Pengertian Sistem Ekonomi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Sistem Ekonomi - Istilah “sistem” berasal dari perkataan “systema” (bahasa Yunani), yang sanggup diartikan sebagai: keseluruhan yang terdiri dari macam-macam bagian. Pada dasarnya sebuah sistem yakni suatu organisasi besar yang menjalin banyak sekali subjek (atau objek) serta perangkat kelembagaan dalam suatu tatanan tertentu (Dumairy, 1996).
Suatu sistem muncul lantaran adanya perjuangan insan untuk memenuhi kebutuhankebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan insan yang sangat bervariasi akan memunculkan sistem yang berbeda-beda. Kebutuhan insan yang bersifat dasar (pangan, pakaian, papan) akan memunculkan suatu system ekonomi.
Berikut yakni pengertian Sistem Ekonomi berdasarkan para andal antara lain :
  1. Menurut Dumairy (1996), Sistem ekonomi yakni suatu sistem yang mengatur serta menjalin relasi ekonomi antar insan dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan. Selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus bangkit sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, padangan dan referensi hidup masyarakat tempatnya berpijak. Sistem ekonomi bekerjsama merupakan salah satu unsur saja dalam suatu supra sistem kehidupan masyarakat. Sistem ekonomi merupakan penggalan dari kesatuan ideology kehidupan masyarakat di suatu negara. 
  2. Tom Gunadi (1985). Sistem perekonomian yakni sistem sosial atau kemasyarakatan dilihat dalam rangka perjuangan keseluruhan sosial itu untuk mencapai kemakmuran. 
  3. Suroso (1997). Dilihat dari tujuannya, sistem ekonomi merupakan perjuangan untuk mengatur pertukaran barang dan jasa yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena meningkatkan kesejahteraan rakyat itu merupakan salah satu tujuan dari politik nasional, maka dengan demikian sistem perekonomian pada dasrnya merupakan penggalan dari sistem politik nasional. 
  4. Gregory Grossman dan M. Manu menyampaikan bahwa :“Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit dan agen-agen ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berafiliasi dan berinteraksi melainkan juga hingga tingkat tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi.” 
  5. Menurut Bapak Ekonomi yaitu Adam Smith (1723-1790): system ekonomi merupakan materi kajian yang mempelajari upaya insan memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.
Berdasarkan banyak sekali macam pemaparan mengenai sistem ekonomi dari banyak sekali sumber maka sanggup disimpulkan bahwa sistem ekonomi yakni suatu sistem yang mengatur kondisi perekonomian suatu negara sesuai dengan kondisi kenegaraan dari negara itu sendiri. Setiap negara mempunyai sistem perekonomian yang berbeda-beda. Hal itu disebabkan setiap Negara mempunyai ideologi, kondisi masyarakat, kondisi perekonomian, serta kondisi SDA yang berbeda-beda. Sistem ekonomi sanggup diartikan sebagai acara produksi, konsumsi dan distribusi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Perbedaan fundamental antara sebuah sistem ekonomi dengan system ekonomi lainnya yakni bagaimana cara sistem itu mengatur factor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh mempunyai semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut. Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga sanggup dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi.


Sumber:
Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. Jakarta: 1996.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sistem ekonomi berdasarkan para ahli, biar artikel ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, terimakasih..

Baca juga:

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Ekonomi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar