Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap Untuk Pemula

Cara Menanam Wortel –  Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya wortel.

Tanaman ini kaya akan manfaat menyerupai mencegah penyakit kanker, mencegah penyakut jantung, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata dan masih banyak yang lainnya.  Selain kaya akan manfaat wortel juga mempunyai banyak penggemar alasannya ialah rasanya yummy baik dimakan pribadi dan diolah menjadi juz.

Cara menanam wortel bahwasanya tidak sulit, cuman ada beberapa hal penting yang harus anda pahami mulai dari syarat-syarat tumbuh tumbuhan wortel dan tahap-tahap penanam wortel dengan benar. Jika anda masih gundah mengenai hal penting sebelum melaksanakan penanam wortel jangan khawatir kami akan menjelaskan semuanya dibawah ini.

 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya wortel Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap untuk Pemula
Cara Menanam Wortel

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Baiklah disini kami akan menjelaskan beberapa syarat penting supaya tumbuhan wortel sanggup tumbuh secara maksimal dibawah ini.

1. Tanah

Syarat tumbuh wortel yang pertama ialah tanah, jenis tanah yang untuk tumbuhan wortel ialah andosol, alluvial dan latosol sering dijumpai pada tempat dataran tinggi namun bukan berarti tumbuhan wortel tidak sanggup ditanam pada tempat dataran rendah.

Tingkat keasaman atau pH tanah yang sesuai ialah 5,5-6,5 dan tingkat kemiringan tanah kurang dari 30% dianggap baik sedangkan pada tempat kemiringan lebih dari 30% dianggap tidak baik kemudian ketinggian lokasi penanam yang sesuai untuk tumbuhan wortel mencapai 1000-1500 dpl.

2. Suhu

Syarat tumbuh wortel selanjutnya ialah suhu, alasannya ialah suhu mempunyai fungsi untuk penunjang proses metabolisme, transpirasi, fotosintesis, absorpsi air. Tingkat suhu yang sesuai untuk tumbuhan wortel ialah 15- 21 derajat C, alasannya ialah jikalau suhu didaerah budidaya wortel terlalu tinggi akan merusak kualitas umbi itu sendiri menyerupai umbi lebih pendek atau kecil.

3. Curah hujan

Syarat penting berikutnya ialah curah hujan, dalam problem ini bahwasanya berkaitan dengan ketersediaan air alasannya ialah jikalau jumlah air kurang akan menghambat proses pertumbuhan wortel sedang jikalau jumlah air berlebihan akan mengakibatkan wortel lebih gampang terjangkit penyakit.

Curah hujan yang cocok untuk tumbuhan wortel ialah pada tempat iklim berair curah hujan 1-3 bulan ekspresi dominan kering dalam 1 tahun, pada ekspresi dominan agak berair 3-4 ekspresi dominan kering dalam setahun dan pada ekspresi dominan sangat berair curah hujan 0-1.5 ekspresi dominan kering dalam setahun.

4. Kelembaban

Syarat tumbuh tumbuhan wortel berikutnya ialah kelembaban daerah, jikalau suatu tempat mempunyai kelembaban tinggi akan menganggu proses pertumbuhan wortel menyerupai wortel lebih gampang terjangkit penyakit dan proses absorpsi CO2 terganggu sehingga fotosintesis tidak sanggup dilakukan. Kelembaban yang cocok untuk tumbuhan wortel ialah 80-90 % jikalau lebih akan mengakibatkan beberapa problem menyerupai diatas.

Panduan Cara Menanam Wortel 

Nah diatas tadi ialah syarat tumbuh tumbuhan wortel, selanjutnya kami akan menjelaskan tahap-tahap menanam wortel dibawah ini.

1. Proses Pemilihan Bibit Wortel

Tahap pertama dalam cara menanam wortel ialah pemilihan bibit unggulan, pada tahap ini yang akan menentukan hasil panen anda kedepannya. Ada 2 cara yang sanggup anda lakukan untuk menentukan bibit wortel yaitu menciptakan bibit wortel sedniri dan membeli bibit wortel pada toko pertanian bersahabat rumah masing-masing.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara menciptakan bibit wortel unggulan dibawah ini.

