Mudik Tak Sanggup Sinyal? Ini Cara Pakai Google Maps Offline

Technologue.id, Jakarta – Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia yang tak dapat ditinggalkan pada ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Semakin berkembangnya pembangunan infrastruktur, semakin bermacam-macam pula transportasi yang dipakai untuk dapat mencapai kampung halaman. Dan salah satunya ialah dengan memakai kendaraan pribadi, baik kendaraan beroda empat ataupun motor.


Baca Juga:

7 Game Seru Kaprikornus Pendamping Perjalanan Mudik


Berbeda dengan pengguna transportasi umum, persiapan untuk memakai kendaraan pribadi sebagai angkutan pulang kampung biasanya lebih banyak. Dan salah satu hal yang cukup penting ialah teknologi navigasi biar tak tersesat dan juga mencari jalur alternatif biar tak terjebak macet. Dengan sebuah smartphone, pemudik sebetulnya sudah dapat memakai aplikasi peta dan navigasi bawaan Google, yakni Google Maps.


Namun apa alhasil kalau di tengah perjalanan tiba-tiba kuota internetnya habis ataupun tidak mendapat sinyal? Sejatinya pemudik tak perlu khawatir, alasannya peta navigasi di Google Maps dapat dioperasikan tanpa sinyal, alias offline. Berikut langkahnya.


Baca Juga:

Telkomsel MAXstream Sajikan Informasi Lalu-lintas Mudik


1. Pastikan Anda Terkoneksi dengan internet


Sebelum dapat memakai Google Maps secara tanpa sinyal atau offline, tentunya Anda harus mend0wnl0ad petanya dahulu melalui internet. Oleh karenanya, disarankan biar mempunyai kuota data yang cukup atau memakai jaringan Wi-Fi dengan kecepatan yang tinggi. Sebab, biasanya peta yang did0wnl0ad dapat berkisar puluhan sampai ratusan megabyte, tergantung pada tujuannya.


2. Buka Aplikasi Google Maps di Smartphone atau Tablet


Setelah siap dengan koneksi internet kencang, Anda dapat membuka aplikasi Google yang ada pada smartphone maupun tablet. Fitur offline sendiri ketika ini sudah tersedia untuk platform Android maupun iOS. Jika belum memilikinya, pemudik dapat mend0wnl0adnya melalui Google Play Store ataupun Apple App Store.


3. Cari Lokasi Tujuan


Jika sudah aplikasi Google Maps sudah dibuka, langkah selanjutnya ialah mengetikkan lokasi tujuan (baik nama tempat, kota, jalan, gedung, dan sebagainya) pada kolom cuilan atas yang ada pada aplikasi tersebut.


4. Download Lokasi Tujuan


Lokasi sudah ditentukan, sekarang tinggal mend0wnl0ad lokasi tujuan pulang kampung Anda. Namun Google Maps tak serta merta menampilkan tombol untuk mend0wnl0adnya, karena secara default aplikasi ini memang dirancang untuk dipakai secara online.


Setelah memasukkan lokasi tujuan mudik, Google Maps akan menampilkan estimasi waktu dan jarak untuk mencapai tujuan. Selain itu, ada isu cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat. Lalu, dimana letak tombol d0wnl0ad petanya?


Tombol d0wnl0ad peta dapat ditemui sesudah Anda menekan kotak isu pada cuilan bawah. Setelah itu, tekan tombol hidangan yang ada di pojok kanan atas, kemudian akan muncul opsi “Download offline map”.


Baca Juga:

5 Akun Twitter yang Patut Dipantengin Selama Mudik


Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pemudik tak perlu lagi khawatir ketika kehilangan sinyal secara tiba-tiba atau lupa mengisi kuota data ketika di tengah perjalanan ke kampung halaman.


Secara default, Google Maps sendiri akan memakai mode online untuk menyajikan peta navigasi. Namun kalau ingin pribadi memakai mode offline atau sekadar memastikan mode offline dapat digunakan, Anda tinggal menonaktifkan data mobile.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudik Tak Sanggup Sinyal? Ini Cara Pakai Google Maps Offline"

Posting Komentar