Langkah-Langkah Menciptakan Announcement

Bahasa Inggris_10

Squad, pernahkah kau melihat pengumuman yang terpasang di mading sekolah? Nah, biar kau sanggup memahami dan gampang dalam menciptakan sebuah pengumuman yang baik dalam bahasa Inggris, kali ini kita akan mempelajari “How to make an announcement”. Announcement yaitu suatu pernyataan tertulis atau verbal di depan umum memakai kata-kata formal maupun tidak formal yang berisi gosip wacana insiden yang telah terjadi atau akan terjadi sehingga masyarakat umum tahu apa, kapan, dan di mana suatu event akan dilakukan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika menciptakan pengumuman yaitu pastikan bahwa jenis tenses yang digunakan dalam sebuah announcement yaitu Present Tense dan Simple Future. Kaprikornus dalam menciptakan pengumuman dalam bahasa Inggris, kau tidak sanggup memakai jenis tenses lainnya, contohnya past tense. Lalu, ibarat apa ya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menciptakan pengumuman berbahasa Inggris? Yuk, kita pelajari.

1. Tentukan Tujuan

Mari kita lihat pola pengumuman berikut ini.

Contoh pengumuman

Tujuan dari announcement ini yaitu biar para karyawan ataupun klien yang bekerjasama dengan kantor tersebut tahu bahwa kantor tersebut akan tutup alasannya yaitu ada perpindahan tempat. Hal itu sanggup terlihat pada kalimat West Colombia Office will be closed for moving.

2. Tentukan kalimat awal

Kalimat awal dalam sebuah announcement sangat penting untuk menarik perhatian pembaca, kalimat awal sebaiknya tidak eksklusif masuk kedalam pokok permasalahan, alasannya yaitu kalau itu terjadi maka para pembaca announcement tidak akan lagi membaca hingga ke selesai announcement tersebut. Dari announcement di atas kita tahu bahwa kalimat awal yang digunakan yaitu MOVING DAY IS HERE!!! Kalimat ini sanggup jadi sebagai kalimat pembuka, juga sanggup jadi mengatakan maksud atau tujuan dari announcement ini dibuat.

3. Singkat dan jelas

Announcement haruslah singkat dan jelas, tidak terlalu panjang atau tidak berisi klarifikasi yang bertele-tele. Perhatikan pola announcement di atas, disana hanya terdiri dari 11 baris yang kesemuanya singkat, terang dan padat. Hal-hal ibarat nama tempat, waktu, nomor telpon, dan lain-lain jangan hingga terlewat.

Contoh :

Friday, April 29th 2017,

Monday, May 2nd 2017

Palm grove house, Road town, Tortola.

Latihan Soal

Exercise 1

Look at the announcement below,

Soal pengumuman

Who is Deniz Erguvan?

  1. He is a lecture from English Department
  2. He is a contact person from English Department
  3. He is a person from Foundation Department
  4. He is a student who made the annnouncement?
  5. He is the participant of the quiz.

Jawaban :  B

Pembahasan : tanggapan yang sempurna yaitu B alasannya yaitu pada keterangan dibagian bawah announcement tertulis untuk menghubungi Deniz Erguvan, jadi ia yaitu contact person pada announcement

Mudah ‘kan Squad? Jadi, ketika melihat atau menciptakan pengumuman jangan lupa untuk selalu memerhatikan gosip pentingnya ya. Agar pembaca sanggup dengan gampang memahami pengumuman apa yang sedang disampaikan. Jika kau masih merasa kesulitan dalam mencar ilmu bahan bahasa Inggris, kau sanggup lho mencar ilmu seru dengan menonton video mencar ilmu di ruangbelajar. Yuk, berlangganan sekarang!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Menciptakan Announcement"

Posting Komentar