Inilah 7 Fakta Menarik Perihal Kota Oxford

Kebanyakan orang niscaya sering mendengar University of Oxford sebagai salah satu universitas unggulan di dunia, tidak heran bila aneka macam yang ingin masuk ke sekolah tinggi tinggi ini. Berikut ini ialah tujuh fakta unik wacana Kota Oxford yang menarik untuk kau ketahui.

Ternyata Kota Oxford itu ...

1. Oxford sempat menjadi ibu kota Inggris pada tahun 1642-1646. Perang Saudara I tersebut terjadi alasannya ialah adanya perselisihan antara kelompok pendukung raja (Royalist) dan dewan legislatif (Parlementarist). Raja Charles I hingga harus mengungsi dari London dan mengakibatkan kota itu markas barunya. University of Oxford dikenal sebagai salah satu pendukung kelompok Royalist tersebut.

2. Oxford ialah rumah dari Alice Liddell yang menginspirasi tokoh utama di buku Alice in Wonderland. Ayah Alice merupakan dekan Christ Church College, salah satu kampus di Oxford. Pengarang Alice in Wonderland sendiri, Lewis Carroll, merupakan dosen Matematika dari universitas tersebut.

3. Pada zaman perang dunia kedua, Hitler berencana untuk mengakibatkan Oxford ibu kota, apabila ia sanggup menjajah Inggris. Karena itu, Hitler melarang Jerman untuk menjatuhkan bom di Oxford. Untungnya, planning yang berada dalam Operation Sea Lion tersebut ditinggalkan, sebelum hasilnya Jerman mendapatkan kekalahan.

4. Banyak band populer diseluruh dunia yang didirikan di Oxford, salah satunya grup band Radiohead. Frontman Radiohead, Thom Yorke, bahkan bekerja sama dengan mahasiswa Oxford’s University’s Said Business School untuk merilis albumnya secara online dengan BitTorrent.

5. Salah satu lokasi yang sering dipakai untuk syuting film layar lebar Harry Potter ialah Oxford. Oxford menjadi ide J.K. Rowling ketika menciptakan sekolah sihir Hogwarts dalam bukunya. Salah satu lokasi yang identik dengan Hogwarts ialah Christ Church College. Di samping menjadi lokasi syuting film fenomenal, Oxford sering disebut sebagai lokasi syuting terindah. Tidak heran Oxford menarik banyak turis untuk tiba mengunjunginya.

6. Punya Oxford English Dictionary di rumah? Meskipun kamus Bahasa Inggris tersebut berasal dari Oxford, kontributor utama kamus tersebut justru merupakan warga Amerika Serikat, William Chester Minor. Sebelumnya ia merupakan tentara Perang Sipil, namun ia diasingkan ke Inggris. Produktivitas Minor menciptakan editor Oxford English Dictionary terkesan hingga Minor hasilnya tenar di kalangan cendekia.

7. Sejarah berdirinya University of Oxford sering dikaitkan dengan legenda Putri Frideswide. Putri Frideswide ingin mendedikasikan dirinya untuk gereja, akan tetapi Pangeran Aelfgar memaksanya untuk menikah. Frideswide hasilnya melarikan diri ke Oxford. Menurut legenda, Aelfgar menjadi buta sempurna sesudah ia menemukan Frideswide dan berniat menyakitinya. Frideswide lalu mendirikan gereja di Oxford dan dinobatkan sebagai santo pelindung Oxford.

Sebagai universitas tertua kedua di dunia, tidak heran bila sejarah University of Oxford kian kaya dan beragam. Diantara ketujuh fakta tersebut, fakta mana saja yang paling mengejutkan buatmu?

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Fakta Menarik Perihal Kota Oxford"

Posting Komentar