Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar

Cara Merawat Kacer – Selain burung lovebird, murai kerikil dan kenari, ada satu lagi jenis burung kicau yang cukup digemari di Indonesia yaitu kacer. Burung ini tidak hanya punya bunyi yang khas namun juga mempunyai bulu sangat indah dan ekor yang unik. Burung kacer ketika berkicau semua badannya akan bergoyang kemudian membuka semua sayap yang tentu saja terlihat sangat unik.

Meskipun banyak digemari namun merawat burung kacer cukup sulit dan dilarang dilakukan sembarangan. Burung ini juga populer bergairah sehingga bagi yang berasal dari alam membutuhkan waktu yang cukup usang untuk menjinakkannya. Nah di kesempatan kali ini saya akan menunjukkan beberapa tips bagaimana cara merawat burung kacer yang benar dan tepat.

 ada satu lagi jenis burung kicau yang cukup digemari di Indonesia yaitu kacer Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar

Cara merawat burung kacer :

• Sangkar

Sangkar yakni yang paling utama dan pastikan selalu dalam keadaan higienis supaya terhindar dari penyakit

• Pakan

Untuk soal pakan anda dapat memberikannya mulai dari jam 7 pagi dengan masakan utama menyerupai serangga serta diselingi voer

• Seting harian

  1. Perawatan harian burung ini dimulai dari pagi hari antara pukul 06.30 atau 07.00 dengan mengangin-anginkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.
  2. Setelah itu burung kemudian dibandingkan dengan disemprot hingga berair kuyup atau dengan menggunakan kerambah.
  3. Sambil burung dimandikan, anda dapat juga membersihkan atau menunjukkan perawatan untuk kandang dan mengganti masakan serta minuman.
  4. Setelah dimandikan, burung kemudian dijemur selama kurang lebih 1 hingga 2 jam dan diberi extra food berupa jangkrik, dapat 3 hingga 5 ekor. Pemberian masakan ekstra menggunakan pinjaman lidi maupun menggunakan tangan apabila sudah jinak.
  5. Saat menjemur burung, anda dapat menempatkannya di daerah yang ramai atau banyak dilalui orang semoga burung terbiasa dengan insan dan lebih gampang menjadi jinak.
  6. Setelah di jemur, burung kembali diangin-anginkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  7. Setelah itu, burung dapat diistirahatkan atau diperdengarkan master untuk melatih suaranya. Saat istirahatkan, burung sebaiknya tidak dikerodong.
  8. Pada sore hari, dimulai dari pukul 15.30 atau pukul 16.00 anda dapat mengangin-anginkannya kembali sebelum dimandikan.
  9. Setelah memandikan burung, anda dapat memberikannya extra food berupa 3 hingga 5 ekor jangkrik, kroto atau yang lainnya. Kemudian dijemur dan diangin-anginkan kembali sebelum di istirahatkan pada malam hari.
  10. Pada malam hari contohnya menjelang magrib, anda dapat mengkrodong burung ini dan memperdengarkan master.

• Mencegah semoga tidak mbagong

Supaya tidak mbagong anda dapat melatih menggunakan burung master lain setiap hari atau dapat juga menggunakan audio MP3 pada sore hingga menjelang malam

• Mastering

Dalam proses mastering yang paling sempurna yakni ketika sore hari dan anda dapat menggunakan bunyi beberapa jenis burung. Sedikit tips untuk melatih bunyi dari burung kacer ini yakni lakukan pemasteran ketika kenari sedang beristirahat total, dengan begitu burung ini akan lebih fokus terhadap bunyi yang didengar dibandingkan ketika siang hari.

Baca juga : Tips Agar Burung Kacer Cepat Gacor

Itulah tadi cara-cara gampang merawat burung kacer yang benar dan tepat. Semoga warta yang saya berikan tadi dapat bermanfaat buat anda terutama para pemula yang ingin memelihara burung berbulu manis ini.

Kata kunci:

burung kacer supaya jinak,tips merawat 2 kacer


Sumber https://jenisburung.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar"

Posting Komentar