Cara Budidaya Cabai Di Polybag Yang Lengkap

Cara Menanam Cabe Di Polybag – Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas budidaya cabai dipolybag hingga panen dengan metode yang sangat sederhana. Kebutuhan cabai di Indonesia selalu mengalami peningkatan dan nilai jualnya juga cukup mahal, oleh sebab itu budidaya cabai merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Cara menanam cabai di polybag sering dilakukan oleh petani yang tinggal di kota sebab kebutuhan lahan yang tidak memadai sehingga lebih menentukan pot atau polybag sebagai tempat budidaya cabe. Tanaman yang cocok dibudidayakan pada tempat dataran tinggi maupun dataran rendah yang mempunyai ketinggian 0 hingga 2000 mdpl serta suhu tempat yang cocok untuk budidaya cabai yaitu 24 hingga 27 derajat celcius.

Begitu banyak jenis cabai di Indonesia salah satunya cabai keriting, cabai ini sangat cocok dibudidayakan dalam polybag sebab lebih tahan terhadap perubahan iklim serta mempunyai rasa yang banyak digemari masyarakat pribumi.

 pada kesempatan kali ini kami akan membahas budidaya cabai dipolybag hingga panen dengan m Cara Budidaya Cabe Di Polybag yang Lengkap
Cara Menanam Cabe Di Polybag

Manfaat Cabe Untuk Tubuh

Selain gampang dibudidayakan ternyata cabai juga kaya akan manfaat untuk tubuh, sebelum kami menjelaskan cara menanam cabai di polybag ada baiknya anda sebagai konsumen mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh tubuh sehabis mengkonsumsi cabe, yaitu :

  1. Membantu proses pencernaan, sebab sehabis anda mengkonsumsi cabai usus akan menghasilkan enzim sehingga asam lambung mengalami kenaikan.
  2. Membantu proses penurunan berat badan, sebab cabai sanggup membantu anda dalam memperabukan lemak didalam tubuh.
  3. Mengobati infeksi, cabai mengandung jamur yang berkhasiat untuk menymbuhkan jerawat didalam tubuh.
  4. Mengatasi nyeri pada sendi tulang, cabai mengandung capcaisin yang berfungsi untuk mengurasi rasa nyeri pada sendi.
  5. Obat kanker , cabai sanggup menghilangkan sel-sel mati kanker didalam tubuh namun tidak merusak sel orisinil manusia.

Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Step by Step

Panduan Cara Menanam Cabe Di Polybag

Setelah kami membahas ciri-ciri tempat yang cocok untuk budidaya cabai dan beberapa manfaat yang diperoleh tubuh sehabis mengkonsumsi cabe, selanjutnya kami akan membahas cara menanam cabai di polybag dibawah ini:

1. Pemilihan benih cabai

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa cabai keriting yaitu jenis cabai yang sangat cocok dibudidayakan dalam polybag sebab lebih tahan dari perubahan iklim, namun cabai keriting masih mempunyai beberapa jenis lainnya yaitu bibit unggul dan varietas lokal.

Cabe bibit unggul mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan dengan bibit cabai varietas lokal namun jenis cabai perlu menerima perawatan khusus yaitu derma produk obat-obatan tertentu semoga tumbuhan cabai sanggup tumbuh dan berbuah maksimal.

Jika anda resah cara menentukan bibit cabai berkualitas unggulan, disini kami akan menunjukkan beberapa tahap dalam menentukan bibit unggulan yaitu :

  • Ambil bibit dari buah yang paling bawah sebab cabai akan lebih cepat tumbuh
  • Selain itu pastikan bibit berasal dari cabai yang benar benar masak
  • Bibit berukuran besar akan baik dipakai sebagai indukan budidaya cabe
  • Dan pastikan bibit atau indukan cabai tidak mempunyai cacat.

2. Proses penyemaian bibit cabe

Lakukan proses penyemain cabai bertujuan semoga calon tumbuhan cabai lebih gampang tumbuh dan lebih gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, selain itu anda sebagai petani akan gampang melaksanakan pengontrolan dan anda juga sanggup melaksanakan pemisahan bibit yang mempunyai kualitas berbeda semoga masa pertumbuhan seragam. Berikut ini tahap – tahap penyemain cabe, yaitu :

  • Gunakan polybag dengan ukuran kecil sebagai tempat penyemaian bibit cabe
  • Lalu siapkan media semai berupa tanah humur, jerami dan pupuk sangkar kering dengan perbandingan 3:1:1
  • Setelah itu taburkan bibit cabai yang sudah anda siapkan sebelumnnya dan lakukan penyiraman pada pagi serta sore hari secara rutin
  • Biarkan bibit selama 3 hingga 4 ahad atau bibit cabai sudah tumbuh tunas serta mempunyai daun 2 hingga 3 helai.

