Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Juni 2019

Burung Tekukur – Bagi para penggemar burung kualitas bunyi ialah yang paling utama. Apalagi jikalau akan dipakai untuk kontes atau perlombaan maka wajib mempunyai kicauan yang nyaring dan merdu. Ada berbagai burung kicau yang sering dipakai ibarat jalak, kenari, dan masih banyak lagi.

Namun untuk nama burung derkuku tetap menjadi yang paling legendaris dan sudah menjadi andalan para penggemar burung semenjak puluhan tahun lalu. Burung ini mempunyai bentuk badan yang cukup besar dan sekilas justru ibarat mirip dara, hanya saja bunyi dari burung derkuku lebih nyaring dan bentuk tubuhnya pun juga lebih ramping.

 Bagi para penggemar burung kualitas bunyi ialah yang paling utama Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Juni 2019

Sayangnya alasannya ialah kini sudah tidak lagi terkenal menciptakan harga dari burung derkuku / tekukur semakin jatuh dipasaran, meskipun begitu tetap banyak penggemar burung yang menyukai derkuku terutama bagi masyarakat pedesaan. Perawatannya pun juga cukup gampang dan tidak memerlukan makanan khusus.

Baca juga : Harga Burung Gagak Terbaru

Cara Menjodohkan Derkuku

Nah untuk menerima keturunan burung derkuku yang berkualitas dengan bunyi merdu ada beberapa tips atau cara menjodohkan. Ternyata menjodohkan burung derkuku bukanlah hal yang sulit dan tidak ribet. Berikut cara menjodohkan derkuku :

  1. Pilihlah burung puter pelung betina dan burung derkuku jantan yang dewasa, siap kawin.
  2. Mandikan keduanya hingga basah.
  3. Kedua burung disatukan dalam sangkar, kemudian dijemur di panas matahari dengan diberi makanan dan minuman secukupnya.
  4. Setelah bulu burung-burung tersebut kering, keduanya diberi BirdMature kapsul (bisa dilihat di sini untuk mengetahui fungsi dan pemakaiannya) dengan cara disuapkan. Masing-masing diberi satu kapsuL dan dipastikan telah tertelan hingga ke tembolok.
  5. Keduanya dimasukan ke dalam sangkar kecil, kemudian dikerodong dengan kain atau kertas koran. Dalam sangkar kecil ini disediakan makanan dan minumam untuk dua hari.
  6. Biarkan kedua burung berada dalam sangkar tersebut selama dua hari.
  7. Pada hari berikutnya sangkar tertutup yang berisi dua burung dijemur di panas matahari selama satu setengah jam.
  8. Setelah dijemur selama satu setengah jam, kedua burung dimasukkan ke sangkar penangkaran yang telah disiapkan.
  9. Dalam waktu tujuh hari burung betina niscaya sudah menampakkan gejala akan bertelur.

Kandang penangkaran dan perlengkapannya

Nah jikalau pengen punya burung derkuku / tekukur yang berkualitas maka harus punya sangkar yang baik dan steril, berikut sangkar yang baik bagi burung derkuku :

  1. Lokasi sangkar penangkaran harus bebas dari segala gangguan kebisingan yang sanggup menjadikan burung stres.
  2. Kandang penangkaran harus memperoleh sinar matahari yang cukup.
  3. Kandang penangkaran harus senantiasa higienis dan tidak sanggup dimasuki oleh binatang-binatang pengganggu ibarat tikus dan kucing.
  4. Kandang penangkaran tidak perlu terlalu luas. Idealnya berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 1,8 m. Meskipun dcmikian, dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm pun bekerjsama derkuku sudah mau berkembang biak. Bahkan, ada sebagian peternak yang menentukan sangkar penangkaran berukuran kecil alasannya ialah bawah umur derkuku sanggup lebih jinak.
  5. Tersedia daerah atau sarang untuk bertelur dengan baik. Sarang sebaiknya dari daun pinus atau cemara yang kering.
  6. Di dalam sangkar tersedia makanan dan minuman yang cukup juga perlu disediakan pula grit (tuinbukan kulit kerang) untuk membantu pemenuhan zat kapur bagi burung yang bertelur.

Baca juga : Harga Burung Trucukan Terbaru

Ketika derkuku mulai bertelur, mengeram, dan telurnya menetas

Setelah burung derkuku dilakukan perjodohan kemudian si betina akan membangun sarang untuk bertelur, biasanya derkuku akan bertelur sebanyak 2 butir dan akan dierami selama 14 hari. Namun biasanya anak dari derkuku yang menetas banyak jantan daripada betina, berikut cara memelihara burung derkuku dikala masa eraman semoga tidak gampang mati :

  1. Telur diambil dan ditetaskan pada pasangan burung puter. Selanjutnya pengasuhan anak derkuku diserahkan kepada pasangan burung puter tersebut hingga piyik tersebut sanggup makan sendiri.
  2. Telur ditetaskan oleh induk derkuku. Setelah anakan berusia lima hari pengasuhannya diserahkan kepada pasangan burung puter hingga piyik derkuku tersebut sanggup makan sendiri dan tidak tergantung pada induknya, kurang lebih berumur satu bulan.
  3. Telur dierami sendiri oleh indukan derkuku dan pengasuhan piyik oleh indukan derkuku itu sendiri hingga piyik sanggup makan sendiri dan tidak tergantung kepada induknya.

Harga Burung Derkuku

Sementara itu untuk harga burung derkuku tergolong sangat murah dan anda sanggup saja memperolehnya dengan harga dibawah Rp 100 ribu untuk satu pasang. Burung derkuku lokal biasanya dijual dengan harga Rp 75 ribuan sedangkan yang paling mahal ialah kelantan dengan banderolnya mencapai Rp 500 ribu. Untuk lebih gampang disimak, kami tampilkan dalam tabel berikut di bawah ini :

Jenis Harga
Harga Derkuku Deruk Rp 100.000
Harga Derkuku Hutan Rp 50.000
Harga Derkuku Klantan Rp 500.000
Harga Derkuku Lokal Rp 75.000
Harga Derkuku Sinom Rp 100.000
Harga Derkuku Putih Rp 1.000.000
Harga Derkuku Hijau Rp 500.000

Demikian tadi informasi wacana cara merawat burung derkuku / tekukur dan juga tips perjodohan. Namun jikalau anda resah dengan cara diatas sanggup juga dengan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman semoga tidak terdapat kesalahan.

Kata kunci:

harga burung tekukur,harga burung derkuku,Harga derkuku,harga burung deruk,harga tekukur kuk 3,tekukur kelantan,harga derkuku klantan,harga burung tekukur betina,harga burung derkuku kok 3,harga derkuku kelantan 2019


Sumber https://jenisburung.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Juni 2019"

Posting Komentar