√ Benarkah Game Pubg Akan Diharamkan Di Indonesia?

 game yang tengah booming dengan tingkat popularitas yang terus meningkat √ Benarkah Game PUBG Akan Diharamkan di Indonesia?
Foto: MSN.com

Teknologi.id – PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), game yang tengah booming dengan tingkat popularitas yang terus meningkat, sekarang tengah menjadi sorotan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sedang mempertimbangkan mengkaji aliran haram terkait game bergenre battle royale tersebut.


Hal itu didasari oleh terjadinya agresi teror penembakan sadis di Selandia Baru yang menewaskan 50 orang beberapa waktu lalu. Sejalan dengan MUI Jabar, MUI Pusat pun menyatakan siap untuk melaksanakan kajian terhadap game PUBG.


“Fatwa yaitu tanggapan aturan Islam dalam upaya memperlihatkan solusi atas permasalahan yang muncul di masyarakat, pertimbangannya komprehensif,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, menyerupai dikutip dari detikcom, Jumat (22/3/2019).


“MUI akan lakukan kajian. Di samping konten, juga imbas yang ditimbulkan,” imbuhnya.


Baca juga: Faktanya, ‘Mabar’ PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja


“Pertama, harus meneliti peristiwanya menyerupai apa (di Selandia Baru). Sebab game itu asalnya boleh. Bisa terlarang apabila mempunyai akhir atau imbas pribadi yang sangat mengganggu ketenangan masyarakat,” kata Rahmat menjawab wartawan, di Bandung, Jumat (22/3).


Menurut Rahmat, pihaknya tidak sanggup pribadi mengeluarkan aliran tanpa adanya kajian mendalam. Jika pribadi diterbitkan fatwa, Rahmat mengungkapkan, masyarakat akan mempertanyakan wacana hal yang dilarang. Untuk itu, pihaknya perlu melaksanakan kajian secara komprehensif perihal MUI Jabar haramkan PUBG.


Di sisi lain, ada spekulasi bahwa sang pelaku penembakan yang menewaskan puluhan orang tersebut melaksanakan agresi brutalnya alasannya terinspirasi game PUBG. Atas dasar dugaan itulah MUI Jabar diminta tanggapannya soal akan mengkaji imbas negatif game PUBG.


Baca juga: Survival Game Dirilis, Game Pesaing PUBG dan Fortnite Buatan Xiaomi


Game PUBG Dilarang di India


Di negeri seberang, India, bahkan telah lebih dulu menerapkan larangan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), alasannya dinilai mengandung agresi kekerasan serta besar lengan berkuasa bagi anak muda. Kepolisian di wilayah tersebut mengancam eksekusi penjara bagi yang kedapatan bermain game tersebut.


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Benarkah Game Pubg Akan Diharamkan Di Indonesia?"

Posting Komentar