Disentuh Teknologi, Pertumbuhan Industri Hiburan Kian Melesat

Technologue.id, Jakarta – Industri hiburan tanah air sedang mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Produk ekonomi kreatif ibarat film, ekspo dan konser musik, pameran seni, sampai atraksi hiburan banyak digandrungi masyarakat, khususnya anak muda.


Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan bahwa seiring dengan prospek perekonomian Indonesia, Ekonomi Kreatif termasuk di dalamnya industri hiburan di Indonesia turut ditargetkan akan menjadi salah satu kekuatan industri kreatif dunia.


Baca Juga:

7 Pandangan Industri Hiburan Tahun Ini Versi Loket


Merujuk pada data Badan Ekonomi Kreatif dalam laporan OPUS Outlook 2019, pada tahun 2016 bantuan Ekonomi Kreatif terhadap perekonomian nasional tercatat sebesar 7,44 persen dan diproyeksikan akan terus meningkat sampai mencapai 10 persen.


“Industri hiburan sebagai salah satu bab dalam industri kreatif ini juga mempunyai pangsa pasar yang tak terbatas. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir terus mengatakan tren pertumbuhan yang positif,” terang Ricky Joseph Pesik.


Baca Juga:

Loket Catat Pencapaian Gemilang di Industri Hiburan Selama 2018


Dikatakan Ricky, Film, animasi dan video bahkan masuk ke dalam sektor dengan pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 10,09 persen, serta seni dan pertunjukkan sebesar 9,54 persen. Sementara itu, musik tercatat sebesar 7,59 persen.


“Saya optimis industri hiburan sanggup terus mengatakan pertumbuhan kasatmata ke depan dan menjadi kekuatan gres bagi industri kreatif Indonesia,” ucapnya.


Pertumbuhan kasatmata ini, dijelaskan Ricky, terjadi sesudah ada teknologi. Salah satunya didorong oleh revolusi di sistem ticketing.


“Teknologi sudah menjadi keniscyaan. Semua ekonomi ialah ekonomi digital. Porsi yang konvensional akan hilang dan beralih memanfaatkan digital,” tuturnya.


Mendukung fakta tersebut, Anvid Erdian, VP Business Development Loket, meyakini bahwa positifnya pertumbuhan industri ini juga tidak lepas dari pertumbuhan generasi milenial usia 20 – 35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta sebagai konsumen terbanyak industri hiburan. Jumlah tersebut merupakan pasar terbesar bagi industri hiburan sampai beberapa tahun kedepan.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disentuh Teknologi, Pertumbuhan Industri Hiburan Kian Melesat"

Posting Komentar