Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step By Step

Cara Menanam Nanas – Pada Kesempatan kali ini SentraBudidaya akan membagikan tips menanam nanas, tumbuhan yang sanggup badan diseluruh kawasan tropis ini mempunyai rasa cantik dan asam tentunya sangat menyegarkan. Selain itu nanas juga mempunyai daging buah tebal dan berwarna kekuningan serta nama latin dari tumbuhan ini adalah Ananas comosus.

Tanaman nanas berasal dari negara Brasilia, tumbuhan ini mempunyai beberapa ciri unik yaitu daun panjang dan runcing serta buah bersisikselain bentuk buah yang unik ternyata harga jual nanas di Indonesia juga cukup tinggi oleh lantaran itu aneka macam petani yang ingin memulai budidaya nanas namun takut mengalami kegagalan lantaran kurang pahamnya cara menanam nanas yang benar.

 tumbuhan yang sanggup badan diseluruh kawasan tropis ini mempunyai rasa cantik dan asam tentuny Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step by Step
Cara Menanam Nanas

Panduan Cara Menanam Nanas Step by Step

Namun anda tidak perlu khawatir lantaran kami akan membagikan tahap-tahap budidaya nanas dengan benar supaya hasil buah berlimpah dibawah ini: 

Pemilihan Bibit Nanas Berkualitas Unggulan

Dalam budidaya nanas, proses pemilihan bibit merupakan faktor terpenting yang akan memilih hasil panen anda nantinya. Jika bibit yang anda gunakan mempunyai kualitas unggulan atau terbaik serta cara menanam nanas yang dilakukan sesuai dengan klarifikasi kami ini maka hasil yang diperoleh tidak akan mengecewakan, oleh lantaran pilihlah bibit yang benar benar berkualitas unggulan dan terbaik.

 tumbuhan yang sanggup badan diseluruh kawasan tropis ini mempunyai rasa cantik dan asam tentuny Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step by Step
Pemilihan Bibit Nanas

Ciri ciri bibit nanas berkualitas unggulan yaitu daun tebal dan berisi, bebas dari serangan hama dan penyakit, masa pertumbuhan seragam.

Pada pemilihan bibit nanas anda sanggup memakai dua cara yaitu generatif dan vegetatif, dalam dua cara ini tentu terdapat salah satu cara yang lebih efesien yaitu teknik vegetatif lantaran anda tidak memerlukan waktu usang dalam proses budidaya dibandingkan dengan teknik generatif yang mengambil bibit pribadi ditunas nanas.

Pengolahan Lahan Tanam

Setelah bibit nanas siap, tahap selanjutnya dalam cara menanam nanas ialah pengolahan lahan. Meskipun budidaya nanas sanggup dilakukan dalam polybag ataupun pot, namun disini kami akan menjelaskan cara pengolahan lahan tanam nanas memakai bedengan atau lahan kosong disekitar area rumah anda.

Sebelum memulai pengolahan lahan pastikan lokasi yang anda pilih sudah memenuhi syarat tumbuh tumbuhan nanas diatas, supaya hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan.

Dibawah ini ialah langkah-langkah pengolahan lahan tanam nanas:

  • Siapkan alat berupa cangkul dan sabit serta pupuk sangkar kering
  • Lalu bersihkan lahan dari rumput maupun flora yang sanggup menghambat pertumbuhan nanas
  • Setelah lahan sudah bersihkan gembur tanah memakai cangkul dengan kedalam 30 cm, pada proses ini anda sanggup menambahkan pupuk sangkar kering dengan perbandingan 3:1 supaya kedua media tanam tersebut tercampur rata
  • Langkah selanjutnya buatlah bedengan dengan lebar 80 hingga 120 cm dan ketinggian mencapai 40 cm. Namun untuk panjangnya sanggup mengikuti kondisi lahan anda atau berdasar jumlah tumbuhan nanas yang akan ditanam
  • Begitu bedengan siap, lakukan pengecekan ph atau kadar keasaman tanah. Pastikan pH tanah mencapai 4,5 hingga 6,5 namun kalau kadar keasaman tanah terlalu tinggi lakukan proses pengapuran terlebih dulu yang bertujuan supaya tanah menjadi stabil.
  • Diamkan hingga satu ahad hingga bedengan benar-benar siap ditanam.

Proses Penanaman Nanas

Pada langkah selanjutnya anda akan melaksanakan proses penanaman nanas, perlu diingat penanaman nanas sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari tumbuhan gampang layu atau mati.

 tumbuhan yang sanggup badan diseluruh kawasan tropis ini mempunyai rasa cantik dan asam tentuny Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step by Step
Lahan Menanam Nanas

Berikut cara menanam nanas yang baik dan benar, yaitu :

  • Sebelum melaksanakan penanaman nanas, buatlah lubang diarea bedengan dengan ukuran 30X30X30 cm serta jarak antar tumbuhan mencapai 40 X 60 cm.
  • Lalu buat juga drainase disekitar area bedengan supaya pengaliran air lancar dan bedengan tidak tergenang air ketika masuk demam isu penghujan
  • Tanam bibit nanas dengan kedalam mencapai 3 hingga 5 cm pada bab pangkal
  • Setiap lubang ditanam satu bibit nanas, tujuanya supaya setiap tumbuhan menerima asupan nutrisi dan ruang pertumbuhan yang cukup
  • Setelah itu padatkan kembali tanah disekitar area penanaman supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan kokoh.
  • Langkah terakhir ialah penyiraman, lakukan penyiraman begitu bibit nanas selesai ditanam supaya kebutuhan akan air terpenuhi dan peresapan unsur hara sanggup dilakukan dengan mudah.

