Pemanfaatan Smartphone Untuk Memindai Ljpd (Lembar Balasan Akseptor Didik)

PEMANFAATAN SMARTPHONE UNTUK MEMINDAI LJPD
(Lembar Jawaban Peserta Didik)
Salah satu kiprah pokok guru sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009 ialah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian. Penilaian pembelajaran sanggup dibedakan kedalam penilaian oleh guru, penilaian oleh sekolah, dan penilain oleh pemerintah. Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru sanggup berupa peniaian harian, penilaian tengah semester, penilaian simpulan semester dan dan penilaian simpulan tahun.
 Penilaian yang dilakukan guru bertujuan untuk mengukur hasil berguru penerima didik dalam pencapaian kompetensi dasar yang dipelajari dalam kurun waktu tertentu. Hasil berguru penerima didik ini harus segera terdokumentasikan sesudah pelaksanaan penilaian untuk sanggup segera dilakukan analisis sehingga sanggup diketahui tingkat pencapaian dan ketuntasan belajarnya serta sedini mungkin sanggup ditindaklanjuti dalam pembelajaran remedial dan pengayaan.
Dalam kenyataanya, dari data supervisi Pengawas tahun 2016/2017 sekitar 75% guru Sekolah Menengah Pertama di kabupaten Pandeglang melaksanakan investigasi penilaian harian dan analisisnya sesudah memasuki pembelajaran pokok bahan atau kompetensi dasar berikutnya. Ini menimbulkan dokumen penilaian dan analisisnya tidak sanggup pribadi ditindaklanjuti. Sebagian lain hasil penilaian tengah semester, penilaian semester dan penilaian simpulan tahun juga diperiksa dan dinilai dalam waktu yang cukup usang sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam pengumpulan data nilai simpulan atau nilai rapor penerima didik.
Fenomena lain di periode kini hampir semua guru mempunyai smartphone yaitu telepon seluler cendekia berbasis android atau windows. Mereka memanfaatkan smartphone untuk kepentingan komunikasi, game, dan sebagian besar untuk mengakses media umum menyerupai facebook, twitter, bbm messenger, whatsapp dan sejenisnya. Belum ada pemanfaatan smartphone dalam membantu mengoptimalkan kiprah pokok sebagai guru dalam pembelajaran maupun penilaian pembelajaran.
Zipgrade merupakan salah satu aplikasi smartphone berbasis android yang sanggup dimanfaatkan sebagai aplikasi pemindai lembar tanggapan penerima didik (LJPD) pada penilaian dengan butir soal pilihan jamak. Aplikasi ini sanggup membantu guru melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik dengan gampang dalam waktu yang singkat. Hasil pemindaian dengan aplikasi ini berupa data nilai penerima didik, dan analisisnya. Aplikasi ini sangat membantu guru dalam mengoptimalkan pelaksanaan penilaian pembelajaran.



Sumber http://virtualpendampingan.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Smartphone Untuk Memindai Ljpd (Lembar Balasan Akseptor Didik)"

Posting Komentar