Mengenal Jenis-Jenis Dan Pola Teks Eksposisi

Bahasa Indonesia_10.jpg

RG Squad tahu apa itu teks eskposisi? Teks eksposisi ialah teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan, atau mengusulkan sesuatu menurut argumentasi yang kuat. Teks ini hanya mempunyai satu argumentasi. Tidak menyerupai teks negosiasi yang berisi dua argumentasi.

teks eksposisi

Jenis jenis Teks Eksposisi

Jenis jenis teks eksposisi antara lain ialah sebagai berikut:

  1. Eksposisi definisi: memaparkan definisi atau pengertian suatu topik tertentu
  2. Eksposisi proses: tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melaksanakan sesuatu dari awal sampai akhir
  3. Eksposisi ilustrasi: menawarkan citra atau klarifikasi yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan
  4. Eksposisi pertentangan: berisi hal kontradiksi akan suatu hal dengan hal lainnya
  5. Eksposisi laporan: menawarkan laporan dari sebuah insiden atau penelitian tertentu
  6. Eksposisi perbandingan: pandangan gres atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain

Tiap jenis teks tentu mempunyai tujuannya masing-masing ya Squad. Nah, teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan suatu info yang bersifat informatif sehingga pengetahuan pembaca sendiri bertambah.

teks eksposisi

Contoh Teks Eksposisi

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah ialah salah satu faktor terpenting untuk membuat kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah semoga mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi: 

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melaksanakan kiprah membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu dipakai untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan sekolah sehabis pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari acara "Jum'at Bersih". Selain lingkungan sekolah bersih, korelasi murid dan guru juga dapat semakin dekat dengan adanya kerja sama.

Penegasan Ulang: 

Kebersihan lingkungan sekolah ialah hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses berguru mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan ialah perjuangan insan semoga lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan. 

Sudah semakin paham kan Squad mengenai teks eskposisi? Rajin-rajinlah membaca semoga kau dapat semakin paham ya! Mau lebih paham lagi? Yuk, berguru dengan video animasi di ruangbelajar. Ada latihan soal dan rangkumannya juga, lho!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Dan Pola Teks Eksposisi"

Posting Komentar