Artikel terkait: Cara Menanam Kacang Hijau Step by Step

Proses Pemeliharaan Tanaman Nanas

Dalam cara menanam nanas, langkah terpenting berikutnya ialah pemeliharaan. Pada proses ini anda akan melaksanakan pemeliharaan supaya tumbuhan benar benar memperoleh asupan nutrisi dan terhindar dari serangan hama serta penyakit.

Dibawah ini beberapa cara pemeliharaan tumbuhan nanas yang sanggup anda lakukan

  • Penyiraman

Pada umumnya tumbuhan nanas termaksud flora yang sanggup bertahan dalam kondisi yang panas maupun lokasi yang jarang menerima asupan air.

Namun kalau anda menginginkan hasil buah nanas yang berkualitas unggulan ada baiknya untuk melaksanakan proses penyiraman supaya peresapan unsur hara sanggup dilakukan secara maksimal. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari tujuannya supaya nanas lebih terangsang untuk berbuah, penyiraman dilakukan seminggu sekali saja.

  • Penyulaman

Pada proses pemeliharaan tumbuhan nanas berikutnya ialah penyulaman, aktivitas dilakukan untuk mengganti calon tumbuhan nanas yang mati namun hanya sanggup dilakukan pada bibit nanas berumur 1 ahad kebawah. Jika penyulaman dilakukan pada bibit nanas yang berumur lebih dari seminggu akan beresiko mengalami pertumbuhan yang tidak seragam.

  • Penyiangan

Lahan tumbuhan nanas akan gampang terjangkit gulma atau tumbuh pengganggu lainnya, lantaran lahan akan mendapatkan unsur hara yang tinggi sehingga merangsang gulma cepat tumbuh. Oleh lantaran itu anda harus sering melaksanakan penyiangan supaya lahan dan tumbuhan nanas terhindari dari gulma ibarat rumput.

  • Penggemburan

Proses pemilharan tumbuhan nanas yang satu ini cukup mudah, anda hanya perlu melaksanakan pengemburan tanah disekitar area lahan atau bedengan kemudian timbun disekitar tumbuhan nanas supaya tumbuhan lebih kokoh.

  • Pemupukan

Dalam proses pemupukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan nanas akan unsur hara sehingga proses pertumbuhan dan pembuahan sanggup dilakukan secara maksimal. Pada proses pemupukan anda sanggup melaksanakan 2 tahap yakni ketika tumbuhan nanas berumur 2 hingga 3 bulan semenjak awal penanam dan dilanjutkan pada tumbuhan yang berumur 3 hingga 4 bulan, lakukan pemupukan hingga tumbuhan nanas berbunga dan berbuah.

Anda sanggup memakai pupuk yang mengandung nitrogen, kalium, fosfor serta unsur hara mikro. Namun kalau budidaya nanas yang anda lakukan memakai teknik organik pemupukan sanggup dilakukan dengan pupuk sangkar kering dari binatang peliharaan ibarat sapi dan kambing.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pada kasus tumbuhan nanas diserang oleh hama dan penyakit sanggup mengakibatkan flora nanas megalami dilema pertumbuhan bahkan mati. Selain itu aneka macam petani pemula yang kurangnya pengetahuan mengenai pengendalian hama dan penyakit, oleh lantaran itu mereka sering mengalami gagal panen.

Kami disini sangat menyarankan untuk melaksanakan penyemprotan supaya hama dan penyakit sanggup terkendali, anda sanggup memakai insektisida untuk penyemprotan dan perendaman pangkal bibit memakai fungsida yang bertujuan supaya akar nanas tidak gampang busuk.

Proses Panen Nanas

Cara menanam nanas yang terakhir ialah panen, proses yang sangat ditunggu-tunggu oleh petani namun tahukah anda ternyata bibit dari teknik vegetatif  lebih cepat dipanen dibandingan bibit dari teknik generatif.

Dalam proses panen anda sanggup melakukannya dengan cara memotong tangkai buah memakai pisau yang steril dan tajam, lakukan panen dengan teliti dan hati-hati supaya kualitas buah nanas terjaga atau tidak rusak. Panen sanggup dilakukan sebanyak 3 periode yakni 25 % panen pertama, 50% panen kedua dan 25% panen ketiga.

Sekian isu dari kami mengenai cara menanam nanas, semoga artikel singkat ini sanggup menjadi rujukan yang baik dalam memulai budidaya nanas terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Di Pot yang Benar!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step By Step"

Posting Komentar