Pengertian Gaya Sentripetal Dan Sentrifugal

Fisika_10.jpg

RG Squad, sudah familiar dengan sentripetal? Pastinya sudah tahu dari bahan gerak melingkar beraturan dong? Nah, kali ini kita akan membahas pengertian gaya sentripetal secara spesifik. Gaya sentripetal merupakan gaya yang menciptakan benda bergerak melingkar. Benda sanggup bergerak melingkar lantaran benda yang diputar tersebut mempunyai percepatan menuju sentra lingkaran. Percepatan itu disebut dengan percepatan sentripetal. Percepatan sentripetal disebabkan oleh gaya yang menuju ke sentra bulat atau disebut gaya sentripental.


pengertian gaya sentripetal

 Gaya Sentripetal (sumber: fisika-online1.blogspot.co.id)

Gaya sentripetal sanggup diamati jikalau memakai kerangka pola inersial, yaitu kerangka pola yang membisu ataupun bergerak dengan kecepatan konstan terhadap bumi. Contohnya yakni dikala kita melihat benda berputar. Misalnya, bola yang diikatkan ke ujung tali diputarkan secara horizontal, gaya sentripetal akan menciptakan bola terus ditarik ke arah sentra sehingga bergerak secara melingkar. Gaya sentripetal ialah gaya dari tegangan tali yang diikatkan terhadap bola.

Untuk mengetahui gaya sentripetal yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar, kita sanggup memakai persamaan HK II Newton di bawah ini:

pengertian gaya sentripetal

 Gaya sentripetal mempunyai besar yang sebanding dengan kuadrat kecepatan linear/tangensial suatu benda dan berbanding terbalik dengan jari-jari lintasan.

Selain gaya sentripetal, ada satu gaya yang mempunyai nama yang mirip, lho. Yup, namanya gaya sentrifugal. Walau mempunyai nama yang mirip, gaya sentrifugal mempunyai definisi yang berbeda dengan gaya sentripetal. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang berlawanan dengan gaya sentripetal lantaran gaya sentrifugal menjauhi sentra lingkaran. Nah, gaya sentrifugal didefinisikan dengan kecenderungan benda untuk mengikuti jalan melengkung untuk menjauh dari sentra atau sumbu. Gaya ini termasuk pengaruh semu yang terjadi dikala benda melaksanakan gerakan melingkar. Gaya sentrifugal disebut dengan gaya pseudo atau gaya khayal.

Gaya pseudo hanya ada jikalau kerangka pola yang kita ambil yakni kerangka pola non-inersial. Misalkan, kerangka acuannya yakni bola, gaya sentrifugal ada dikala kita berada dalam bola yang diputar tersebut. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang secara terang mendorong atau menarik objek dari sentra rotasi.

pengertian gaya setripetal

Contoh gaya sentrifugal pada wahana permainan yang berputar. (sumber: amazine.co)

Gaya sentrifugal mempunyai besar yang sama dengan gaya sentripetal, hanya saja arahnya berbeda. Kedua gaya ini menjadikan adanya keseimbangan pada benda yang berada pada lintasan melingkar.

Oke, RG Squad sudah paham kan mengenai gaya sentripetal dan gaya sentrifugal? Atau masih bingung? Tanyakan aja ke tutor yang berpengalaman melalui Ruangguru digitalbootcamp! Kamu juga sanggup diskusi dengan pelajar lainnya, lho.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gaya Sentripetal Dan Sentrifugal"

Posting Komentar