7 Jurusan Sepi Peminat, Dengan Peluang Kerja Besar!

Bagi RG Squad yang akan lulus SMA, sudah tahu ingin kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Saat ditanya menyerupai itu, niscaya banyak dari calon-calon mahasiswa yang menjawab ingin masuk jurusan favorit menyerupai ekonomi, kedokteran, komunikasi, atau teknik. Padahal, masih banyak lho jurusan dengan prospek kerja tinggi tapi masih jarang diketahui dan kurang diminati. Eits, jangan salah, meski jurusan sepi peminat kebanyakan dari lulusannya justru digaji tinggi lho. Penasaran apa saja jurusan tersebut? Check these out!

1. Astronomi

jurusan sepi peminat - astronomi Astronomi (Sumber: iitj.ac.in)

Dari namanya niscaya kau sudah mempunyai bayangan 'kan akan mempelajari apa di jurusan ini? Yap, kau akan banyak berguru mengenai hal-hal yang bekerjasama dengan antariksa. Banyak yang tidak ingin mengambil jurusan ini akhir anggapan astronomi itu sulit alasannya mempelajari fisika, matematika dan ilmu astronomi itu sendiri. Tapi banyak keseruan yang akan kau dapatkan lho  dengan mempelajari ilmu astronomi. Di jurusan ini kau akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Kamu juga akan berguru fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini kau sanggup bekerja di forum yang menjajikan menyerupai LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan honor yang fantastis. Nah, ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara, lho. Keren 'kan?

2. Kehutanan

jurusan sepi peminat - peneliti hutan
Peneliti hutan (Sumber: phys.org)

Saat mengambil jurusan kehutanan bukan berarti sehabis lulus kau akan bekerja sebagai penjaga hutan. Di jurusan ini kau tidak hanya berguru wacana hutan saja, tetapi kau akan berguru cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, termasuk sumber daya alamnya. RG Squad tahu 'kan bahwa Presiden Joko Widodo yaitu lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Jadi, anak kehutanan juga sanggup sukses kok!

3. Ilmu Perpustakaan

jurusan sepi peminat - pustakawan Pustakawan (Sumber: cadence-group.com)

Banyak yang mengacuhkan jurusan ini alasannya beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari wacana buku. Ternyata tidak menyerupai itu. Jurusan ilmu perpustakaan akan mengajarkan kau mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber gosip di sebuah perpustakaan. Selain ilmu sosial, kau juga akan berguru aturan dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau berbagi informasi.  Prospek kerja sehabis kau lulus dari jurusan ini juga cukup luas, mulai dari programmer, sekretaris, sampai document controller. Seru 'kan? Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, dan UIN.

4. Oseanografi

jurusan sepi peminat - oseanografi Oseanografi (Sumber: aquanauta.hu)

Mungkin kalian masih gila dengan jurusan ini ya. Oseanografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai aneka macam aspek kelautan, menyerupai organisme bahari dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

Sebagai negara dengan lebih banyak didominasi perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Kaprikornus ilmu ini sangat diperlukan dan relevan dengan misi tersebut. Makanya lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan honor yang ditawarkan juga cukup tinggi. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia yaitu UNDIP dan ITB.

5. Filsafat

jurusan sepi peminat - patung socrates Patung Socrates (Sumber: epochtimes.com)

Studi filsafat memang terlihat rumit alasannya memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini mempunyai sedikit peminat. Namun, di jurusan ini kau sanggup mempelajari banyak hal. Mulai dari sikap dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk menuntaskan masalah. Setelah lulus dari jurusan ini kau sanggup menjadi penasihat penelitian atau bahkan penasihat negara. Keren, bukan? Universitas negeri dengan jurusan filsafat yaitu UI & UGM.

6. Ilmu Arkeologi

jurusan sepi peminat - arkeolog Arkeolog (Sumber: celebritynetworth.com)

Well, arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari wacana kebudayaan (manusia) masa kemudian melalui sebuah kajian sistematis menurut data benda-benda yang ditinggalkan. Selama kuliah, kau akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain. Para lulusan arkeologi sanggup bekerja sebagai peneliti, andal benda-benda bersejarah, atau bahkan kau mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri. Seru kan? Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, UNHAS, dan Udayana.

7. Teknobiomedik

jurusan sepi peminat - Biomedical Engineering Biomedical Engineering (Sumber: wonderfulengineering.com)

Nah, dalam dunia medis dan kesehatan tidak hanya dokter saja lho yang dibutuhkan. Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer mempunyai tugas yang tak kalah penting dengan dokter. Mereka diperlukan untuk menangani teknik dan mekanisme dunia kesehatan, seperi analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, sampai rekayasa medis. Universitas yang punya jurusan teknobiomedik di Indonesia yaitu UNAIR.

Nah, masih mau menganggap remeh jurusan-jurusan tadi? Yuk, persiapkan dirimu dari kini semoga sanggup diterima di jurusan impian! Ingin tahu caranya? Sekarang, kau sanggup berguru online dengan menonton video di ruangbelajar. Seru kan? Yuk, segera daftarkan dirimu, RG Squad! (SA/DR)

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Jurusan Sepi Peminat, Dengan Peluang Kerja Besar!"

Posting Komentar