Pengertian Dan Unsur-Unsur Tabung


Dalam kehidupan sehari-hari aneka macam benda-benda yang berbentuk tabung yang sanggup kita temui, contohnya kaleng minuman bersoda, kaleng susu, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa gambar benda yang berbentuk tabung.
Sumber gambar: Google Images

Benda-benda di atas kalau digambarkan secara geometris akan tampak menyerupai gambar di bawah ini. 
 
Gambar di atas terlihat bahwa bangkit ruang yang berbentuk tabung terdiri dari dua buah bulat yakni bab bawah yang dikenal dengan istilah alas tabung dan bab atas yang dikelan dengan istilah tutup tabung. Berdasarkan hal tersebut maka pengertian tabung ialah bangkit ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang sejajar dan kongruen berbentuk bulat  serta sisi lengkung.

Masih ingatkah Anda dengan unsur-unsur lingkaran? Unsur-unsur yang dimiliki oleh tabung hampir sama menyerupai unsur-unsur yang dimiliki oleh  lingkaran. Apa saja unsur-unsur dari bangkit ruang tabung?

Untuk mengetahui unsur-unsur bangkit ruang tabung perhatikan gambar di bawah ini.
Berdasarkan gambar di atas, tabung mempunyai unsur-unsur sebagai berikut.

a. Sisi bantalan dan tutup tabung
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tabung dibatasi oleh dua buah bulat yakni bab bawah (sisi alas) dan bab atas (tutup tabung). Sisi bantalan tabung merupakan sisi yang berbentuk bulat dengan sentra T1 (lihat gambar di atas), sedangkan tutup tabung merupakan sisi yang berbentuk bulat juga dengan sentra T2 (silahkan lihat gambar di atas).

b. Pusat Lingkaran
Ingat** salah satu unsur bulat ialah sentra lingkaran. Begitu juga dengan tabung, di mana titik T1 pada sisi bantalan dan T2 pada tutup tabung dinamakan sentra lingkaran. Pusat bulat merupakan titik tertentu yang mempunyai jarak yang sama terhadap semua titik pada bulat itu.

c. Jari-Jari Lingkaran
Sekarang perhatikan titik A dan B pada bulat bantalan tabung dan titik C dan D pada bulat tutup tabung. Ruas garis T1A dan T1B dinamakan jari-jari bulat (jari-jari bidang bantalan tabung) dan ruas garis T2C dan T2D merupakan jari-jari bulat (jari-jari bidang tutup tabung). Dalam hal ini T1A = T1B = T2C = T2D. Jari-jari bulat merupakan jarak sentra bulat ke titik pada lingkaran.

d. Diameter atau Garis Tengah Lingkaran
Sekarang perhatikan ruas garis AB dan CD. Ruas garis AB dan CD dinamakan diameter atau garis tengah lingkaran. Diameter bulat merupakan ruas garis yang menghubungkan dua titik pada bulat yang melalui titik sentra lingkaran. Panjang diameter bulat merupakan dua kali jari-jari lingkaran.

e. Tinggi Tabung
Sekarang perhatikan titik T1 dan T2. Ruas garis yang menghubungkan titik T1 dan T2 dinamakan tinggi tabung, biasanya dinotasikan dengan t. Tinggi tabung disebut juga sumbu simetri putar tabung.

f. Selimut Tabung
Selimut tabung sering disebut dengan sisi lengkung tabung. Selimut tabung sanggup ditentukan dengan cara mengalikan antara keliling bantalan dengan tinggi tabung. Adapun garis-garis pada sisi lengkung yang sejajar dengan sumbu tabung dinamakan garis pelukis tabung.

Dengan unsur-unsur dari bangkit ruang tabung yang sudah dijelaskan di atas, kita sanggup memilih luas permukaan tabung. Demikianlah postingan Mafia Online ihwal pengertian dan unsur-unsur bangkit ruang tabung. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Unsur-Unsur Tabung"

Posting Komentar