Artikel terkait: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!

3. Pengolahan media tanam cabai      

Setelah proses penyemaian bibit cabai selain tahap selanjutnya dalam cara menanam cabai di polybag yaitu proses pengolahan media tanam. Siapkan polybag yang akan dipakai sebagai tempat budidaya cabai baik dari plastic, semen, tanah dan keramik dengan ukuran 30 cm.

Setelah itu buat lubang di dasar polybag sebagai jalan masuk drainase atau pengairan sehingga dikala proses penyiraman air tidak menggenangi tumbuhan cabai yang sanggup menyebabkan pembusukan tumbuhan dan buah cabai itu sendiri.

Cara menanam cabai di polybag sanggup memakai media tanam berupa tanah humus, kompos, pupuk sangkar kering, padi sekam dan arang sekam dengan perbandingan 3:1. Setelah itu media tanam siap, masukkan kedalam polybag dan biarkan hingga bibit cabai siap dipindahkan.

 pada kesempatan kali ini kami akan membahas budidaya cabai dipolybag hingga panen dengan m Cara Budidaya Cabe Di Polybag yang Lengkap
Media Tanam Cabai – Kompos

4. Proses penanaman cabai di polybag

Cara menanam cabai di polybag sanggup dilakukan sehabis proses penyemaian dan pengolahan lahan siap, usahakan untuk menanam cabe pada pagi dan sore hari. Ambil bibit cabai dari tempat penyemaian, lakukan dengan hati-hati semoga tumbuhan tidak rusak kemudian tumbuhan bibit cabai didalam polybag dengan kedalam 5 hingga 7 cm.

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari semoga cabai memperoleh kebutuhan air dengan cukup, selain itu pengecekan drainase juga perlu dilakukan semoga tumbuhan cabai tidak tergenang air yang sanggup menyebabkan kematian.

5. Proses pemeliharaan tumbuhan cabe

Setelah cara menanam cabai dipolybag anda lakukan, terdapat tahap penting lainnya yang sanggup mensugesti kualitas cabai yaitu pemeliharaan cabe. Pemeliharaan cabai dilakukan semoga tumbuhan cabai terhindar dari serangan hama dan penyakit serta kebutuhan akan unsur hara dan air sanggup terpenuhi. Berikut cara pemeliharaan cabai dipolybag yang sanggup anda lakukan, yaitu :

Lakukan pemupukan dengan takaran lebih banyak dibandingkan dengan pemupukan sebelumnya, anda sanggup memakai pupuk NPK atau pupuk sangkar kering setiap sebulan sekali. Selain itu lakukan penyiram setiap 3 hari sekali apabila proses budidaya masuk demam isu kemarau, namun kalau budidaya masuk demam isu hujan anda sanggup mengurangi proses penyiraman menjadi 5 hingga 6 hari sekali.

Pemberian ajiran bamboo berkhasiat untuk menopang tumbuhan cabai semoga tidak gampang roboh, ditambah tumbuhan cabai gres masuk masa berbuah dan lakukan perompesan pada tunas tunas muda pada tumbuhan yang sudah berumur 20 hari tujuannya semoga tumbuhan tidak tumbuh kesamping.

Pemeliharaan tumbuhan cabai dipolybag terakhir yaitu penyemprotan pestisida semoga hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan cabai sanggup hilang. Namun kalau anda melaksanakan budidaya cabai organik sanggup melaksanakan penyemprotan dengan pestisida alami dengan takaran yang sama.

6. Proses panen cabai

Cara  menanam cabai dipolybag yang terakhir yaitu panen,  pada proses ini dilakukan sesuai dengan variasi cabai yang anda pilih. Cabe yang siap dipanen mempunyai warna merah tepat sehingga bobot tahan selama 2 hingga 3 hari sebelum terjual. Lakukan proses panen pada pagi dan sore hari semoga buah cabai tidak gampang kering. Berikut ini yaitu tahap-tahap panen cabai yang sanggup anda lakukan, yaitu :

  • Panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari
  • Proses pemetikan sanggup dilakukan dengan cara memutar buah jangan ditarik
  • Pastikan buah benar benar sudah renta semoga kualitas yang dihasilkan terjaga.

Cabe merupakan tumbuhan yang gampang dibudidayakan, serta baik untuk kesehatan tubuh, menanam cabai di polybag merupakan solusi dari keterbatasan lahan tanam dan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karenanya kalau dilakukan dengan benar. Sekian info dari kami mengenai cara menanam cabai di polybag semoga bermanfaat, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Hidroponik


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Cabai Di Polybag Yang Lengkap"

Posting Komentar