Panduan Cara Menanam Jagung Elok Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Jagung Manis – Jumpa lagi bersama SentraBudidaya,  pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya jagung manis. Tanaman yang gampang dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi ini mempunyai begitu banyak manfaat didalam tubuh. selain itu jagung anggun merupakan salah satu materi pangan terpenting selain gandum dan padi.

Ciri-ciri tumbuhan jagung anggun ialah masuk dalam tumbuhan berkeping tunggal atau monokotil, mempunyai akar serabut yang sanggup masuk ke tanah sedalam 2 hingga 8 cm. Sebelum  kami membahas cara menanam jagung anggun step by step, kami akan menjelaskan manfaat dari jagung anggun dan syarat tumbuh tumbuhan jagung manis, yaitu :

Manfaat jagung Manis

Sebelum kami membahas mengenai cara menanam jagung anggun ada baiknya anda sebagai konsumen atau produsen mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat yang diperoleh badan sehabis mengkonsumsi jagung anggun ini, yaitu :

Mencegah penyakit kanker

Tanaman jagung mengandung banyak asam fenolit serta asam ferulik yang baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor didalam tubuh.

Sumber asam linolet

Selain baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, tumbuhan jagung anggun juga kaya akan asam linolet yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, menambah asupan gizi serta sebagai saran tranportasi vitamin D kedalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan badan serta mencegah anemia

Jagung anggun banyak mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya anemia jawaban kekurang vitamin B serta kandung vitamanin B12 tinggi sanggup meningkatkan kekebelan badan sehingga tahan terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun kuman berbahaya.

Info terkait: Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Lengkap untuk Pemula

  pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya jagung anggun Panduan Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar
Cara Menanam Jagung Manis

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis

Jagung anggun sanggup tumbuh pada kawasan yang mempunyai ketinggian 1800 mdpl serta di kawasan pegunungan dengan ketinggian 3000 mdpl. Selain itu tanah yang kaya akan unsur hara menyerupai kalium, nitrogen serta fosfat dan tanah yang mempunyai kadar keasaman mencapai 5-8 pH sangat cocok untuk budidaya tumbuhan jagung manis.

 Panduan Cara Menanam Jagung Manis

Setelah kami membahas manfaat dari jagung anggun dan syarat tumbuh tumbuhan jagung, klarifikasi selanjutnya yang akan kami jelaskan ialah cara menanam jagung anggun step by step dibawah ini:

1. Pemilihan Bibit Jagung Berkualitas

Tahap pertama dalam cara menanam jagung anggun ialah pemilihan bibit unggulan yang wajib anda lewati. Pemilihan bibit unggulan dilakukan biar hasil panen jagung anggun nantinya sesuai dengan impian sehingga anda tidak merasa kecewa sedikitpun. Bibit jagung anggun mempunyai bermacam-macam jenis, meskipun kadang bibit dijual dengan brand sama namun kualitas yang berikan berbeda sesuai dengan seri produk yang dipasarkan.

Sebelum anda menentukan bibit jagung anggun unggulan, lakukan proses pengumpulan gosip baik secara online maupun offline. Selain itu anda juga sanggup mencari gosip pada petani jagung yang sudah profesional sehingga proses pemilihan bibit jagung anggun sanggup dilakukan dengan mudah. Setelah anda mengetahui cara menentukan bibit atau jenis bibit jagung unggulan silahkan lakukan pembelian di toko-toko pertanian sekitar rumah masing-masing.

2. Proses Pengolahan Lahan Tanam Jagung Manis

Setelah anda selesai menentukan bibit jagung anggun unggulan tahap selanjutnya dalam cara menanam jagung anggun ialah proses pengolahan lahan yang akan kami jelaskan dibawah ini step by step, yaitu :

  • Siapkan alat dan materi berupa cangkul, sabit serta pupuk sangkar kering yang akan dipakai dalam proses pengolahan lahan tanam jagung manis
  • Setelah semua alat dan materi siap, lakukan proses penggemburan tanah yang bertujuan biar akar dari calon tumbuhan jagung sanggup berkembang biak dengan mudah. Pada proses ini anda sanggup menambahkan pupuk kering dengan perbandingan 3:1 dengan rata
  • Selain itu pastikan lahan higienis dari hama dan penyakit yang beresiko besar mengganggu proses pertumbuhan jagung manis
  • Pastikan tanah mempunyai kadar keasaman atau PH mencapai 5-8, kalau ph kurang atau lebih lakukan proses pengapuran dengan takaran 1 ton/2 hektar. Proses pengapuran dilakukan untuk menstabilkan kadar keasaman didalam tanah.
  • Pada persiapan lahan tanam jagung anggun anda tidak perlu menciptakan bedengan namun tetap menciptakan drainase atau pengaliran air, sehingga dikala hujan tiba lahan tidak tergenang oleh air lantaran beresiko besar merusakan bibit jagung yang akan tumbuh.
  • Tahap terakhir buatlah lubang yang akan dipakai untuk menanam jagung anggun dengan kedalam 4 hingga 5 cm serta jarang antar lubang mencapapai 30 x 60 cm. Diamkan beberapa ahad hingga lahan siap ditanam jagung manis.

