Pengertian Sosial Ekonomi

Pengertian Sosial Ekonomi - Pengertian Sosial Ekonomi jarang dibahas secara bersamaan. Pengertian sosial dan pengertian ekonomi sering dibahas secara terpisah. Pengertian sosial dalam ilmu sosial menunjuk pada objeknya yaitu masyarakat. 

Sedangkan pada departemen sosial menawarkan pada acara yang ditunjukkan untuk mengatasi dilema yang dihadapi oleh masyarakat dalam bidang kesejahteraan yang ruang lingkup pekerjaan dan kesejahteraan sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sosial berarti segala sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat (KBBI,1996:958). 

Sedangkan dalam konsep sosiologi, insan sering disebut sebagai makhluk sosial yang artinya insan tidak sanggup hidup masuk akal tanpa adanya dukungan orang laindisekitarnya. Sehingga kata sosial sering diartikan sebagai hal-hal yang berkenaan dengan masyarakat. 

Sementara istilah ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani yaitu “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga dan “nomos” yaitu peraturan, aturan, hukum. Maka secara garis besar ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau administrasi rumah tangga. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekonomi berarti ilmu yang mengenai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti keuangan, perindustrian dan perdagangan)(KBBI,1996:251). 

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa Sosial Ekonomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, antara lain sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Pemenuhan kebutuhan tersebut berkaitan dengan penghasilan. Hal ini diubahsuaikan dengan penelitian yang akan dilakukan. Untuk melihat kedudukan sosial ekonomi Melly G. Tan menyampaikan ialah pekerjaan, penghasilan, dan pendidikan. Berdasarkan ini masyarakat tersebut sanggup digolongkan kedalam kedudukan sosial ekonomi rendah, sedang, dan tinggi (Koentjaraningrat, 1981:35).


Sumber:
A.  I.,  Yulisanti.  2000. Status  Sosial  Ekonomi  dan  Perilaku  Konsumtif  Kelas Menengah Baru. Yogyakarta: APMD.

Sekian uraian wacana pengertian sistem sosial, supaya bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sosial Ekonomi"

Posting Komentar