Mengenal Acara Penduduk Di Dataran Rendah Dan Pegunungan

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan

Squad, kau tinggal di kawasan mana? Di kawasan dataran rendah atau di pegunungan? Nah, menyerupai yang kita ketahui, setiap kawasan mempunyai karakteristiknya masing-masing yang sangat beragam. Baik itu karakteristik individu maupun acara kelompok dan alam sekitarnya. Kira-kira apa saja ya, yang teman-teman kita lakukan untuk bertahan hidup di kawasan lingkungannya? Kuy, kini kita mengenal aktivitasnya. Keep scrolling ya! 

Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah

Tahukah kamu, dataran rendah di Indonesia merupakan dataran aluvial, lho! Apa sih, dataran aluvial itu? Dataran aluvial ialah dataran hasil endapan air. Oleh lantaran itu, tanahnya masuk dalam kategori yang subur untuk dimanfaatkan di bidang pertanian, perkebunan, pemukiman, bahkan untuk kegiatan industri. 

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan

Daerah pantai juga termasuk dataran rendah, lho. Di sana banyak penduduknya yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan membudidayakan tambak. Hasil maritim yang ditambak ternyata tidak cuma ikan, tetapi juga udang. Psst, di Pantai Timur Sumatera dan Pantai Utara Jawa ternyata banyak yang membudidayakan tambak udang. Selain itu, Lampung juga sudah memulai membangun tambak udang percontohan. 

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan

Aktivitas Tambak Udang di Lampung (Sumber: lampungprov.go.id)

Meskipun demikian, tidak semuanya daerah subur, lho. Ternyata, ada juga yang kondisinya kurang subur, contohnya kawasan rawa-rawa yang sanggup kita temukan di Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan PegununganAktivitas Penduduk di Daerah Pegunungan

Squad, udara di kawasan pegunungan tergolong sejuk, ya! Udara yang sejuk tersebut disebabkan oleh angin dari arah maritim yang bergerak ke atas dikala hingga di kawasan pegunungan. Selain itu, di kawasan pegunungan juga sering terjadi hujan. Karena hujan sering turun, tanah yang ada di sekitarnya menjadi subur dan banyak mengandung humus. Karena kesuburan tanahnya itu, maka banyak penduduk di kawasan pegunungan yang mencari nafkah di bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu flora yang ditanam di kawasan pegunungan ialah kina, kopi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Squad, selain di bidang pertanian dan perkebunan, kawasan pegunungan juga sanggup dimanfaatkan untuk penyaluran hasil hutan. Hal ini dikarenakan di kawasan pegunungan biasanya juga terdapat hutan. Hasil hutan yang disalurkan antara lain kayu bakar, rotan, dan getah. Psst, tahukah kamu, kawasan pegunungan juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan pertambangan, lho. Barang tambang yang biasa ditemukan di kawasan pegunungan antara lain nikel, biji besi, dan tembaga. Tetapi sayang sekali nih, Squad, masih banyak kegiatan pertambangan liar yang terjadi. 

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan

Bagaimana, sudah lebih mengenal wacana acara penduduk di kawasan pegunungan dan dataran rendah, kan? Kamu masih mau berguru lebih dalam lagi mengenai bahan ini? Yuk, berguru bareng tutor berpengalaman di Ruangguru digitalbootcamp! Kamu sanggup berguru di mana saja, kapan saja, hanya dengan group chat di handphonemu. Yuk, daftar sekarang! Sampai ketemu di Ruangguru digitalbootcamp, ya.

Daftar RGDB Sekarang!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Acara Penduduk Di Dataran Rendah Dan Pegunungan"

Posting Komentar