Tanpa Disadari, 5 Tata Tertib Sekolah Ini Penuh Manfaat!

Halo RG Squad! Bagaimana aktivitas belajarnya hari ini? Semoga selalu semangat berguru di sekolah, ya. Ngomong-ngomong wacana sekolah, tahukah kau tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, lho! Tidak sanggup dipungkiri, bapak dan ibu guru sangat berperan dalam kehidupan kita ya Squad. Tidak hanya ilmu yang mereka berikan, peraturan yang mereka menetapkan juga bermanfaat untuk kehidupan kita ke depannya. Apa saja ya peraturan-peraturan tersebut? Kuy, keep scrolling!

1. Potong Rambut dan Potong Kuku

tata tertib sekolah

Pemeriksaan kuku (sumber: pkmsusunanbaru.wordpress.com)

Hayo, siapa yang di sekolahnya suka diadakan investigasi kuku dan rambut? Di beberapa sekolah, ada peraturan ya.ng mewajibkan rambut untuk selalu dipotong rapi, terutama untuk murid laki-laki. Tidak hanya rambut, kuku juga diwajibkan untuk selalu dipotong. Kira-kira, kenapa rambut dan kuku harus selalu dipotong rapi ya, Squad? Ternyata, tujuan rambut dan kuku yang harus dipotong rapi itu untuk melatih ketertiban diri. Dengan melatih ketertiban diri, kita juga akan terlatih untuk menaati peraturan. Nah, peraturan yang dimaksud tidak hanya peraturan sekolah saja, tetapi juga peraturan secara umum di masyarakat. Hayo, siapa yang mau berguru biar menjadi tertib? Yuk, dimulai dengan memotong rambut dan kuku biar rapi!

2. Sepatu Hitam

tata tertib sekolah

Siswa menggunakan sepatu hitam (Sumber: Dokumentasi Pribadi Ruangguru)

Squad, siapa yang di sekolahnya diwajibkan untuk menggunakan sepatu hitam? Beberapa sekolah, khususnya sekolah negeri, memang mewajibkan murid-muridnya untuk menggunakan sepatu hitam. Suka sebal nggak, sih dengan peraturan itu? Sepatu hitam ‘kan terkesan tidak trendi dan kurang keren. Eits, jangan salah, Squad! Tujuan murid-murid diwajibkan menggunakan sepatu hitam ialah untuk mengurangi kesenjangan sosial. Dengan berkurangnya kesenjangan sosial, tentu kecemburuan sosial juga akan berkurang, sehingga akan meminimalisir konflik. Wah, nggak nyangka, ya, ternyata efeknya cukup besar. Jadi, masih malas pakai sepatu hitam nggak, nih?

3. Bawa Bekal

tata tertib sekolahBekal ke sekolah (sumber: dapuronlinequ.blogspot.com)

Siapa yang suka bawa bekal ke sekolah, tunjuk tangan, yuk! Beberapa sekolah, umumnya taman kanak-kanak, mewajibkan murid-muridnya untuk membawa bekal dari rumah. Biasanya, bekal yang dibawa isinya majemuk sesuai dengan selera masing-masing. Wah, seru banget, ya! Tahukah kamu, dengan membawa bekal dari rumah, kau sanggup lebih berhemat alasannya ialah tidak lagi jajan di luar. Selain itu, bekal yang kau bawa dari rumah niscaya lebih bersih dan sehat, kan. Makara kau tidak hanya sanggup berhemat, tetapi juga sanggup lebih sehat. Hayo, siapa yang mau lebih rajin bawa bekal dari rumah? Yuk, bawa bekal dari rumah mulai sekarang!

4. Belajar Kelompok

tata tertib sekolah

Belajar Kelompok (Sumber: coretanseadanya.blogspot.com)

Buat kau yang sudah mulai bosan berguru sendirian, yuk ikutan berguru kelompok! Apalagi bila di sekolahmu menggunakan kurikulum 2013, tentu sering sekali ‘kan melaksanakan aktivitas berguru kelompok. Kira-kira, apa ya manfaat berguru kelompok? Kamu tidak hanya dilatih untuk menuntaskan soal, tetapi juga dilatih untuk sanggup bekerjasama. Selain itu, berguru kelompok juga melatih kita untuk sanggup mendengarkan pendapat dan berdiskusi. Skill ini sanggup sangat membantumu saat memasuki dunia perkuliahan atau dunia kerja kelak, lho! Jadi, mulai kini lebih aktif kerja kelompoknya, yuk!

5. Berbaris

tata tertib sekolah

Berbaris di depan kelas (Sumber: papasemar.com)

Kamu sering nggak sih, diminta berbaris sebelum masuk kelas? Pernah cari tahu kenapa kau harus membiasakan hal ini? Dengan berbaris, kalian sanggup berlatih kedisiplinan. Nah, dalam hidup bermasyarakat, teladan kebiasaan berbaris ialah mengantre. Guru yang mengajarkan untuk berbaris, bekerjsama ingin mengajak kita menghargai proses mengatur barisan, bersabar dan tahu posisi kita di masyarakat. Coba bayangkan, kalau mengantre saja sudah tidak disiplin, bagaimana sanggup berkontribusi untuk masyarakat sekitar yang tantangannya lebih berat lagi? Jadi, masih mau malas berbaris?

Wah, ternyata tanpa disadari banyak ya manfaat yang sanggup didapatkan dari aturan-aturan sederhana bapak dan ibu guru di sekolah. Setelah tahu itu semua, kau akan jadi lebih menghargai mereka dong? Tambah semangat belajar,‘kan? Supaya semakin seru, yuk berguru bareng guru yang kau pilih sendiri di ruangles dan buatlah #BelajarJadiHebat.

Selamat hari guru untuk bapak dan ibu guru di seluruh Indonesia, jagoan tanpa tanda jasa kami!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanpa Disadari, 5 Tata Tertib Sekolah Ini Penuh Manfaat!"

Posting Komentar