Cara Bercocok Tanaman Cengkeh Dengan Mudah

CARA BERCOCOK TANAM CENGKEH DENGAN MUDAH CARA BERCOCOK TANAMAN CENGKEH DENGAN MUDAH

Cengkeh atau Eugenia aromaticum memang banyak peminatnya. Tanaman yang kerap dibentuk sebagai bumbu kuliner dan materi utama rokok ini mempunyai prospek yang tinggi. Oleh alasannya yakni itu, disini akan dibagikan cara budidaya Cengkeh yang benar.

Sebelum menanam tumbuhan cengkeh yang merupakan identitas Provinsi Maluku Utara ini, anda harus memperhatikan hal-hal dibawah ini:

Cara Budidaya Cengkeh Secara Garis Besar

1. Pemilihan bibit
Pilihlah bibit dengan tinggi minimal 60 cm yang berumur 1 tahun dan 90 cm drngan umur 2 tahun. Akar tunggangnya lurus dan sehat dengan panjang ±45 cm. Mempunyai batang tunggal dan jumlah rata-rata percabangan 7 pasang dengan warna daun hijau tua.

2. Penanaman
Siapkan lahan untuk menanam bibit cengkeh, kemudian berilah pupuk sangkar 2 ahad hingga 1 bulan sebelum bibit ditanam. Buatlah susukan drainase untuk mengatur kelebihan air. Kemudian perhatikan jarak tanam yang tidak terlalu dekat. Penanaman yang baik untuk cengkeh yaitu pada awal isu terkini hujan.
3. Pemeliharaan
terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk memelihara tumbuhan cengkeh:

  • Pengelolaan lahan dan tanaman, lakukanlah penggemburan tanah disekeliling tumbuhan dengan mencangkul ± 10 cm. Anda sanggup melaksanakan 2x selama setahun yaitu diawal dan tamat isu terkini hujan. Jangan lupa membersihkan alang-alang hingga pada akarnya.
  • Penyulaman dilakukan pada isu terkini hujan.
  • Penyiraman, siramlah tumbuhan cengkeh pada isu terkini kemarau ketika awal pertumbuhan. Setelah dewasa, tidak perlu lagi menyiram kecuali iklim sangat kering.
  • Pemasangan mulsa, mulsa dipasang menjelang isu terkini kemarau. Tujuannya untuk menjaga kelembaban tanah.4. Pemupukan
  • Anda sanggup memakai pupuk organik (pupuk sangkar atau kompos) dan pupuk anorganik. Pupuk anorganik yang berbentuk butiran sanggup dilakukan dua kali setahun, yaitu pada awal dan tamat menjelang isu terkini hujan. Sedangkan pupuk anorganik berbentuk tablet hanya setahun sekali, yaitu pada awal isu terkini hujan.

5. Panen
Panen dilakukan sekitar 6 bulan sehabis setelah satu atau dua bunga mekar dan berwarna kuning kemerah-merahan dengan kepala bunga masih tertutup, berisi dan mengkilat. Petiklah bunga cengkeh yang sudah penuh tetapi belum mekar.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bercocok Tanaman Cengkeh Dengan Mudah"

Posting Komentar