Mengenal Pengaruh Ledakan Penduduk

Geografi_11 (2).jpg

Squad, apakah kau tinggal di tempat yang jumlah penduduknya banyak dan angka pertumbuhannya tinggi? Jika iya, jangan-jangan tempat tempatmu tinggal mengalami ledakan penduduk. Memangnya ledakan penduduk itu ibarat apa, sih? Kuy, kita berguru lebih lanjut perihal imbas ledakan penduduk!

Ledakan penduduk yaitu pertumbuhan penduduk yang melonjak cepat dalam jangka waktu yang relatif pendek. Ledakan penduduk biasanya terjadi lantaran angka kelahiran sangat tinggi, sedangkan angka janjkematian mengalami penurunan yang drastis. Penurunan angka janjkematian yang drastis ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain lantaran membaiknya kondisi kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi umumnya terjadi di negara-negara berkembang ibarat Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang tinggi jikalau tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya.

dampak ledakan penduduk

Faktor-Faktor Penyebab Ledakan Penduduk

Squad, berikut ini merupakan faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya ledakan penduduk:

1. Tingkat janjkematian yang menurun.

2. Tingkat kelahiran yang tinggi.

3. Adanya kesepakatan nikah dini. Pernikahan dini, yang juga dikenal dengan istilah kesepakatan nikah muda, dpaat mengakibatkan ledakan penduduk lantaran nantinya akan turut meningkatkan jumlah kelahiran, terutama jikalau jadwal keluarga berencana belum berjalan maksimal.  

Dampak Negatif Ledakan Penduduk

Squad, ledakan penduduk - khususnya yang tidak terkendali - tentu mempunyai imbas negatif, ya. Nah, berikut ini merupakan imbas negatif yang timbul dari ledakan penduduk: 

1. Tingkat kemiskinan semakin meningkat lantaran pertumbuhan penduduk yang cepat tidak diimbangi oleh pertumbuhan ekonomi. 

2. Kekurangan pangan, sebagai akhir dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan untuk memproduksi pangan. 

3. Timbulnya permukiman atau tempat kumuh di perkotaan sebagai akhir mahalnya harga tanah dan rumah.

4. Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat ibarat sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan lantaran lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar. 

5. Meningkatnya kebutuhan ruang dan lingkungan hidup.

6. Tidak seimbangnya kebutuhan akan lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan penduduk yang jikalau dibiarkan lebih lanjut akan mengakibatkan duduk kasus sosial lainnya, ibarat kemiskinan dan konflik antar penduduk. 

Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Squad, permasalahan ledakan penduduk ini tentu harus segera kita atasi supaya kelak tidak mengakibatkan duduk kasus di lalu hari. Nah, apa saja ya, hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ledakan penduduk? 

dampak ledakan penduduk

Squad, kini sudah lebih paham mengenai ledakan penduduk, kan? Semoga ledakan penduduk di negara-negara berkembang dapat diatasi dengan maksimal semoga tidak mengakibatkan duduk kasus di lalu hari, ya! 

Kamu ingin berguru lebih lanjut dengan tutor standby? Psst, kau tidak hanya dapat berguru perihal satu bahan saja, lho! Yuk, eksklusif daftar Ruangguru digitalbootcamp! Selamat belajar.

Daftar RGDB Sekarang!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pengaruh Ledakan Penduduk"

Posting Komentar