Cara Menanam Kacang Hijau Step By Step

Cara Menanam Kacang Hijau – Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya kacang hijau. Tumbuhan yang kaya akan nutrisi serta harga jual yang murah (relatif) menjadi kacang hijau sebagai salah satu sayuran yang cukup popular di Indonesia.

Kacang hijau termaksud tumbuhan yang gampang dibudidayakan diseluruh tempat Indonesia, sehingga anda sanggup membuka perjuangan pertanian kacang hijau sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Meskipun termaksud tumbuhan yang gampang dibudidayakan, kacang tetap memerlukan perawatan khusus biar sanggup tumbuh secara maksimal. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menanam kacang hijau step by step dibawah ini. Sebelum itu ada baiknya anda mengetahui syarat tumbuh tumbuhan kacang hijau menyerupai ketinggian lokasi, pH atau kadar keasaman tanah serta jenis tanah berikut ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau

Sebelum kami membahas cara menanam kacang hijau step by step, kami akan sedikit membahas syarat tumbuh tumbuhan kacang hijau terlebih dulu biar dikala proses budidaya yang akan dilakukan sanggup berjalan sesuai impian anda.

Tanaman kacang hijau sanggup tumbuh dengan subur pada lokasi dataran rendah dengan ketinggian mencapai 500 mdpl, selain jenis tanah yang cocok untuk budidaya kacang hijau ialah subur, kaya akan nutrisi serta gembur sehingga akar kacang hijau sanggup berkembang biak dengan optimal.

Selanjutnya pH atau kadar keasaman tanah mencapai 5 hingga 6, namun jikalau lokasi yang anda pilih mempunyai kadar keasaman melebihi kisaran ideal maka lakukan proses pengapuran terlebih dulu biar tanah menjadi stabil.

 pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya kacang hijau Cara Menanam Kacang Hijau Step by Step
Cara Menanam Kacang Hijau

Panduan Cara Menanam Kacang Hijau

Selanjutnya kami akan membahas topik utama dari artikel ini yaitu cara menanam kacang hijau step by step dibawah ini, yaitu :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas Unggulan

Pada tahap pertama dalam cara menanam kacang hijau ialah pemilihan bibit berkualitas unggulan, disini kami menyarankan untuk memakai bibit yang benar-benar mempunyai kualitas manis sehingga proses budidaya kacang sanggup dilakukan secara maksimal serta hasil panen nantinya akan berlimpah.

Namun sebagai orang awam yang masuk kedalam dunia pertanian tentu anda tidak mengetahui cara menentukan bibit kacang hijau berkualitas unggulan, disini kami akan menjelaskan beberapa ciri dari bibit berkualitas, yaitu :

  • Masa pertumbuhan bibit seragam
  • Bibit berkualitas akan menghasilkan akar banyak sehingga tumbuhan sanggup bangun dengan kokoh
  • Tanaman sanggup mengikuti keadaan dengan gampang dilingkungan baru
  • Tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

2. Proses Penyemaian Bibit Kacang Hijau

Cara menanam kacang hijau selanjutnya ialah proses penyemaian, pada proses ini mempunyai tujuan biar calon tumbuhan kacang hijau sanggup tumbuh maksimal, gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan gres serta menerima perawatan secara penuh sehingga bibit akan bertunas dengan waktu yang lebih cepat.

Penyamian kacang sanggup dilakukan dengan cara membasahi benih atau bibit memakai air higienis kemudian dikeringkan dengan hembusan angin selama 4 hingga 5 jam atau hingga bibit berkecambah.

3. Pengolahan Lahan Tanam Kacang Hijau 

Pada cara menanam kacang hijau berikutnya ialah pengolah lahan, sebelumnya kami sudah menjelaskan beberapa syarat tumbuh kacang hijau diatas baik jenis tanah, ketinggian lokasi budidaya serta kadar keasaman tanah atau pH. sesudah semua syarat diatas terpenuhi, anda sanggup masuk ketahap pengolahan lahan dengan menciptakan bedengan yang mempunyai luas 100 cm, tinggi 50 cm serta panjang yang diubahsuaikan dengan kondisi lahan milik masing-masing.

Begitu selesai mengolah lahan menjadi bedengan, buatlah drainase disekitar area bedengan biar pengairan lancar sehingga dikala proses budidaya masuk demam isu penghujan bedengan tidak tergenang air alasannya ialah kacang hijau tidak menyukai kondisi tanah yang lembek.

Lalu buat juga lubang memakai alat tugal bermata tiga, fungsi dari tugal bermata 3 ialah lubang pertama dipakai untuk menanam bibit kacang hijau, lubang kedua dan ketiga untuk derma pupuk kadang jering. Jarak setiap lubang penanaman kacang hijau ialah 25cm x 25 cm.

4. Proses Penanaman Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tumbuhan tropis sehingga cocok ditanam pada demam isu kemarau, jikalau ditanam pada demam isu penghujan takut akar dari kacang sanggup membusuk sehingga tidak kokoh dan gampang roboh bila tertiup angin. Lubang yang anda siapkan sebelumnya diberi 2 bibit setiap lubang dan lubang kedua dan ketinga diberi pupuk kadang kemudian tutup memakai tanah dengan tipis.

