghitung Luas Segitiga

Ada dua cara nih Squad untuk mencari tahu luas sebuah segitiga. Ada yang menghitung berdasarkan alas dan tinggi segitiga. Ada juga yang menghitung berdasarkan panjang sisinya.

A. Berdasarkan bantalan dan tinggi

Menghitung luas segitiga itu nggak sulit kok Squad. Coba kau lihat segitiga ABC berikut.

 

(sumber: rumusdasar.com)

Nah, kalau kalian perhatikan, ada garis putus-putus (garis bantuan) yang selalu tegak lurus dari bantalan segitiga ke klimaks segitiga. Kalau digambar tersebut t yaitu tinggi dan a yaitu alas.

Lalu, gimana rumus untuk menghitung luas segitiga berdasarkan bantalan dan tinggi? Ini dia

 Mudah bukan? Hanya menghitung setengah dikali bantalan dikali tinggi.

 

B. Berdasarkan panjang sisi

Selain memakai menggunakan bantalan dan tinggi, rumus luas segitiga sanggup dicari menggunakan panjang ketiga sisinya. Coba perhatikan segitiga berikut.

(sumber: tarokutu.com)

Coba deh kau perhatikan segitiga ABC tersebut.

Panjang BC = a

Panjang CA = b

Panjang AB = c

Panjang masing-masing sisi segitiga tersebut bila dijumlahkan akan mendapat hasil keliling segitiga. Coba lihat lagi rumus keliling segitiga.

Nah, untuk mencari luas segitiga berdasarkan panjang sisinya, maka kau harus mencari besar dari setengah keliling segitiga yang dilambangkan dengan s.

Setelah mendapat hasil dari setengah keliling segitiga (s), tinggal kau masukin deh rumus untuk menghitung luas segitiga berdasarkan panjang sisi.

Supaya kau semakin paham dengan cara menghitung keliling dan luas segitiga, coba jawab latihan soal berikut ya dan berikan balasan yang berdasarkan kau benar di kolom komentar.

Ingin berguru matematika bareng teman-teman di seluruh Indonesia? Ada grup berguru Ruangguru digitalbootcamp. Ada grup berguru matematika yang asyik dan seru banget plus dibimbing sama abang tutor yang berpengalaman juga lho. Gabung kini yuk.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Matematika Kelas 7 | Cara Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga"

Posting Komentar