Pengertian Dan Struktur Teks Diskusi

Bahasa Indonesia_9.jpg

Squad, tentu kalian pernah melaksanakan acara diskusi bersama dengan sobat kalian. Dalam suatu acara berdiskusi formal, biasanya akan menghasilkan teks diskusi. Teks diskusi ini dibentuk untuk mendokumentasikan, mencatat, atau menyimpan hal-hal penting dalam suatu pertemuan ilmiah biar sanggup dipakai kembali ketika dibutuhkan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai apa itu teks diskusi, pertama-tama mari terlebih dahulu kita kenali apa itu diskusi. Diskusi merupakan pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Jadi, sanggup dikatakan teks diskusi yaitu materi tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting perihal suatu duduk kasus dalam pertemuan ilmiah. Teks diskusi sanggup terdiri atas pendapat-pendapat yang muncul dalam diskusi, ibarat pendapat yang menyetujui atau yang menolak hasil diskusi.

pengertian dan struktur teks diskusiKegiatan diskusi di kelas (Sumber: facultyfocus.com)

Struktur Teks Diskusi

1. Isu

Isu yaitu unsur dalam teks diskusi yang berisi citra atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam acara diskusi.

Contoh: Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas yaitu pemilihan pengurus desa.

2. Argumen

Argumen dalam teks diskusi yaitu aneka macam pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut sanggup berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung.

Contoh: Berbagai pendapat dalam pertemuan ini yaitu …

3. Simpulan atau saran

Simpulan dalam teks diskusi yaitu hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk aneka macam pihak.

Contoh: Pada akhirnya, semua kandidat pun dilantik untuk masa bakti 5 tahun ke depan.

ciri-ciri teks diskusi

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Dalam teks diskusi terdapat konjungsi pertentangan dan perbandingan. Konjungsi kontradiksi yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan kontradiksi atau perlawanan. Konjungsi perbandingan yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan perbandingan.

Tanda koma dipakai sebelum konjungsi pertentangan, yaitu sebelum kata sedangkan, tetapi dan melainkan. Konjungsi pertentangan terdiri atas beberapa konjungsi, antara lain:

1. ….,sedangkan…..

Konjungsi sedangkan dipakai di dalam kalimat yang subjeknya berbeda

Contoh: Amir akan berguru bahasa Indonesia, sedangkan Farhan akan berguru bahasa Inggris.

2. ….,tetapi….

Konjungsi tetapi dipakai di dalam kalimat yang subjeknya sama dan sanggup dipasangkan dengan kata tidak.

Contoh: Gina berkeinginan pergi ke Bali, tetapi tidak mempunyai waktu luang.

3. …..,melainkan….

Konjungsi melainkan dipakai di dalam kalimat yang subjeknya sama dan sanggup dipasangkan dengan kata bukan.

Contoh: Dia bukan seorang guru, melainkan seorang dosen.

Konjungsi perbandingan hanya terdiri atas konjungsi ….lebih….daripada….. Konjungsi ini hanya dipakai untuk dua hal yang dibandingkan. Konjungsi lebih hanya sanggup dipasangkan dengan konjungsi daripada.

Contoh: Haris lebih menyukai teh daripada kopi.

Mudah 'kan Squad? Jadi, jikalau nanti suatu ketika kau ditugaskan untuk mencatat acara diskusi, kau sudah sanggup mengerjakannya dengan baik. Mau #BelajarJadiMudah? Yuk, berguru bersama dengan Ruangguru On-The-Go. Tonton ribuan video berguru beranimasi tanpa kuota dan kuis latihan untuk membantumu lebih gampang memahami materi.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Struktur Teks Diskusi"

Posting Komentar