3. Proses Penanaman Jagung Manis

Cara menanam jagung ialah proses budidaya jagung anggun selanjutnya, pada proses ini bibit dan lahan sudah disiapkan sebelumnya sehingga anda tinggal menanamnya saja. Usahakan untuk menanam jagung anggun pada demam isu penghujan serta lubang pada lahan tanam jagung hanya ditanam satu bibit saja. Berikut ini ialah cara menanam jagung manis, yaitu :

  • Pastikan bibit dan lahan benar-benar siap untuk proses penanaman, dengan mengecek kembali kadar keasaman tanah dan mengecek kembali lahan sudah higienis dari hama pengganggu dan penyakit.
  • Setelah semua persyaratan terpenuhi ambil bibit jagung yang sudah anda siapkan sebelum kemudian tumbuhan kedalam lubang di lahan tanam. Tutup memakai tanam dan beri pupuk sangkar kering biar unsur hara yang diperlukan tumbuhan jagung terpenuhi.
  • Siram memakai air higienis secukupnya, penyiraman lebih baik dilakukan pada pagi dan sore hari.
  pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya jagung anggun Panduan Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar
Proses Penanaman Jagung Manis

4. Cara Perawatan Tanaman Jagung Manis

Pada cara menanam jagung mans berikutnya ialah  proses perawatan tumbuhan jagung anggun terdapat beberapa cara yang sanggup anda lakukan diantaranya penyulaman, penyiangan, penyiraman serta pemupukan susulan yang akan kami jelaskan dibawah ini, yaitu :

  • Penyulaman  tumbuhan jagung manis

Pada proses ini anda ditugaskan untuk mengecek kembali apakah bibit memilik masa pertumbuhan yang baik atau malah mati. Jika bibit tidak dalam kondisi pertumbuhan yang baik maka sanggup dilakukan proses penyulam atau pergantian bibit gres namun proses penyulam hanya sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berusia gampang sehingga sanggup tumbuh seragam dengan tumbuhan jagung anggun yang lainnya.

  • Penyiangan dan pembumbunan tumbuhan jagung anggun

Perawatan ini dilakukan pada tumbuhan yang sudah berusia 2 minggu, namun sanggup juga lebih cepat tergantung kondisi lahan tanam jagung manis. Bersihkan lahan dari hama penganggu dan penyakit menyerupai rumput sanggup memakai tangan ataupun sabit selain itu pencucian lahan dari penyakit sanggup memakai materi yang alami hindari penggunaan pestisida.

Selain melaksanakan pencucian lahan anda juga sanggup melaksanakan pembumbunan yang bertujuan biar tumbuhan tidak gampang roboh atau jatuh dengan memperlihatkan tanah disekitar tumbuhan jagung manis.

  • Penyiraman tumbuhan jagung manis

Proses perawatan tumbuhan jagung merupakan salah satu dari cara menanam jagung anggun yaitu penyiraman, proses penyiraman dilakukan biar tumbuhan jagung anggun tidak kekurangan iar sehingga proses pemasakan makanan sanggup dilakukan dengan maksimal, kalau budidaya jagung anggun masuk demam isu kemarau lakukan penyiraman secara rutin.

5. Proses Panen Jagung Manis

Cara menanam jagung anggun terakhir ialah proses panen, petani sangat menunggu hadirnya kata-kata panen lantaran mereka sanggup menikmati kerja keras selama ini dengan menjualnya dipasar atau hanya dikonsumsi pribadi.

Proses budidaya jagung anggun di dataran rendah akan lebih cepat memasuki proses panen dibandingkan budidaya jagung anggun di daratan tinggi. tumbuhan jagung anggun umumnya dipanen pada usia 60 hingga 150 hari semenjak awal penanaman.

Tanaman yang gampang dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi mempunyai begitu banyak manfaat untuk kesehatan badan sehingga jumlah konsumen selalu meningkat oleh lantaran itu perjuangan jagung anggun sanggup menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Sekian gosip dari kami mengenai cara menanam jagung anggun semoga sanggup bermanfaat untuk anda semua, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Hidroponik


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menanam Jagung Elok Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar