Operasi Pembagian Pada Bilangan Bulat

Untuk memahami operasi pembagian pada bilangan bulat,  Anda harus paham dengan konsep operasi perkalian pada bilangan bulat alasannya ialah pembagian merupakan operasi kebalikan dari perkalian. Untuk lebih gampang memahami pernyataan bahwa operasi kebalikan dari perkalian, silahkan perhatikan uraian berikut.

(a) 5 × 6 = 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 30
Di lain pihak, 30 : 5 = 6 atau sanggup ditulis
5 × 6 = 30 <=> 30 : 5 = 6.

(b) 6 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30
Di lain pihak, 30 : 6 = 5, sehingga sanggup ditulis
6 × 5 = 30 <=> 30 : 6 = 5.

Berdasarkan uraian di atas, tampak bahwa oprasi pembagian merupakan operasi kebalikan (invers) dari perkalian. Secara umum sanggup ditulis bahwa “Jika p, q, dan r bilangan bulat, dengan q faktor p, dan q 0 maka berlaku p : q = r <=> p = q × r”. Bagaimana operasi pembagian pada bilangan bulat?



Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk memahami operasi pembagian bilangan bulat, Anda harus paham dengan operasi perkalian pada bilangan bulat. Oke, kini silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pembagian Bilangan Bulat Positif dan Negatif
Untuk mengetahui operasi pembagian bilangan lingkaran positif dan negatif, silahkan perhatikanlah contoh-contoh berikut.
a. –2 × (–6) = 12, maka:
=> 12 : (–6) = –2
=> 12 : (–2) = –6

b. –3 × (–6) = 18, maka:
=> 18 : (–6) = –3
=> 18 : (–3) = –6

c. –4 × (–6) = 24, maka:
=> 24 : (–6) = –4
=> 24 : (–4) = –6

Berdasarkan contoh-contoh di atas sanggup disimpulkan bahwa hasil bagi bilangan lingkaran positif dengan bilangan lingkaran negatif ialah bilangan lingkaran negatif. Di mana Untuk setiap bilangan lingkaran a dan b selalu berlaku a : (– b) = – (a : b).

Pembagian Dua Bilangan Bulat Negatif
Untuk mengetahui operasi pembagian dua bilangan lingkaran negatif, silahkan perhatikanlah contoh-contoh berikut.
a. 2 × (–6) = –12, maka:
=> –12 : (–6) = 2

b. –3 × 6 = –18, maka:
=> –18 : (–3) = 6

c. 4 × (–6) = –24, maka:
=> –24 : (–6) = 4

Berdasarkan contoh-contoh soal di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa hasil bagi dua bilangan lingkaran negatif ialah bilangan lingkaran positif. Di mana untuk setiap bilangan lingkaran a dan b selalu berlaku (–a) : (–b) = (a : b).

Pembagian Bilangan Nol (0) dengan Bilangan Bulat
Untuk mengetahui operasi pembagian bilang nol dengan bilangan bulat, ingat kembali perkalian bilangan lingkaran dengan bilangan nol. Untuk setiap a bilangan lingkaran berlaku:
a × 0 = 0 => 0 : a = 0

Jadi, sanggup dituliskan bahwa “Untuk setiap bilangan lingkaran a, berlaku 0 : a = 0; a 0”. Hal ini tidak berlaku kalau a = 0, alasannya ialah 0 : 0 = tidak terdefinisi. Berdasarkan klarifikasi tersebut sanggup disimpulkan bahwa bilangan nol (0) apabila dibagi dengan sembarang bilangan (kecuali bilangan nol) karenanya ialah nol.


Oke, demikian postingan Mafia Online wacana operasi pembagian pada bilangan bulat. Silahkan baca wacana sifat-sifat pembagian pada bilangan bulat. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Operasi Pembagian Pada Bilangan Bulat"

Posting Komentar