Cara menanam kacang hijau lebih baik dilakukan pada pagi atau sore, sehingga calon tumbuhan tidak kering alasannya ialah sinar matahari. Penyiraman sangat perlu dilakukan biar proses pembuatan makanan kacang hijau sanggup dilakukan secara optimal sehingga kacang hijau sanggup tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Panduan Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar

5. Proses Perawatan Kacang Hijau

Tumbuhan sanggup tumbuh dengan subur jikalau dilakukan proses perawatan, oleh alasannya ialah itu kami sangat menyarankan anda untuk melaksanakan proses perawatan yang sanggup dengan gampang dilakukan tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Cara menanam kacang hijau sangat memerlukan perhatian lebih khusus dibandingkan tahap tahap budidaya kacang hijau lainnya, dibawah ini beberapa cara perawatan yang sanggup anda lakukan, yaitu :

  • Pengairan atau Penyiraman

Tanaman sangat memerlukan air untuk proses fotosintesis, terutama pada masa berbuah kacang hijau akan sangat banyak memerlukan air oleh alasannya ialah itu lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari. Setelah tumbuhan kacang hijau masuk masa vegetative lakukan proses penyiraman lebih rutin namun tetap memperhatikan tekstur tanah jangan hingga lembek alasannya ialah tumbuhan ini tidak menyukai tanah becek. 

  • Penyulaman dan Penyiangan 

Proses penyulaman sanggup dilakukan pada tumbuhan yang berumur 17 hari kebawah, tujuannya biar kacang hijau sanggup tumbuh seragam dengan tumbuhan kacang hijau lainnya. Penyulaman ialah mengganti bibit yang sudah mati atau layu dengan bibit gres biar sanggup memaksimalkan panen nantinya.

Selain itu lakukan proses penyiangan atau pencucian lahan dari hama pengganggu menyerupai rumput atau hewan, hindari penggunaan pestisida jikalau budidaya yang anda lakukan organik, namun jikalau anda menentukan melaksanakan budidaya secara anogarnik silahkan lakukan penyemprotan rumput memakai pestisida. Proses penyiangan dilakukan pada lahan yang sudah ditumbuhi rumput atau lahan yang berumur kurang lebih 1 bulan.

  • Pemupukan

Proses pemupukan dilakukan biar kacang hijau menerima asupan nutrisi secara maksimal sehingga budidaya sanggup berjalan sesuai dengan impian anda. Pemupukan dilakukan 2 tahap, tahap pertama dikala proses awal penanaman dan tahap kedua pada dikala tumbuhan mulai berbunga. Berikan pupuk dengan takaran Urea 50 kg / hektar lahan, TSP 100kg / hektar lahan, dan juga pupuk KCL dengan takaran 50kg / hektar lahan.

  • Pemberantasan Hama dan Penyakit

Hal yang tidak kalah pentingnya dari semua perawatan di atas ialah pengendalian hama dan penyakit yang tidak jarang menciptakan petani kacang hijau harus menelan pil pahit yang sanggup menjadikan panen menurun atau bahkan gagal.

Sebelum kita membahas bagaimana cara memberantas hama kacang hijau, anda sanggup melaksanakan tindakan pencegah terlebih dahulu, caranya yaitu menanam tumbuhan kacang hijau dengan cara selang seling dengan tumbuhan lainnya. Lakukan hal tersebut secara serempak selama 10 hari. Setelah itu, tutup lubang tanam dengan jerami.

Cara ini dirasa cukup mudah dilakukan biar hama dan penyakit tidak menyerang tumbuhan kacang hijau kau nantinya.

Adapun hama kacang hijau yang biasanya menyerang menyerupai lalat kacang dan bercak daun anda sanggup memakai Azordin 15 WSC dan Agrothion 50 EC dalam membasmi lalat kacang. Lalat kacang sangat gampang dibasmi dengan memakai ramuan tersebut.

Cukup semprotkan pada tumbuhan kacang hijau kamu. Berbeda halnya dengan lalat kacang, bahwa bercak daun sanggup dibasmi dengan memakai Benlate T 20 WP. Jadi, kau sanggup membasmi keduanya atau pilih salah satu dengan melihat hama dan penyakit mana yang paling lebih banyak didominasi pada tumbuhan kacang hijau kamu.

Cara pembasmian hama dengan zat kimia ini tentu menjadi solusi terakhir bila cara pencegahan menyerupai di atas tidak berhasil.

6. Proses Panen Kacang Hijau

Tahap terakhir dari cara menanam kacang hijau ialah panen, pada tahap ini banyak petani pemula melaksanakan kesalahan sehingga proses panen yang seharusnya sanggup menghasilkan buah berkualitas unggulan malah meruks kualitas tanpa disadari oleh petani.

Panen dilakukan pada tumbuhan yang berumur 60 hingga 80 hari semenjak awal budidaya, kacang hijau yang siap dipanen mempunyai ciri-ciri menyerupai buah atau polong akan gampang pecah serta kondisi buah kering.

Proses panen sanggup dilakukan setiap hari, sesudah kacang hijau dipetik kemudian jemur hingga berubah warna atau menguning kemudian masukan kedalam karung dan pukul secara perlahan hingga biji terlepas dari polong.

Kacang hijau kaya akan manfaat bagi badan serta sayuran yang sangat popular diseluruh Indonesia alasannya ialah mempunyai rasa yang nikmat. Selain itu budidaya kacang hijau juga cukup sehingga banyak petani melaksanakan penanaman kacang hijau sebagai perjuangan rumah yang menjanjikan.

Sekian isu dari kami mengenai cara menanam kacang hijau semoga bermanfaat, terima kasih. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Simak juga: Panduan Cara Menanam Sayuran Hidroponik


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Kacang Hijau Step By Step"

Posting Komentar