Menggunakan Fitur Advanced Filter Untuk Memfilter Data Dalam Microsoft Excel

Advanced Filter Excel - Fitur filter dalam Excel sanggup dipakai untuk pengolahan data yang berkaitan akrab dengan filter.

Dalam filter ini terdapat fitur Auto Filter yang secara otomatis akan melaksanakan pada data yang kita miliki.

Selain Auto Filter terdapat juga fitur Advanced Filter yang juga sanggup dipakai untuk memfilter data.

Lalu apa perbedaan Auto Filter dan Advanced Filter ?

Perbedaan yang paling fundamental ialah pada Advanced Filter kita sanggup memfilter data dengan beberapa kriteria bahkan sanggup memindahkan hasil filter tersebut kedalam sheet lain.



Dalam artikel ini saya akan menjelaskan wacana cara memakai fitur Advanced Filter dalam Microsoft Excel.

Untuk fitur Auto Filter silahkan pelajari dalam artikel lain yang telah dibahas sebelumnya.

Cara Menggunakan Fitur Advanced Filter Dalam Microsoft Excel


Untuk memakai fitur ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam range atau tabel yang akan difilter.

Syarat - syarat tersebut ialah sebagai berikut :


  1. Tabel atau range harus mempunyai nama yang unik atau berbeda setiap kolomnya.
  2. Judul tabel atau kolom harus sama persis dengan isinya atau mempunyai kesamaan jenisnya. Misalnya kalau judul kolomnya ialah Nama Karyawan maka semua isi dalam kolom tersebut ialah nama - nama dari karyawan bukan yang lain.
  3. Tidak boleh ada baris yang kosong alasannya ialah baris kosong ini akan membatasi rentang paling bawah dari filter tersebut.
  4. Baris berikutnya sehabis judul kolom atau header akan menjadi kriteria pada filter yang akan kita gunakan.

Pada dasarnya dalam proses filter ini berlaku dua logika yang dipakai yaitu AND dan OR.

Untuk kolom yang menjadi kriteria pada filter berlaku logika AND sedangkan pada kolom yang bukan menjadi kriteria berlaku logika OR.



Langkah - Langkah Menggunakan Fitur Advanced Filter Dalam Microsoft Excel




Secara umum ada 4 langkah utama untuk memakai adavanced filter dalam Excel.

Adapun empat langkah tersebut ialah sebagai berikut :

1. Klik Tab Data
2. Pada group Sort & Filter pilih Advanced
3. Akan muncul wizard Advanced Filter ibarat terlihat pada gambar berikut ini :


 Fitur filter dalam Excel sanggup dipakai untuk pengolahan data yang berkaitan akrab dengan Menggunakan Fitur Advanced Filter Untuk Memfilter Data Dalam Microsoft Excel


  • Action : ada dua pilihan dalam bab ini yaituFilter the list in place dan copy to another location. Jika hasil dari filter eksklusif pada tabel yang akan difilter maka kita pilih filter the list in place sdangkan kalau hasil filternya ingin disimpan pada range atau sheet yang berbeda maka yang dipilih ialah copy to another location.
  • list range : range dari tabel yang akan difilter datanya.
  • criteria range : range yang akan menjadi kriteria dalam filter data, ini sanggup dilakukan dengan lebih dari satu kriteria.
  • copy to : pilihan ini otomatis akan aktif kalau kita menentukan copy to another location. Ini diisi dengan range yang akan dijadikan daerah menyimpan hasil filter.
  • unique record only : kalau pilihan ini diklik atau diaktifkan maka hasil filter yang muncul hanya yang bersifat unik saja atau tidak ada duplikat.

4. Klik Ok

Setelah klik OK maka kita tinggal mengisi kriteria yang akan dijadikan dasar filter data pada range yang tadi telah dimasukan kedalam Advanced Filter.



Contoh Menggunakan Advanced Filter Dalam Excel




Untuk referensi penggunaan fitur ini dalam Excel silahkan perhatikan gambar dan juga uraian dibawah ini.

Saya mempunyai tabel ibarat terlihat dalam gambar berikut ini :



 Fitur filter dalam Excel sanggup dipakai untuk pengolahan data yang berkaitan akrab dengan Menggunakan Fitur Advanced Filter Untuk Memfilter Data Dalam Microsoft Excel


Ada tiga gambar dalam referensi advanced filter diatas yaitu gambar A, gambar B dan gambar C.

Gambar A merupakan tabel yang gres dibentuk dan tidak ada filter apapun yang dilakukan sehingga semua data muncul atau tidak ada yang disembunyikan/hide.

Gambar B merupakan gambar yang sudah difilter dengan dua kriteria yang terdapat pada range C dan D menurut Cabang dan Gaji.

Hasil dari filter tersebut akan menampilkan isi tabel yang terdiri dari karyawan yang berada pada cabang B dengan honor diatas 1.300.000.