Cara menciptakan bibit wortel unggulan 

  • Pilih indukan wortel yang gampang mengikuti keadaan dengan wilayah sekitar
  • Lalu pilih juga indukan wortel yang tidak terjangkit hama dan dalam kondisi fisik berwarna cerah
  • Selanjutnya pilih indukan yang sudah berumur 100 hari, kemudian ukuran indukan besar lurus dan tidak bercabang
  • Langkah berikutnya potong penggalan ujung wortel 1/3 cm, dan potong daun wortel (sisakan 10 cm)
  • lalu siapkan bedengan, tabur permukaan wortel dengan pupuk Trichompos dan diamkan selama 1 minggu
  • tanaman indukan wortel diatas bedengan dan siram memakai larutan Trichoderma, air dan ZPT organik setiap 2 ahad sekali
  • lakukan penyiraman sekali pada sore hari ( lakukan setiap hari pada ekspresi dominan kemarau)
  • tunggu hingga 1 bulan, tumbuhan wortel akan mulai berbunga kemudian sesudah 2 ahad bunga akar mekar
  • bunga wortel yang sudah mengering dan berwarna kecokelatan siap dipanen
  • setelah proses panen kumpulan biji bunga dalam satu tempat (plastik) ikat rapat
  • bibit wortel siap

Baiklah itu ialah cara menciptakan bibit wortel unggul, namun jikalau anda ingin pribadi membeli bibit di toko pertanian tidak problem asal bibit memenuhi beberapa ciri unggulan menyerupai bentuk bibit seragam, sudah terbukti menghasilkan panen tinggi, serta berasal dari indukan wortel yang berumur pendek.

2. Proses Pembenihan Wortel

Cara menanam wortel berikutnya ialah proses pembenihan, bertujuan supaya bibit sanggup tumbuh lebih maksimal. Kami akan menjelaskan langkah-langkah pembenihan wortel yang benar dibawah ini.

Cara pembenihan wortel 

  • Siapkan bibit yang sudah anda pilih, baik dari bibit yang buat sendiri atau bibit yang dibeli dari toko pertanian
  • Selanjutnya ambil biji kemudian gosok memakai tangan supaya bibit tidak melekat satu sama lain
  • Lalu rendam bibit dengan air hambar selama sehari semalam, tunggu bibit wortel tumbuh kecambah
  • Keluar bibit yang sudah mulai tumbuh kecambah, letakkan di suatu tempat dengan rapi.

3. Pengolahan Lahan Tanam

Tahap ketiga dari cara menanam wortel ialah pengolahan lahan, sebelum praktek pengolahan ada baiknya anda pastikan dulu apakah lokasi lahan tanam anda sudah benar benar sesuai dengan persyaratan yang kami jelaskan diatas, jikalau sudah sesuai pribadi saja praktekin pengolahan lahan dibawah ini.

 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya wortel Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap untuk Pemula
Lahan Tanam Tanaman Wortel

Cara pengolahan lahan 

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menyiapkan alat dan materi berupa cangkul, sabit dan pupuk sangkar kering
  • Lalu bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tumbuhan yang tidak mempunyai kegunaan mengunakan cangkul dan sabit
  • Setelah lahan bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah memakai cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda sanggup menambahkan pupuk sangkar kering supaya lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.
  • Jika lahan mempunyai ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda sanggup melaksanakan pengapuran terlebih dulu dan sesudah kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu
  • Langkah selanjutnya buat bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi bedangan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Seteleh itu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak 40 cm kemudian buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.
  • Setelah itu anda sanggup menutup bedengan memakai plastik dan biarkan selama 1-2 minggu.

4. Proses Penanam Wortel

Baiklah tahap yang keempat ialah proses penanam wortel, bahwasanya tahap ini sangat gampang dibandingkan dengan beberapa tahap lainya anda hanya perlu pengetahuan mengenai cara penanaman wortel yang benar dan teliti.

Cara menanam wortel, anda ambil bibit dari tempat penyimpanan kemudian tanam di area bedeng yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu tutup kembali dengan tanah, kalau perlu tutup memakai daun supaya bibit tidak tergenang air jikalau hujan. Terakhir tunggu hingga bibit tumbuh daun 2-3 helai gres sanggup anda buka daunnya dan siram dengan air secukupnya.

Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Jahe Step by Step

5. Proses Perawatan Tanaman Wortel

Selanjutnya ialah proses perawatan tumbuhan wortel, tahap kelima dari cara menanam wortel ini ialah salah satu tahap penting yang akan menentukan hasil panen kedepannya. Meskipun tanama wortel tetap dapa tumbuh walaupun tidak dirawat tapi jadinya akan jauh dibandingkan dengan wortel yang dirawat.

Cara perawatan tumbuhan wortel 

Nah pada kesempatan kali ini kami SentraBudidaya akan menjelaskan beberapa perawatan penting supaya hasil panen wortel maksimal sebagai berikut ini.

  • Penjarangan dan penyiangan

Perawatan tumbuhan wortel yang pertama ialah penjarangan dan penyiangan, penjarangan ialah proses pengurangan jumlah tumbuhan dengan tujuan memperlihatkan ruang untuk tumbuhan lain tumbuh lebih besar dan subur. Kegiatan penjarangan dilakukan pada tumbuhan yang berumur 1 bulan dari masa awal tanam.

Selanjutnya penyiangan ialah proses pembersihkan lahan tanam wortel dari beberapa hama pengganggu baik tumbuhan maupun binatang menyerupai ulat, acara ini dilakukan pada tumbuhan yang berumur 1-2 namun juga tergantung kondisi lahan juga.

  • Pengairan

Tanaman wortel memerlukan ketersedia air yang cukup, supaya proses pemasakan makanannya tidak kurang alasannya ialah air mempunyai kegunaan sebagai materi pelarut zat hara yang akan dihisap oleh akar. Penyiraman dilakukan setiap hari pada tumbuhan wortel yang gres ditanam, namun jikalau tumbuhan sudah mulai tumbuh besar acara penyiraman sanggup dikurang tapi harus diingat tingkat kelembaban tempat harus diperhatikan.

  • Pemupukan susulan

Perawatan selanjutnya ialah pemupukan, anda sanggup memperlihatkan pupuk jikalau tumbuhan sudah masuk umur 30 hari. Pemupukan sanggup memakai pupuk organik ataupu anorganik, jikalau memakai pupuk anorganik anda sanggup menggunaka pupuk urea dan KCI dengan perbandingan 2:1 dan jikalau memakai pupuk organik sanggup memakai pupuk sangkar ataupun kompos dengan jumlah 1,5 kg diatas permukaan bedengan.

6. Proses Panen Wortel

Tahap terakhir dari cara menanam wortel ialah panen, acara ini bahwasanya tidaklah sulit namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan panen yaitu ketepatan waktu alasannya ialah jikalau dipanen diusia yang terlalu renta maka umbi akan keras dan kualitasnya akan turun oleh alasannya ialah itu usahakan untuk memanen wortel pada usia 3 bulan dari awal penanaman.

Cara menanam wortel berikutnya ialah panen, proses panen sangat lah gampang alasannya ialah anda hanya perlu mencabut umbi wortel dari tanah kemudian bersihkan dari kotoran. Anda sanggup membuang batang wortel atau dibiarkan saja semua tergantung permintaan pasar.

Nah itu ialah artikel kami mengenai Cara Menanam Wortel, pribadi praktekin saja tahap-tahap menanam wortel dan pribadi jadi petani wortel sukses. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi anda yang ingin memulai bisnis budiday wortel sekian terima kasih.

Simak juga: Panduan Cara Budidaya Timun yang Lengkap untuk Pemula!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Wortel Lengkap Untuk Pemula"

Posting Komentar