Sedangkan gambar C merupakan setting pada wizard Advanced Filter. List range diisi dengan $A$6:$E$17 yang merupakan range dari tabel sebelum difilter. Sedangkan criteria range diisi dengan $C$1:$D$2 yang merupakan range untuk memasukan kriterianya.

Untuk menciptakan filter ibarat pada tampilan diatas ikuti langkah - langkah berikut ini :

1. Siapkan tabel untuk difilter.
2. Siapkan dan isi range untuk kriteria.
3. Klik Tab Data
4. Klik Advanced
5. Akan muncul wizard advanced filter

Dalam wizard ini untuk pertama kali silhkan pilih lokasi untuk menyimpan hasil filter. Dalam referensi diatas saya menentukan Filter the list, in place.

Selanjutnya klik kotak kosong untuk mengisi List range lalu klik dan drag/geser mouse dari posisi awal tabel sampai final tabel.

Terakhir klik kotak kosong untuk mengisi criteria range dan lakukan hal yang sama ibarat mengisi list range tetapi diambil dari range kriteria filter.

6. Klik Ok

Itulah referensi memfilter data dengan memakai advanced filter lengkap dengan langkah pembuatannya.



Jenis - Jenis Kriteria Dalam Advanced Filter Excel




Hal yang paling fundamental dalam memakai Advanced Filter ialah parameter yang dipakai sebagai kriteri.

Selain memakai teks atau isi dalam kolom tabel yang sanggup dijadikan sebagai parameter tetapi sanggup juga memakai parameter yang lain ibarat numerik dan operator lainnya dalam Excel.

Penulisan parameter tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting alasannya ialah kalau salah menulisnya maka filter dari parameter tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan.

Lalu bagaimana cara penulisan operator yang benar dalam Advanced Filter ?

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu dibawah ini :

- Parameter Isi Dari Tabel

Jika yang dijadikan parameter merupakan isi dari sebuah kolom dalam tabel ibarat pada referensi diatas maka kita tinggal menuliskan isi dari kolom tersebut.

Misalnya pada referensi diatas saya lakukan filter dengan kolom cabang dan menuliskan "Cabang A" atau "Cabang B".

- Parameter Numerik

Parameter Numerik dipakai untuk range dalam tabel yang berisi angka. Jadi, kalau ini dari kolom tersebut bukan angka maka tidak sanggup memakai parameter numerik sebagai kriterianya.

Parameter numerik yang biasa dipakai ialah sama dengan (=), lebih besar dari (>), kurang dari (<), lebih dari atau sama dengan (>=), kurang dari atau sama dengan (<=) dan tidak sama dengan (<>).

Untuk penulisan parameter numerik tersebut kedalam kriteria tinggal tuliskan didepan angka yang akan dijadikan parameter contohnya >200, <200 atau <>200.

- Parameter Perbandingan

Operator perbandingan sanggup juga dipakai dalam kriteria Advanced Filter Excel dengan penulisan sebagai berikut :

  • Untuk memfilter baris yang terdapat kata "DAN" maka dituliskan ="=DAN"
  • Memfilter teks yang bukan  atau tidak berisi teks "DAN" dituliskan <>DAN
  • Memfilter teks yang urutannya sehabis kata "DAN" dituliskan >DAN
  • Memfilter teks yang urutannya sebelum kata "DAN" dituliskan <DAN


Parameter perbandingan ini ibarat mirip pada Numerik hanya saja isi dari kolom tabelnya berupa teks bukan angka.

- Parameter Lainnya

Selain teks, numerik dan operator perbandingan kriteria dalam Advanced Filter sanggup juga dibentuk isyarat lainnya ibarat asterisk (*) atau tanda tanya (?).

Adapun cara penulisan dan fungsinya ialah sebagai berikut :


  • Asterisk (*) : dipakai untuk memfilter kalimat tertentu dan dituliskan *DAN*.
  • Question mark (?) : dipakai untuk mewakili satu karakter abjad dalam kalimat tertentu. Jika akan dicari 4 abjad maka dituliskan empat buah tanda question mark (????) dengan format berikut ini DAN????. Format tersebut akan memfilter teks yang diawali dengan abjad DAN serta dilanjutkan dengan 4 abjad selajutnya.

Itulah beberapa parameter yang sanggup dipakai dalam Advanced Filter Excel sebagai kriteria.

Jika diperhatikan filter data ini sanggup dipakai untuk mempercepat pencetakan data dengan kriteria tertentu.

Hanya saja kekurangannya ialah nomor urut dari hasil filter tersebut tidak berurutan alasannya ialah mengikuti tabel yang belum difilter.

Sebenarnya nomor dalam hasil filter ini dpa dibentuk berurutan dengan memakai rumus tertentu sehingga data hasil filter tersebut sanggup eksklusif dicetak dengan tampilan ibarat tabel tanpa filter.

Untuk cara mengurutkan nomor hasil filter ini akan saya bahas dalam artikel yang lain, silahkan untuk ditunggu.

Sekian klarifikasi saya wacana cara memakai fitur Advanced Filter dalam Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

    

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Fitur Advanced Filter Untuk Memfilter Data Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar